Saturday, February 23, 2013

PANTUN TAKZIAH DAN TERKENA MUSIBAH




PENDAHULAUAN

Bismillah, Walhamdulillah Wassalatu Wassalamu `Ala Rasulillah, Wa'ala Aalihie Wasahbihie Waman Walaah

Ta‘ziah dari segi istilah bererti menyuruh seseorang dengan bersabar dan mendorongnya dengan pahala yang dijanjikan, memperingati daripada dosa, mendoakan bagi si mati dengan keampunan dan mendoakan bagi orang yang terkena musibah dengan mendapat penggantinya. (Mughni al-Muhtaj: 1/481)

Sudah menjadi kebiasaan di kalangan masyarakat untuk menziarahi keluarga si mati atau orang yang terkena musibah. Amalan serupa ini amatlah digalakkan oleh Islam. Akan tetapi hendaklah diingat dan dijaga batasan-batasan dan etika yang diajarkan oleh Islam berhubung menziarahi keluarga si mati atau orang yang terkena musibah.

Hukum Ta‘ziah

Para fuqaha tidak berselisih pendapat dalam mengharuskan ucapan ta‘ziah kepada orang yang ditimpa musibah sama ada disebabkan kematian atau kebakaran dan sebagainya. Bahkan ta‘ziah itu sunat diucapkan kepada mereka yang ditimpa musibah, sebagaimana Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda yang maksudnya :

"Tiadalah seorang mukmin yang mengucapkan ta‘ziah pada saudaranya yang ditimpa musibah, melainkan Allah Subhanah memberikannya pakaian daripada pakaian kehormatan di hari qiamat.”(Hadis riwayat Ibnu Majah)

Adapun ta‘ziah itu sunat diucapkan kepada ahli keluarga musibah pada keseluruhannya, sama ada terdiri daripada orang dewasa lelaki dan perempuan atau pun kanak-kanak yang berakal. Akan tetapi tidak boleh mengucapkan ta‘ziah itu kepada perempuan yang muda melainkan sesamanya perempuan, suami atau pun mahramnya. Ini kerana ditakuti akan mendatangkan fitnah.

Waktu Dan Jangka Masa Ta‘ziah

Sunat mengucapkan ta‘ziah kepada ahli keluarga musibah sebelum dan selepas menguburkan si mati. Adapun lebih afdhal mengucapkan ta‘ziah itu selepas menguburkan si mati kerana kesibukan ahli keluarga pada menguruskan mayat si mati. Berlainan halnya jika ahli keluarga itu terlalu sedih dan resah sebelum dikuburkan mayat tersebut, maka afdhal didahulukan ta‘ziah itu bagi menghilangkan kesedihan dan keresahannya.

Ucapan ta‘ziah kepada ahli keluarga musibah itu, hendaklah tidak melebihi kira-kira tiga hari lebih kurang. Kerana dalam jangka masa tiga hari itu, ahli keluarga musibah pada kebiasaannya hati mereka sudah mula tenang dan tidak merasa sedih dan resah lagi. Oleh yang demikian, makruh mengucapkan ta‘ziah kepada ahli keluarga si mati selepas berlalunya tiga hari agar tidak menimbulkan lagi kesedihan mereka. Akan tetapi jika salah seorang di antara orang yang mengucapkan ta‘ziah dan orang yang diucapkan ta‘ziah itu tidak ada pada masa tersebut, maka harus diucapkan ta‘ziah itu selepas tiga hari.

Menyediakan Makanan Bagi Ahli Keluarga Si mati

Sunat bagi jiran dan kaum karabat yang jauh menyediakan makanan untuk ahli keluarga si mati, sebagaimana Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda kepada ahlinya ketika mendapat khabar kematian Saiyidina Ja‘far bin Abi Thalib: yang maksudnya :

“Kamu buatkanlah makanan bagi keluarga Saiyidina Ja‘far, sesungguhnya telah didapati mereka itu kesibukan (atas kematian Saiyidina Ja‘far).”(Hadis riwayat Tirmidzi)

Haram menyediakan makanan kepada orang yang meratapi si mati (niyahah), seperti perempuan yang meraung menangis sambil menampar-nampar pipinya dan merobek-robek pakaiannya. Ini kerana, orang yang menyediakan makanan untuk orang yang meratapi itu bekerjasama dalam maksiat. (I‘anah At-Thalibin: 2/165)

Adapun bagi ahli keluarga si mati itu sendiri adalah makruh menyediakan makanan dan mengumpulkan orang ramai bagi menjamu jamuan itu, kerana ia boleh menambahkan lagi kesedihan, kesibukan di samping menguruskan jenazah dan ia juga boleh menyerupai perbuatan orang jahiliah dan perbuatan ini juga adalah bid‘ah makruhah. Sebagaimana dalam sebuah hadis daripada Jarir bin Abdillah Al- Bajaliy berkata yang maksudnya :

"Kami (sahabat) mengiktibarkan berhimpun di tempat ahli keluarga si mati dan mereka (ahli keluarga si mati) membuat jamuan makanan selepas penguburan si mati: itu adalah sebagai satu niyahah (ratapan).” (Hadis riwayat Ibnu Majah)

Adapun jika jamuan makan yang biasa dilakukan itu bertujuan untuk mendapatkan rahmat Allah Subhanahu wa Ta‘ala bagi si mati, maka tujuan itu adalah baik.

Akan tetapi jika ahli keluarga si mati itu memberatkan diri dengan berbagai-bagai makanan dengan tujuan ria’, bermegah-megah dan perkara-perkara yang boleh membawa kepada ria’ dan bertujuan untuk meratapi si mati, maka itu adalah perbuatan orang jahiliah.

Lafaz Ta‘ziah

Sebagaimana penjelasan di atas, sunat ke atas orang Islam mengucapkan ta‘ziah kepada orang yang ditimpa musibah.

Adapun ucapan ta‘ziah itu jika ditujukan kepada ahli keluarga yang Islam dan bagi si mati yang Islam, lafaznya adalah seperti berikut yang ertinya :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj1PutS8g3Qsg15Fn8J3pe3RvZGgcEkc2Dc4Apt6vkF70BOwFxcp9FoipU6D7vHZE9EfcKeexAJL1pKzQfhJ3d5tBcwHjU3MuekhyphenhyphenZzgjP26Zsg6lTw87zzTIsI9tJK-q4KYqQmDeWAx2Y-/s400/1.jpg"Semoga Allah membesarkan pahalamu dan membaikkan kesabaranmu dan mengampunkan bagi si matimu.”

Persoalan yang timbul, bolehkah mengucapkan ta‘ziah kepada orang orang bukan Islam dan bagaimanakah lafaznya?

Ucapan Ta‘ziah Bagi Orang Bukan Islam

Harus bagi orang Islam memberi ucapan ta‘ziah kepada orang kafir zimmi bahkan sunat hukumnya jika mengharapkan Islamnya.

Apabila si mati orang bukan Islam dan ucapan ta‘ziah itu ditujukan kepada keluarganya yang Islam, lafaznya ialah seperti berikut :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjaJx7gzsuh0-h7kcssyg-t0f7Hk034OGIllcT7QZC8zm27z5WAurbDoamldTGtl15kotjA0F2wU3IpRUHpw5NIts89aQWBNMMuerpXOzL3CCiT-32uJCmBNdi_2slgWWZLdt59UB4K3rbW/s400/2.jpgErtinya:“Semoga Allah membesarkan pahalamu dan kesabaranmu dan semoga Allah memberimu penggantinya.”

Akan tetapi haram didoakan bagi mayat orang bukan Islam itu dengan memohon keampunan baginya, walaupun ucapan ta‘ziah itu ditujukan kepada keluarga si mati yang Islam. Contoh lafaz mendoakan keampunan yang diharamkan bagi mayat orang bukan Islam itu seperti berikut :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjyWL2IFz6Xt9wShfFE4NXvOhAxHbgX6_0ynj6mssoJdVuIokKzMMquoGvzC580a-CRiPhe9p_sGGHIMQJIemowjffaZHKwAP_dnnT0J_Hdzi8OOkTRyr8u08vNrGXu1Xr_oZZ0KPnXnRDy/s400/3.jpgErtinya :“Semoga Allah mengampuni si matimu.”

Berbeda halnya jika si mati itu orang Islam. Maka harus didoakan si mati itu dengan memohonkan keampunan, walaupun ucapan ta‘ziah itu kepada keluarga yang bukan Islam bagi si mati yang Islam.

Akan tetapi tidak boleh diucapkan ta‘ziah kepada keluarga yang bukan Islam bagi si mati yang Islam itu dengan mendoakannya supaya Allah membesarkan pahala keluarga yang bukan Islam itu. Kerana tiada pahala bagi orang-orang bukan Islam. Tetapi harus diucapkan ta‘ziah kepada keluarga bukan Islam itu jika si mati orang Islam dengan lafaz seperti berikut :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg2oFsi4ndnDGLG1MJIn3PX0NrIaDG4ttZFLjB9z6Ak8hqssRmQbhnTEDK_WyvK_R4cDhj0lJw0agLNY50ZIue7laeVpXzrdcfHb9YGALSLzNwdCEImLzsKnh7OT2mFWqigL8sGDApj5bl2/s400/4.jpgErtinya : “Semoga Allah mengampuni si matimu dan membaikkan kesabaranmu.” (Mughni Al-Muhtaj: 1/481-482)

Manakala ucapan ta‘ziah bagi ahli keluarga bukan Islam dan si mati yang bukan Islam, adalah lebih baik ditinggalkan kerana ianya mendoakan orang bukan Islam dengan berkekalan dan sentiasa dalam kekufurannya. Sebagai contoh lafaz ta‘ziah yang ditujukan kepada keluarga bukan Islam dan si mati yang bukan Islam, yang mana lebih baik ditinggalkan itu ialah :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgfLgceTQ8BakukM7N6qIdcDDAfvtPU6f2BEGkFXbrGkp-3Dq_oRDYZ_0c03uKm_Df-AG4YtN7ekntQeDUH6Mb1VDGhnV2QZvjSxe73upmB9UxpQXo5Mlvj4sw5ZAqw03cT6ppVhtmVhxZ9/s400/5.jpgErtinya : "Semoga Allah memberimu penggantinya.”

Sebagaimana penjelasan di atas adalah haram bagi umat Islam mengucapkan ta‘ziah kepada ahli keluarga yang bukan Islam dengan mendoakan semoga Allah membesarkan pahala mereka. Begitu juga mengucapkan bagi si mati yang bukan Islam dengan mendoakan keampunan. Kerana mendoakan orang-orang bukan Islam itu ada batasnya, untuk lebih jelasnya dihuraikan hukum mendoakan orang bukan Islam.

Hukum Mendoakan Orang Bukan Islam

Terdapat garis pandu dan batas bagi keharusan mendoakan orang bukan Islam. Tidak semua doa atau permohonan itu diharuskan bagi mereka. Adalah haram mendoakan orang bukan Islam sama ada dia terdiri daripada keluarga sendiri ataupun sebaliknya, dengan doa yang berbentuk permohonan keampunan dan seumpamanya yang tidak layak disebut bagi orang bukan Islam. Kerana ianya dilarang sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta‘ala yang tafsirnya :

"Tidaklah dibenarkan bagi Nabi dan orang-orang yang beriman, meminta ampun bagi orang-orang musyrik, sekalipun orang itu kaum kerabat sendiri, sesudah nyata bagi mereka bahawa orang-orang musyrik itu adalah ahli neraka.” (Surah At-Taubah: 113)

Daripada sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Musa yang berkata yang maksudnya :

"Orang-orang Yahudi berpura-pura bersin di majlis Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam, dengan tujuan supaya Baginda bersabda dan mendoakan mereka dengan mendapat rahmat Allah – sebagaimana doa bagi orang-orang Islam apabila mereka bersin – Maka Baginda bersabda (kepada orang-orang Yahudi ketika mereka bersin) semoga Allah memberi hidayat kepada kamu dan membetulkan hal ehwal kamu.” (Hadis riwayat Tirmidzi)

Daripada hadis di atas, jelas menunjukkan bahawa tidak harus mendoakan orang bukan Islam agar mereka mendapat keampunan dan rahmat daripada Allah Subhanahu wa Ta‘ala. Kerana rahmat Allah Subhanahu wa Ta‘ala itu khusus bagi orang-orang yang beriman. Akan tetapi harus bagi kita mendoakan orang-orang bukan Islam itu supaya mendapat hidayat, taufiq serta beriman kepada Allah Subhanahu wa Ta‘ala.

Sebagaimana hadis yang diriwayatkan daripada Abu Hurairah Radhiallahu ‘anhu berkata yang maksudnya :

“Thufail bin ‘Amr datang kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam seraya berkata: “Wahai Rasulullah! Sesungguhnya kabilah Daus telah menderhaka dan enggan (menerima Islam), mohonlah (berdoalah) kepada Allah agar ditimpakan keburukan ke atas mereka.” Orang-orang menyangka bahawa Baginda akan berdoa memohon sesuatu keburukan ke atas mereka (kabilah Daus). Maka Baginda bersabda: “Ya Allah! Berikanlah hidayat kepada kabilah Daus dan datangkanlah mereka sebagai orang-orang Islam.” (Hadis riwayat Bukhari)

Sementara hadis yang diriwayatkan oleh Anas Radhiallahu ‘anhu berkata yang maksudnya :

“Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam pernah minta tolong menimba air, lalu ada orang Yahudi yang menimbakan air untuk Baginda. Maka Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam mendoakannya: “Semoga Allah menjadikanmu tampan selalu.” Maka orang Yahudi itu sehingga meninggal dunia tidak pernah kelihatan uban dikepalanya.” (Hadis riwayat Ibnu as-Sunni)

Nabi Shallallahu ‘alaihi Wasallam pernah diminta oleh sahabat Baginda iaitu Abu Hurairah Radhiallahu ‘anhu, untuk mendoakan ibunya yang masih kafir supaya memeluk agama Islam. Lalu Baginda pun mendoakannya dan dimakbulkan permohonannya itu oleh Allah Subhanahu wa Ta‘ala.

Doa-doa seperti di atas ini adalah diharuskan. Tetapi mendoakan orang bukan Islam dengan memohon keampunan dan keselamatan daripada azab dunia dan azab akhirat, maka itu adalah haram.

Pada zaman yang semakin giat membangun ini, bermacam pendapat dan pemikiran yang timbul dan berbagai usaha yang dilakukan terutama sekali dalam strategi-strategi untuk melemah atau menjatuhkan umat Islam, sekaligus terhadap agama Islam itu sendiri.

Apa yang jelas, melalui strategi-strategi yang nyata mahupun terselindung, budaya-budaya di luar kehendak syara‘ beransur-ansur menyerap ke negara Islam sama ada melalui media massa atau berbagai bentuk saluran, secara tidak langsung atau terus menerus yang dapat dilihat oleh kaca mata orang Islam sendiri.

Budaya-budaya yang dimaksudkan itu ialah seperti merayakan halloween dan valentine’s day, mencurahkan rasa sedih dengan menghidupkan lilin beramai-ramai, bertafakkur atau senyap dalam beberapa minit sebagai mengingati orang yang telah mati atau berkumpul untuk upacara blessing (memohon rahmat, restu dan berkat) untuk orang bukan Islam yang telah mati dalam upacara remembrance day dan sebagainya. Begitu juga, istilah beramal turut disalahgunakan seperti konsert amal, fun-fair amal dan sebagainya untuk mengaburi mata orang Islam yang kononnya pekerjaan itu adalah usaha yang berkebajikan. Akan tetapi sama ada disedari atau tidak pekerjaan dan acara-acara itu bercampur-aduk dengan berbagai perkara yang membawa kepada kemaksiatan dan dosa.

Oleh yang demikian, hendaklah kita berhati-hati dalam melakukan sesuatu perkara. Berfikir panjang dalam membuat sesuatu keputusan sama ada ianya menyalahi hukum Islam atau tidak. Tanpa disedari, seperti memperingati kematian orang-orang bukan Islam dan sekaligus mendoakan mereka itu dalam keampunan dan rahmat daripada Tuhan. Perkara inilah yang mesti kita ambil kira kerana ianya sudah jelas dilarang oleh Islam.




BAB      I

PANTUN DAN SYAIR TAKZIYAH

Selamat Jalan Ibunda yang dikasihi.
Engkau  Menemukan Kedamaian  Abadi
Kebaikanmu Menggelorakan Jiwa Kami,
Kebaikanmu menyebarkan, cinta Ilahi.

                         Redup mentari , hujan tertahan,
                           
Pasang lampu,  dua tiga.
                           
Hidup mati di tangan tuhan
                           
Tiada siapa , dapat menduga…

Pada tahun ke 10 kenabian,
 Rasulullah sangat tertekan,
Pengikutnya kurang perbekalan
Pedih menderita, akibat kemiskinan

              Beliau dikejutkan wafatnya, Abu Talib
               Perisai pelindung, menggantung nasib
            Kuat dan pengaruhnya tidak sedikit.
         Kini terbaring, tak pernah bangkit.

Siti Khadijah,.. Namamu indah…
Uswah hasanah.. tauladan Muslimah
Serikandi pertama… Islam bermula
Kau korbankan hartamu, tanpa lelah.

                             
Siti khadijah.. wanita amanah,
                             Setia mendampingi, Rasulullah.
                             Waniata kaya, memilih hidup sederhana,
                             Kemuliaannya,tiada tara.
                        
Ketika hidupnya Abu Talib, berakhir
Di saat itu, Baginda menangis,
Gagal meng’iman’kan, paman yang kritis,
Itulah takdir , sebenarnya, sudah tertulis.

          Paman tercinta, yang banyak jasa.
                        Seperti doa Nabi Ibrahim terhadap bapanya,
                     Ditolak Allah permohonan ampun baginda
                          Gagal beriman,  hingga hujung hayatnya.

Ya kawan-kawan. Jika permohonan ampun yang dipohon sendiri oleh baginda untuk bapa saudara tercinta yang banyak berjasa pun ditolak, bagaimana halnya dengan kita semua yang belum jelas berjasa kepada baginda dan agama Allah ini? Bayangkanlah..!

Saudara sekalian
,
Sudah jatuh ditimpa tangga. Hanya 1 bulan 5 hari selepas kewafatan Abu Tolib, wafat pula isteri kesayangan baginda Saidatina Khadijah, pada usia 65 tahun. 

Kawan-kawan nak tau tak siapakah Khadijah di sisi Rasulullah?
(tarik respond jawapan dari audien – sampai dapat jawapan)


Alangkah bahagia… beristerikan Khadijah
Agung jasamu… di persada sejarah
Membantu dakwah… baginda Rasulullah
Berbahagialah Khadijah… di sisi Allah.

Ya hadirin sekalian,
Siti Khadijah adalah seorang isteri yang sangat disayangi baginda. Walaupun usianya 15 tahun lebih tua, namun beliaulah satu-satunya isteri yang melahirkan 6 orang putera-puteri baginda. Ini tidak berlaku pada isteri-isteri baginda yang lain walaupun umur mereka jauh lebih muda. Ini bukti betapa intim-nya baginda terhadap beliau sehingga berulang kali baginda nyatakan yang kehilangan kasih Khadijah tidak pernah berganti.

Lebih menyayat hati apabila saya membaca riwayat di saat maut menghampirinya, Siti Khadijah bekas hartawan ini berkata dengan nada penuh tulus kepada baginda. “Wahai Rasulullah.. hartaku telah tiada, telah habis ku labur untuk dakwah mu, namun kalaulah batang tubuhku ini boleh dikau jadikan jembatan untuk menyambung dakwahmu, akan ku relakan juga wahai suami ku…” 

Ya Allah, betapa mulianya Siti Khadijah bte Khawailid, seorang isteri yang setia dan tulus, mujahidah ke jalan Allah.

Sidang hadirin sekalian,
Ibnu Ishak meriwayatkan setelah kedua-dua insan ini meninggal dunia, pihak Quraisy lebih berani mengancam Rasulullah dengan berbagai penyiksaan yang belum pernah di alami sebelumnya. Malah golongan bawahan pun berani menabur pasir dan selut ke atas kepala Rasulullah. Ada riwayat yang mengatakan Rasulullah pernah diludah dan dibaling najis. Pernah ketika membantu membasuh kepala baginda salah seorang puterinya menangis terisak-isak kesedihan mengenangkan nasib baginda.

SETERUSNYA KAWAN2, demi melarikan diri dari dugaan itu, baginda coba keluar berdakwah ke To’if, sebuah daerah yang mana baginda tidak dikenali, dengan harapan penduduk di sana akan menyahut seruan Baginda. Malangnya baginda malah menghadapi tentangan yang lebih pahit lagi. 

Peribadi yang bergelar ‘al-Amin’ (ibarat Tan Seri) dan jasa baginda yang pernah menjadi Ketua Pertubuhan jihad bernama ‘Hizbul Fudhul’, Komanden ‘Perang Fijar’, pegawai pemegang ‘kunci Kaabah’ serta bersifat sebagai ‘Jaksa Pendamai’ di Mekah lansung tidak diambil kira oleh penduduk To’if ketika mereka menyiksa baginda. Dakwah baginda ditolak mentah-mentah sahingga dikatakan baginda sebagai ‘orang gila’. dicaci, dimaki bahkan dibaling batu, hingga patah gigi dan berdarah di dahi. 

Alangkah malangnya baginda. Sedih tak? - (dapatkan jawapan audien)

Selepas kematian dua insan yang dikasihi itu, tiada lagi penduduk Mekah pengikut Abu Jahal yang mahu beriman dan mendengar seruannya. semua laluan dan pintu dakwah tersekat. Itulah yang menyebabkan baginda berdukacita lalu menamakan tahun itu ‘Tahun perkabungan dan dukacita’. 

Akhirnya ancaman terhadap baginda memuncak sehingga Abu Jahal yang juga bapa saudara baginda memerintahkan hukuman bunuh terhadap Baginda. Pada satu malam Rumah baginda dikepung, memaksa baginda melarikan diri bersembunyi tiga hari di gua Thur sebelum melarikan diri ke Yathrib dengan pertolongan Allah bersama sahabat Abu Bakar as-siddiq. Sayidina Ali r.a. sanggup mempertaruhkan nyawanya dengan tidur di tempat tidur baginda pada malam itu.

Hadirin sekalian,
Perjuangan jihad tetap akan menempuh cobaan yang sangat perih. Ini telah Allah nyatakan dalam surah Al Baqarah ayat 214 yang berbunyi…

http://sphotos-g.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-prn1/24230_421780217785_3100787_n.jpg

Ertinya : Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk syurga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: "Bilakah datangnya pertolongan Allah ?" Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat. 

Subhanallah, banyak sekali hikmah yang dapat dipelajari dari sirah ini, betul tak..? 

(tanya audien dgn tegas, sampai mereka jawab dgn jelas)

Di antara pelajaran yang sempat saya nyatakan ialah,

1. Rasulullah bukan menyesali kepergian dua insan tersayang, tetapi lebih menangisi kegagalan meng’iman’kan bapa saudara baginda, dan keengganan penduduk Mekah untuk beriman selepas kematian mereka.
2. Baginda bukan menangis atau dendam karena disakiti keadaan, tapi kasihan atas dosa pelaku yang jahil dan sedih kerana gagal menyampaikan wahyu Allah. 
3. Perjuangan dakwah tidak boleh lepas dari melalui pelbagai cabaran.
4. Selain kekuatan ‘akidah’ dan ‘risalah’, kekuatan ekonomi dan pengaruh politik memainkan peranan penting dalam usaha dakwah.
5. Kejayaan perjuangan dakwah baginda walaupun kehilangan bantuan dari insan-insan tersayang membuktikan kuasa Allah untuk meyakinkan pendakwah agar sentiasa bertawakal kepadaNya, walau apapun ujian yang diterima.
6. Berdakwah tidak boleh sendirian, ia memerlukan sokongan para sahabat yang sehati sejiwa dan sehidup semati.
7. Peranan isteri tersangat penting dalam membantu kelancaran usaha dakwah.
8. Faktur umur dan harta bukan menjadi halangan untuk membina sebuah keluarga bahgia dan kekal abadi.
9. Sayidatina Khadijah adalah contoh isteri terbaik - tidak memilih dan menyayangi suami kerana hartanya, bahkan sanggup pula mengorbankan seluruh harta peribadinya demi membantu suami tersayang.
10.Rasulullah contoh suami terbaik – tidak menyayangi isteri kerana umur, kecantikan dan hartanya. Walaupun Khadijah berusia 15 tahun lebih tua, bahkan setelah beliau meninggal dunia, kasih baginda tidak berubah.


Kekejaman Israel - Opini Islam

Kebejatan Yahudi benar-benar tidak bisa terukur lagi. Kalau sobat-sobat baca di media massa, ataupun browsing di internet tentang ulah Yahudi, hanya kegeraman yang akan sobat-sobat dapatkan. Di sana sobat-sobat akan menemukan berita muka cabul Yahudi atas rakyat Palestina. Perbuatan cabul sipir Israel atas tahanannya sangat tidak manusiawi. Bagaimana mungkin seorang tawanan dipaksa bugil kemudian dilecehkan, difoto, diancam, bahkan disodomi!Yahudi Israel benar-benar tidak punya otak! v:shapes="_x0000_i1027">
Bahkan, seorang Yahudi tua bangkotan berkepala 6 saja melakukan hal serupa. Beberapa anak berusia di bawah umur pun tak luput dari kebusukan birahinya. Beberapa anak kecil diserang,dianiaya. Perbuatan macam apa yang dilakukan mereka?Ada lagi nih sobat, mantan presiden Israel, dipenjara gara-gara dua kasus pencabulan yang dilakoninya!pencabulan yang dilakukan itu juga menimpa terhadap beberapa karyawannya. Sungguh memalukan.Yang lebih parah lagi, dikabarkan ribuan warga Israel berfoto bugil bareng di Laut Mati dengan tujuan promosi Laut Mati. v:shapes="_x0000_i1030">Yahudi Israel muka cabul. Kita saja, untuk hal sekecil apapun yang berhubungan dengan aurat sangat berhati-hati. Itu! Israel, gila-gilaan! Hanya karena isu Laut Mati bakal kering beberapa tahun lagi. Mereka sampai menggelar aksi (kepedulian?) sebegitu bejatnya.


Air Mata Palestin (Nukilan sajakku khas buat umat Islam Palestin)

Sudah kering air mata Palestin
Menangisi para syuhada yang gugur di medan jihad
Bertempur dengan Israel Laknatullah

Sudah kering air mata Palestin
Melihat bantuan tidak kunjung tiba
Saudara seIslam di Timur Tengah hanya diam seribu bahasa
Sudah kering air mata Palestin
Melihat anak-anak kecil yang tidak berdosa, wanita dan pemuda gugur satu persatu
Di saat para pejuang Hamas sedang bertempur
Hanya doa qunut nazilah menjadi bekalan pengharapan
Umat Islam seluruh dunia tulus mengadu kepada Allah
Agar diberi bantuan dari langit dan segala tenteraNya


Sudah kering air mata Palestin
Sayu melihat darah menjadi murah
Nyawa seakan tidak berharga lagi
Hanya menunggu saat kematian
Di penjara terbesar dunia
Sempadan Gaza yang terpinggir dari bantuan dunia
Akibat kekejaman Israel durjana


Sudah kering air mata Palestin
Meratapi kematian sanak saudara
Hanya membilang hari
Bilakah diriku akan dijemput Allah
Dalam episod kezaliman Israel dan Amerika yang tidak berkesudahan

DI NANKING, PEMBANTAIAN TERKEJAM
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi8OwCyfTU5H9bfoi7EQe9fIH57LV26lmiMy_N_uWglbKcZdGFm3VAILZNxy4XUxCnQn8eE5cg7ciAbkJM0Uy-nBcpnuC0QcJRktZ5N7S2k1o28_B1YSL3Qj3vQYSoSZMSc3zOB-cZZUkI/s320/nanking.jpg
Pembantaian Nanking (Hanzi sederhana: 南京大屠Hanzi tradisional: 南京大屠殺pinyinNánjīng Dàtúshā), juga dikenal sebagai Pemerkosaan Nanking, adalah satu perisitwa kejahatan perang berbentuk Genosida yang dilakukan oleh tentara Jepang di Nanjing yang ketika itu ibu kota Republik Cina, setelah kecundang di tangan Tentara Kekaisaran Jepang pada 13 Desember 1937. Durasi pembantaian ini tidak begitu jelas, namun kekerasan senantiasa selama enam minggu, sehingga awal Februari 1938.



https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhCxkMml0xpDUnpbA9Vw2Dfh0IHZPnPz_mdRLzmFObfSMUAGz7q7uXMQpBrZrAwAsCQ75FzJhVNg8r6KDrem9ankwzLlzGLCtmR36m7OAHnfe85PrL3_NnO4Xg0WCIRjtOEHVFHELbn76U/s320/pembantaian+nanking.jpg
Nanking Massacre alias Pembantaian Nanking. Peristiwa pahit yang terjadi selama enam minggu sejak 13 Desember 1937 itu masih dikenang warga Nanking dan warga China sebagai peristiwa pembantaian oleh serdadu Jepang saat Negeri Matahari Terbit itu menduduki China.

Pemerintah China mengklaim 300.000 warga tewas dalam pembantaian tersebut.

Pembantaian Nanjing adalah bukti nyata kebrutalan serdadu Jepang selama masa Perang Dunia II. Ribuan warga sipil tak bersenjata dan tentara China yang terluka, yang ditangkap, ditembak dengan senjata mesin dan dibunuh dengan bayonet.

Mayat-mayat bergelimpangan di tepi Sungai Qinhuai dan Sungai Yantze yang membelah Kota Nanjing. Kota Nanjing berubah menjadi kota penuh darah dan ketakutan.

Tak ada tempat bagi warga kota untuk berlindung. Bukan itu saja. Yang mengerikan adalah ribuan perempuan China menjadi korban pemerkosaan oleh tentara Jepang.

Sudah hampir 71 tahun peristiwa itu berlalu, tetapi warga Nanjing belum
sepenuhnya dapat melupakan kejadian tersebut. Dan memang, Pembantaian Nanjing
bukan untuk dilupakan. Anak-anak sekolah di China sejak dini diajak ke monumen
Pembantaian Nanjing agar mereka sejak kecil sudah diingatkan akan peristiwa
ini. Ketika Kompas mengunjungi Memorial Hall of Nanjing Massacre, awal November
lalu, museum itu ramai dikunjungi warga China. Di sana, semua data dan
deskripsi peristiwa ini tergambar dengan sangat jelas. Bahkan, ada contoh
bagaimana korban-korban tewas di dalam rumahnya.

Pembantaian Nanjing adalah bukti nyata kebrutalan serdadu Jepang selama masa
Perang Dunia II. Ribuan warga sipil tak bersenjata dan tentara China yang
terluka, yang ditangkap, ditembak dengan senjata mesin dan dibunuh dengan
bayonet. Mayat-mayat bergelimpangan di tepi Sungai Qinhuai dan Sungai Yantze
yang membelah Kota Nanjing. Kota Nanjing berubah menjadi kota penuh darah dan
ketakutan. Tak ada tempat bagi warga kota untuk berlindung. Bukan itu saja.
Yang mengerikan adalah ribuan perempuan China menjadi korban pemerkosaan oleh
tentara Jepang.

Peristiwa ini memberi inspirasi bagi Iris Chang, perempuan Amerika keturunan
China, untuk menulis buku berjudul The Rape of Nanking-The Forgotten Holocaust
of World War II. Data-data yang terungkap dalam buku itu, termasuk data tentang
neneknya yang menjadi korban, mengejutkan dunia Barat. Namun, Iris Chang
setelah itu mendapat ancaman dan teror dari kaum sayap kanan Jepang, yang
menolak peristiwa Nanjing. Tidak tahan dengan teror dan ancaman itu, Iris Chang
akhirnya ditemukan tewas, diduga akibat mengalami depresi. Namun, bukunya, The
Rape of Nanking, mengalami cetak ulang dan menjadi best seller.

Salah satu korban pembantaian Nanjing, Li Xiuling, seperti dikutip Newsweek
(20/7/1998), mengungkapkan kemarahannya kepada Jepang. ?Saya benci Jepang
begitu dalam,? kata Liu Xiuling, yang saat peristiwa terjadi sedang hamil tujuh
bulan. Tiga serdadu Jepang menikamnya 37 kali saat itu. Bayi yang dikandungnya
tewas, tetapi Li selamat. 


 Untuk memperingati hari kemenangan  perang anti -fasis di seluruh
dunia dan memperingatkan setiap orang  Tiongkok jangan melupakan sejarah
 agresi yang berdarah itu, kami membuat  acara khusus untuk menceritakan
 peristiwa "Pembantaian Besar Nanjing"  waktu agresor Jepang menduduki
Kota Nanjing bagian timur Tiongkok. 
http://indonesian.cri.cn/mmsource/images/2005/05/31/n4.jpg
Pada tgl 13 Desember tahun 1937, sekitar 200 ribu agresor Jepang menduduki Kota Nanjing ibu kota Tiongkok waktu itu, dan segera setelah itu agresor Jepang menjalankan pembantaian biadab terhadap penduduk damai dan orang militer yang sudah meletakkan senjata di kota itu. Hanya dalam waktu 6 pekan, 300 ribu penduduk Tiongkok telah direnggut nyawanya di bawah todongan senapan serdadu Jepang, di antaranya termasuk 90 ribu orang tahanan. Inilah peristiwa "Pembantaian besar Nanjing"yang terkenal dalam Perang Dunia Kedua.
http://indonesian.cri.cn/mmsource/images/2005/05/31/n6.jpg

Nenek Xia Shuqin yang berusia 77 tahun adalah salah satu korban pembantaian Nanjing yang masih hidup. Ketika mengenang hari seram 69 tahun yang lalu itu, Nenek Xia Shuqin dengan air mata berlinang-linang mengatakan, hanya dalam setengah hari saja, serdadu Jepang telah menghancurkan keluarganya beranggota 9 orang yang bahagia.
http://indonesian.cri.cn/mmsource/images/2005/05/31/n5.jpg
Nenek itu menceritakan, "Pada hari itu serdadu Jepang menggedor pintu dengan bengis. Ayah saya yang pergi membuka pintu ditembak mati seketika itu. Ibu saya yang menggendong adik prempuanku bersama seorang ibu dan 2 anak tetangga bersembunyi di bawah meja. Ketika itu serdadu Jepang menyeret ibu saya dari bawah meja, dengan sangkur tempur menusuk mati adikku dan menelanjangi ibu saya. Kakak beradik 4 orang kami bersembunyi di ranjang, kemudian dua kakak prempuanku diseret dan diperkosa oleh serdadu Jepang sedangkan saya ditusuk 3 kali
http://indonesian.cri.cn/mmsource/images/2005/05/31/n3.jpg
Dengan demikian, pagi hari tgl 13 Desember tahun 1937, 7 dari 9 anggota keluarga Xia Shuqin yang tinggal di jalan Xinlukou nomor 5 Kota Nanjing itu dibunuh tak beralasan oleh serdadu Jepang. Di antaranya ibu dan 2 orang kakak prempuannya sebelum dibunuh diperkosa oleh serdadu Jepang. Keluarga Xia hanya tersisa Xia Shuqin berusia 8 tahun dan Xia Shuyun berusia 4 tahun waktu itu. Setelah serdadu Jepang pergi, dalam 14 hari kedua gadis kecil itu mengisi perut dengan sedikit beras goring sangan dan kerak nasi di samping jenazah anggota keluarga sampai akhirnya ditemukan tetangga.
http://indonesian.cri.cn/mmsource/images/2005/05/31/n2.jpg
Nenek Xia Shuqin mengatakan, selama ia masih hidup di bumi ini ia akan memberikan kesaksian atas pembantaian besar itu, dan berjuang menentang kekuatan ultrakanan Jepang yang menyangkal " Pembantaian Basar Nanjing" dan mengungkapkan kenyataan sejarah sebenarnya kepada rakyat seluruh dunia.
Kenyataan dibunuhnya keluarga Xia juga direkam dengan kamera oleh pendeta Amerika Serikat John Magge. Magge waktu itu sebagai Ketua Dewan Nanjing Palang Merah Internasional ketika diberi tahu perkara pembunuhan keluarga Xia itu, ia segera pergi ke rumah Xia di jalan Xinlukou itu dan memotret kejadian tersebut. Selain itu ia juga memberi-tahu kejadian itu kepada tokoh-tokoh warga asing yang tinggal di Nanjing dan kejadian itu dicatat dalam buku catatan harian warga Jerman John Rabe dan bahan " arsip zone keamanan Nanjing".
http://indonesian.cri.cn/mmsource/images/2005/05/31/n7.jpg


Sementara itu terdapat pula foto dalam jumlah besar yang merekam adegan sejarah yang berdarah. Di antaranya sebagian disimpan oleh seorang korban pembantaian yang masih hidup bernama Lu Jing. Waktu agresor Jepang menduduki Kota Nanjing, ia adalah seorang magang di sebuah studio foto. Foto-foto yang merekam adegan kejam pembunuhan terhadap warga Tiongkok itu dibuat oleh serdadu Jepang sendiri. Ia dengan sembunyi-sembunyi mengambil sejumlah dari foto yang diantar serdadu Jepang ke tokonya untuk dicetak. Lu Jing orang tua yang sudah meninggal dunia tahun lalu itu sebelumnya ia dalam wawancara dengan wartawan kami menceritakan:" Ketika itu saya mencuci foto-foto yang diberikan serdadu Jepang, sangatlah menakutkan, di antaranya ada yang pemenggalan kepala orang Tiongkok. Saya memberi tahu kepada majikan saya dan kemudian saya memutuskan untuk menyimpan dengan sembunyi-sembunyi foto-foto tersebut sebagai bukti untuk kemudian hari."
Foto-foto sebagai bukti Pembantaian Besar Nanjing itu disimpan terus sampai saat kemenangan perang melawan Jepang dan diserahkan kepada Pengadilan Militer Nanjing sebagai bukti untuk mengadili penjahat perang Jepang.
Sejarah tidak dapat dilupakan, lebih-lebih tidak dapat diubah. Kalau tidak, tragedi itu akan terjadi berulang kali. Mahasiswa Jepang yang belajar di Universitas Peking Yoshi Kazu Kato mengatakan kepada wartawan, yang penting adalah jangan melupakan sejarah.
Ia mengatakan, " Sebagai seorang muda saya berpendapat adalah kenyataan Jepang mengagresi Tiongkok. Kedua negara hendaknya mengadakan pertukaran dan kerja sama di atas dasar dengan tepat memperlakukan sejarah."
Justru seperti yang dikatakan oleh mahasiswa Jepang itu, bahwa tidak hanya rakyat Tiongkok yang memperingati ulang tahun ke-60 kemenangan melawan Jepang, tetapi hari kemenangan itu juga patut diperingati oleh rakyat Jepang dan rakyat seluruh dunia. Karena kemenangan perang melawan Jepang tidak saja mengakhiri malapetaka besar rakyat Tiongkok , Asia dan negara-negara lainnya, tetapi juga mengakhiri penderitaan rakyat Jepang akibat perang tersebut. Memperingati sejarah bertujuan justru untuk membuat rakyat kedua negara mengenal sejarah dan "bercermin pada sejarah dan berorientasi ke masa depan", supaya persahabatan dan hubungan kerja sama bersahabat antara kedua negara Tiongkok dan Jepang dipelihara dengan lebih baik.
 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh33s3h-pRfOQAGGPQNoqg74DZ3DmgrFvPGRe0ZEK4Nu4dSqTugv4mzneGwKC3qC7qKOnXPacSHMfwNd60fKIU3SBNMij7QxeCUz6JtN6hbE-V8KrU1RZ0savB_2cqEB4fACKLr4n7lOmo/s320/images-779331.jpg
Shiro Ishii adalah seorang ahli mikrobiologi dan letnan jenderal Unit 731, sebuah unit perang biologis Tentara Kekaisaran Jepang selama Perang Sino-Jepang. Ia dilahirkan di bekas Desa Shibayama Kabupaten Sanbu di Prefektur Chiba, dan belajar kedokteran di Universitas Kekaisaran Kyoto. 

Pada 1932, ia memulai eksperimen pendahuluan dalam perang biologis sebagai proyek rahasia militer Jepang. Pada tahun 1936, Unit 731 terbentuk. Ishii membangun sebuah senyawa besar – lebih dari 150 gedung-gedung lebih dari enam kilometer persegi – di luar kota Harbin, Cina.

Beberapa dari sekian banyak kekejaman yang dilakukan oleh Ishii dan yang lain di bawah komandonya di Unit 731 meliputi: pembedahan makhluk hidup hidup orang (termasuk wanita hamil yang dihamili oleh dokter), tahanan dengan kaki diamputasi dan dipasang ke bagian lain dari tubuh mereka, sejumlah tawanan dibuat beku anggota tubuhnya dan dicairkan untuk mempelajari hasil gangren yang tidak diobati. 

Manusia juga digunakan sebagai kasus uji hidup untuk pelempar granat dan nyala api. Tahanan disuntik dengan inokulasi penyakit, dengan disamarkan sebagai program vaksinasi, untuk mempelajari efek mereka. Untuk mempelajari efek penyakit kelamin yang tidak ada obat, tawanan laki-laki dan perempuan sengaja diinfeksi dengan sifilis dan gonore melalui perkosaan, lalu dipelajari. 

Setelah Jepang takluk dari Amerika , Ishii menghabiskan waktunya dalam penjara untuk kejahatannya dan meninggal pada usia 67 akibat kanker kerongkongan.




Martin luther King Jr “I have a dream”
Foto ini diambil di Washington,US dalam gerakan penyetaraan hak asasi manusia, ratusan ribu demonstran terutama warga kulit hitam amerika menuntut penyetaraan hak pada 28 Agustus 1963, hal ini sebagai reaksi atas perilaku diskriminasi Rakyat Amerika selama beratus tahun terhadap Ras Afro Amerika (kulit hitam), seperti : Bus Umum bagian belakang untuk kulit hitam, dan didepan untuk kulit putih. Seorang Nenek2 kulit hitam menolak untuk duduk dibelakang bus dengan alasan yang sangat terkenal “Apabila saya duduk dibelakang, maka saya akan membiarkan cucu saya duduk dibelakang, lebih baik saya mati daripada melihat itu terjadi”
Dalam pidatonya Martin Luther King mengucapkan kata2 yang sangat fenomenal dan Sekarang seorang Presiden US Kulit hitam pertama mengulang kata2nya di Memorial Lincoln Washington DC “Barrack Obama”
“I have a dream that my four little children will one day live in a nation where they will not be judged by the color of their skin but by the content of their character”
FILM YANG MENGANGKAT CERITA INI :
“A Ripple of Hope”
Pembantaian Pengungsi gereja Nyamata Di Rwanda
http://religiousfreaks.com/UserFiles/Image/rwanda.church.jpg
Apabila kalian belum melihat Film Hotel Rwanda atau Sometimes in April, segeralah untuk menonton.. kalian akan melihat bahwa manusia terkadang seperti binatang, foto ini menunjukkan peristiwa Genosida diRwanda dimana 10.000 pengungsi Suku Tutsi berkumpul diGereja, mereka berfikir bahwa gereja adalah tempat yang suci(sanctuary), namun ini adalah kesalahan fatal, ekstrimist Hutu membantai tanpa ampun, sekitar 10rb lebih pengungsi tewas didalam dan diluar gereja, hanya butuh 5 jam untuk membantai pengungsi tersebut, dan kalaupun ada yang selamat adalah wanita yang sudah diperkosa puluhan kali. April 1994, satu lagi.. Senjata favorit militan Hutu adalah “Machetes” pisau panjang tajam yang semuanya Impor dari China, murah dan praktis
FILM YANG MENGANGKAT CERITA INI :
“Hotel Rwanda”
“Sometimes in April”
“shooting dogs”
Auschwitz-Birkenau death camp in Poland, Jews Genocide
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/8/89/Selection_Birkenau_ramp.jpg
(kaum yahudi naik kereta menuju pemberhentian auscwitz yg fenomenal)
Anda pasti tau Genosida kaum yahudi oleh Nazi, namun apakah anda tau dimana Camp Genosida terbesar dan yang paling memakan banyak korban?? jawabannya adalah Auschwitz-Birkenau di polandia, Tempat ini adalah Rumah jagal bagi ratusan ribu yahudi, umumnya yang menjadi prioritas penjagalan adalah mereka Kaum homo, gipsi, politikus, orang cacat, wanita/masa subur, Tempat ini menjadi sentral pembantaian dikarenakan memiliki gas chamber berkapasitas 1000 orang, para korban sengaja di masukkan ke dalam ruangan kamar mandi palsu lengkap dengan showernya, namun yang keluar bukanlah air melainkan Gas beracun bernama ziklon B, camp ini hasil buah tangan Goebler dan Himler, tangan kanan Hittler pada perang dunia II (7 April 1940)
untuk gambaran : perkiraan yahudi di polandia tahun 1935 3,3jt orang, sehabis pendudukan nazi hanya bersisa 270rb orang atau lebih 90% tewas
Camp ini berhasil dibebaskan oleh tentara Red Army(rusia), sebelumnya tentara german terlebih dulu membunuh sebagian besar tahanan dan sisanya adalah mereka yang beruntung karena tentara jerman kehabisan peluru
FILM YANG MENGANGKAT CERITA INI :
“schindler list”
“The Pianist”
Srebrenica Mass Murder, Bosnia
v:shapes="_x0000_i1026">
Buat yang belom tau, Sebrenica adalah nama kota di Bosnia Herzegovina. Kota ini menyimpan kenangan buruk tentang genosida massal oleh tentara Serbia pimpinan Ratko Mladic peristiwa ini sangat berbau rasisme antara suku serb dengan muslim bosnia, Dalam waktu 3 minggu Pasukan serbia pimpinan ratko mladic berhasil menewaskan 8300 warga sipil Muslim Bosnia, ini adalah genosida massal terbesar setelah Perang dunia kedua dizamannya sebelum Genosida Rwanda.
Dunia barat sangat terlambat dalam mengatasi Perang Serbia Bosnia, dimana UN bersikap seperti Anjing pemalu (sebutan warga bosnia) karena bersifat Penjaga namun tidak berbuat apa2, Cara membunuh yang paling kejam di srebrenica adalah para wanita,anak2 dan orang tua disuruh lari ke sungai dan ditembak, banyak saksi yang menyaksikan peristiwa ini dan kenangan akan banjir darah. Killing field ditemukan beberapa tahun kemudian atas bantuan citra satelit US, kini Memorial Srebrenica berdiri tegak memuat 8340 nama korban muslim bosnia. Ratko mladic ditangkap pada tahun 2006, hingga kini sebagian warga serbia menganggap ratko mladic adalah pahlawan yang dihormati.
FILM YANG MENGANGKAT CERITA INI :
“Hunting Party”
“Behind Enemy Lines”
Kamikaze “Insane Japanese Pilot”
http://www.hawaiiforvisitors.com/images/oahu/attractions/uss-missouri-kamikaze-1945-04-11-400x319.jpg
(difoto ini tampak Pesawat Zero Japan yang kehabisan peluru melaksanakan tugas terakhirnya dengan menabrakan diri)
Mnurut kalian Pada perang Koral (Perang pasifik) siapakah angkatan udara yang menang? Amerika? memang amerika secara aklamasi menang dalam perang tersebut, tapi siapakah sebenarnya yang menang dalam jumlah perusakan terbanyak? jawabannya Japanese Air Fighter, tidak ada yang meragukan Pesawat A6M(mitsubishi engine) Zero, pesawat ini dan turunannya menghancurkan 1500 lebih pesawat amerika dan menghancurkan beberapa kapal induk dalam serangan Kamikaze, Masih ingat Pear Harbor, Hawai 1941, Jendral Jepang secara khusus memanggil Putra2 terbaik matahari terbit untuk melaksanakan Kamikaze project, para istri dan keluarga calon merayakan pesta karena merupakan suatu kehormatan, namun tak sedikit yang menangis dan bunuh diri karena ini adalah perpisahan terakhir, hal ini dikarenakan Para pilot bomber hanya diberikan Bensin yang hanya cukup untuk sekali jalan, ini untuk memaksimalkan daya hancur bagi penyerangan Pearl Harbor
bayangkan.. 340 Pesawat Kamikaze menghancurkan 4 buah kapal induk, 188 pesawat serang, 3 cruiser besar dan menewaskan 2800 personel.
Gerakan 30 September
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/f/f6/Pengangkatan_Jenazah_Lubang_Buaya.jpg
Gerakan 30 September atau yang sering disingkat G 30 S PKI, G-30S/PKI, Gestapu (Gerakan September Tiga Puluh), Gestok (Gerakan Satu Oktober) adalah sebuah peristiwa yang terjadi pada tanggal 30 September 1965 di mana enam pejabat tinggi militer Indonesia beserta beberapa orang lainnya dibunuh dalam suatu usaha pemberontakan yang disebut sebagai usaha Kudeta yang dituduhkan kepada anggota Partai Komunis Indonesia.
jumlah Korban orang yang dibantai tidak diketahui dengan persis – perkiraan yang konservatif menyebutkan 500.000 orang, sementara perkiraan lain menyebut dua sampai tiga juga orang. Namun diduga setidak-tidaknya satu juta orang menjadi korban dalam bencana enam bulan yang mengikuti kudeta itu.




DOA SEORANG JENDERAL
” Tuhan, buatkanlah bagi saya, seorang putra yang cukup kuat untuk menyadari kalau ia sedang lemah, dan cukup tabah untuk menghadapi dirinya sendiri kalau ia sedang takut, yang akan bangga dan tidak putus asa kalau kalah secara jujur, dan rendah hati serta lembut dalam kemenangan.

Buatkanlah bagi saya seorang putra, yang bukan cuma bisa berharap, tetapi juga mampu berbuat, putra yang akan mengenal ENGKAU . Jangan bawa ia ke jalan yang serba mudah, dan serba enak , tetapi biarlah ia belajar berdiri di tengah badai dan biarlah ia belajar merasakan penderitaan orang-orang yang gagal.

Buatkanlah bagi saya seorang putra yang hatinya jernih, yang cita-citanya tinggi, putra yang dapat mengendalikan dirinya sendiri sebelum mencoba mengendalikan orang lain, yang meraih massa depan tetapi tidak melupakan massa lalu.


Dan kalau semua itu telah menjadi miliknya, saya mohon agar ia diberi rasa humor. Berilah ia kerendahan hati, supaya ia selalu ingat kesederhanaan dari keagungan sejati, keterbukaan dari kebijaksanaan sejati dan kelemahan dari kekuatan sejati.”

 

 

Foto-Foto Peristiwa Masa Lalu Yang Paling Mengerikan dan Tdak Terlupakan

Foto atau gambar dari masa lalu adalah pengingat atas kengerian tak terkatakan dan penderitaan yang telah menjadi bagian dari sejarah kita di dunia yang penuh dengan kekacauan ini. Tidak ketinggalan kebrutalan yang tidak diinginkan oleh umat manusia itu sendiri memberikan konstribusi pada kenyataan bahwa sulit membedakan mana manusia dan mana monster.
Berikut adalah beberapa foto paling menyedihkan, paling mengerikan, paling mengejutkan dan bikin syok yang pernah diambil:
Bom Atom di Hiroshima dan Nagasaki, Jepang
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEifoer-x1cNgCGWSNcvYRMTrw8y4ridrBwMrrnEPXQv6yT5un2S0xnguxn7CP6uXkDWjurQJzdS_pu-9_V3gFVPYLJ7Ef9oGZynIVXjTnYLxaKAFtA1bEWSeg-BxddHMf8Sv8acU0M2Qqo/s1600/Foto-Foto+dari+Berbagai+Peristiwa+Masa+Lalu+Yang+Paling+Mengerikan%252C+Mengejutkan%252C+Menyedihkan+dan+Bikin+Syok+-+1+-+Bom+Atom+di+Hiroshima+dan+Nagasaki%252C+Jepang.jpg
Di atas adalah foto awan berbetuk jamur akibat bom atom yang dijatuhkan di kota Hiroshima dan Nagasaki saat perang dunia II. Amerika Serikat melepaskan dua bom atom di dua kota penting Jepang yaitu di Hiroshima yang menewaskan 90,000-166,000 orang dan di Nagasaki yang menewaskan 60,000-80,000 orang.
Eksekusi Seorang Tentara Viet Cong
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi6srjwOYFj7-osgtFVRm0dSusSe43h7mFIZi7VyIqRzIfXSENBh00oKGpN1TCPYUbBAa2Hsdf2G6jwtGormIvVZyF_DBqz0Sw5YSOr90KTNGWfwuRT1no9qailxT9m0Kkehe6zXd_qgEg/s1600/Foto-Foto+dari+Berbagai+Peristiwa+Masa+Lalu+Yang+Paling+Mengerikan%252C+Mengejutkan%252C+Menyedihkan+dan+Bikin+Syok+-+2+-+Eksekusi+Seorang+Tentara+Viet+Cong.jpg
Foto di atas, berjudul “Jenderal Nguyen Ngoc Loan mengeksekusi seorang tahanan Viet Cong di Saigon”, dianggap sebagai salah satu foto yang paling terkenal dalam sejarah jurnalistik. Seorang fotografer Amerika, Edward Adams, dianugerahi sebuah Pulitzer Prizeuntuk foto ini yang memperlihatkan Kepala Polisi Nasional Vietnam Selatan mengeksekusi seorang tentara Viet Cong.
Serangan 11 September 2001 (9/11)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgflX3e7ZM6h1CDjeSWaAfOy1DMpAhkWSnnElc24EZ5CGs9EgkJtjA9InZxFig0ZTRBj6mFn9otvwT_iUBgGtO26CJs_aBYkS-9hKtWieN_MoXkDyObSPgpbr8owuaOCYuMh4pG40bAX_w/s1600/Foto-Foto+dari+Berbagai+Peristiwa+Masa+Lalu+Yang+Paling+Mengerikan%252C+Mengejutkan%252C+Menyedihkan+dan+Bikin+Syok+-+3+-+Serangan+11+September+2001+%2528911%2529.jpg
Pada tanggal 11 September 2001, teror melanda Amerika ketika dua pesawat penumpang diduga dibajak oleh Al-Qaeda menabrak menara kembar World Trade Center di New York City, yang diklaim menewaskan hampir 3000 orang tidak berdosa. Beberapa foto dalam tragedi ini menunjukkan sejumlah orang melompat dari gedung untuk menghindari ledakan setelah pesawat yang dibajak tersebut menabrak menara kembar WTC.
Penjara Abu Ghraib

Setahun setelah invasi Irak tahun 2003 atau pada awal tahun 2004, laporan mengejutkan tentang penyiksaan, pemerkosaan dan pembunuhan para tahanan yang ditahan di penjara Abu Ghraib mulai muncul ke permukaan yang kemudian menjadi perhatian publik. Tindakan tidak berperikemanusiaan ini dilakukan oleh personil Militer Angkatan Darat Amerika Serikat bersama dengan lembaga-lembaga pemerintah tambahan AS.
Anak Kecil dan Burung Pemakan Bangkai
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEghgSvW6zomUFQjpHRQGPIWVwcrlRAofp-s-8unA3SMSye5D7CeGmlsyCeyGAMKN0uRsOEvyAfbFdAbbNcq3ecTm_Q5RS5kbUrJM_xZYtEj6r2VuSp5SJvBQyfIMBuO4XpirT1abCEflrA/s1600/Foto-Foto+dari+Berbagai+Peristiwa+Masa+Lalu+Yang+Paling+Mengerikan%252C+Mengejutkan%252C+Menyedihkan+dan+Bikin+Syok+-+5+-+Anak+Kecil+dan+Burung+Pemakan+Bangkai.jpg
Foto ini diambil oleh seorang fotografer Afrika Selatan, Kevin Carter, menunjukkan seorang anak di Sudan yang sedang kelaparan berhenti untuk beristirahat saat merangkak menuju tenda makan PBB. Di dekat anak kecil itu berdiri seekor burung pemakan bangkai yang dengan sabar menunggu si anak kecil itu meninggal untuk dimakan.
Tak seorang pun yang tahu apa yang terjadi pada anak kelaparan itu. Fotografer Kevin Carter yang memenangkan Pulitzer Prize atas foto tersebut bunuh diri tiga bulan setelah ia mengambil foto mengerikan dan memilukan itu.
Seorang Ayah Palestina Yang Melindungi Putranya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhmBElOcBaMHP-WEmFk18kgiM8ydrC6dKlQk43CqOpf4OcVLn58pX3XTBlOVRXRe0ix73jG0IxDJ1a5kXwRWLp-LzsoSEXEbNRMIHCcaQaKLESGUzZGzZm3Lidar1ntA3hzrk9qHYLA46w/s1600/Foto-Foto+dari+Berbagai+Peristiwa+Masa+Lalu+Yang+Paling+Mengerikan%252C+Mengejutkan%252C+Menyedihkan+dan+Bikin+Syok+-+6+-+Seorang+Ayah+Palestina+Yang+Melindungi+Putranya.jpg
Foto-foto di atas adalah bingkai dari adegan mengejutkan yang ditangkap oleh 2 kameraman asal Perancis di dekat Jalur Gaza. Rekaman itu menunjukkan seorang ayah Palestina, Jamal al-Durrah, mencoba untuk melindungi putranya yang berumur 12 tahun, Muhammad al-Durrah, dari tembakan sementara bersembunyi di balik dinding beton. Jamal al-Durrah memberikan sinyal dan memanggil pasukan Israel di luar sana untuk menghentikan tembakan. Putranya mati tertembak dan dia sendiri terluka parah.
Hector Pieterson (Pemberontakan Soweto)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjsCx-3vk5GyH0b-gSgLXyoZ2vGEHc16GFVaQIqJJVUwf2LT2EYxN7DwEMoLVjHAxf4jAjfobUWl-WNpA3V_cHIzEwAboTAfesqe4LHXKFoOni116NTsfNNm9RPq5hGFkz6KCorJzWF6Cg/s1600/Foto-Foto+dari+Berbagai+Peristiwa+Masa+Lalu+Yang+Paling+Mengerikan%252C+Mengejutkan%252C+Menyedihkan+dan+Bikin+Syok+-+7+-+Hector+Pieterson+%2528Pemberontakan+Soweto%2529.jpg
Hector Pieterson menjadi ikon pemberontakan Soweto tahun 1976 di Afrika Selatan. Dia tewas pada usia 12 tahun ketika polisi menembaki mahasiswa yang sedang berdemontrasi. 16 Juni 1976 ditetapkan sebagai hari perlawanan terhadap kekejaman pemerintah yang memilih kasih terhadap kulit hitam dan kulit putih, dimana kulit hitam harus membayar jika ingin bersekolah, membayar pajak dengan lebih, dan segalanya yang merugikan pihak kulit hitam.. Saat ini dikenal sebagai Hari Nasional Pemuda. Foto di atas menunjukkan Hector Pieterson yang tewas sedang diangkat oleh seorang mahasiswa.
Pemakaman Seorang Anak Yang Tidak Dikenal (Bencana Bhopal)
Foto di atas menunjukkan salah satu dari 3.787 korban yang disebabkan oleh bencana Bhopal tahun 1984 dimana gas beracun (MIC) dilepas oleh Union Carbide India Limited, diikuti dengan pertisida tanaman yang mana diperkirakan menimbulkan 40.000 kasus penyakit atau kecacatan yang disebabkan oleh paparan gas.
Menghukum Mati Pria Muda Berkulit Hitam Tanpa Pemeriksaan Pengadilan
Foto mengerikan ini menunjukkan hukuman mati dua pria kulit hitam muda tanpa pengadilan yang dituduh memperkosa seorang wanita berkulit putih dan membunuh pacarnya. Suka cita tampak di wajah massa yang menghukum dua pria kulit hitam tersebut yang telah menjadi bangkai setelah disiksa.
Eksekusi Orang Yahudi Terakhir dari Vinnitsa
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj1TOODmi_fVRhilvjlDlUbNhtAkoRCYax-AvPACI45e-_6N_wPr2pw5gE7BUh8AxFN_utvMirWrph67bb4cXLWtmUjd10OOhQsLoToeX52Fs8cOA_hGnMjv0Ue9Ag6DDFHZJM0arwYF9Q/s1600/Foto-Foto+dari+Berbagai+Peristiwa+Masa+Lalu+Yang+Paling+Mengerikan%252C+Mengejutkan%252C+Menyedihkan+dan+Bikin+Syok+-+10+-+Eksekusi+Orang+Yahudi+Terakhir+dari+Vinnitsa.jpg
Foto di atas adalah Orang Yahudi Terakhir dari Vinnitsa, Ukraina, (kiri) pada tahun 1941 dimana seorang Yahudi berlutut di depan sebuah kuburan massal akan dieksekusi oleh seorang anggota sebuah regu maut paramiliter, Einsatzgruppe D. Foto tersebut diambil dari album pribadi seorang tentara Einsatzgruppen. 28.000 orang Yahudi dari Vinnitsa dan sekitarnya dibantai pada waktu itu. LM

Bagaimana ulasan tentang Foto-Foto Peristiwa Masa Lalu Yang Paling Mengerikan 




Kumpulan Kaidah Fikih Ghair al-Asasiyah
Drs.M.Rakib Janib Jamari,S.H.,M.Ag.
       Qawaidul Fiqhiyah atau biasa disebut kaidah-kaidah fikih adalah ketentuan-ketentuan yang bersifat kulli (menyeluruh atau umum) yang mencakup bagian-bagiannya. Bisa juga dikatakan sebagai ketentuan umum yang menghukumi beberapa bab pembahasan masalah fikih. Terkait dengan hakikat dari kaidah fikih itu sendiri, dapat dilihat kembali pada artikel makalah tentang hakikat qawaid fiqhiyah sebelumnya. Jelasnya, kaidah-kaidah fikih ini sangat penting dalam kehidupan manusia. Salah satu manfaatnya yaitu agar dapat mengetahui prinsip-prinsip umum fikih.
Dalam ilmu qawaidul fiqhiyah, kaidah-kaidah fikih ada yang disebut  qawaid al-fiqhiyah al-asasiyyah dan ada pula yang disebut qawaid al-fiqhiyah ghairu asasiyyah atau yang disebut dengan kaidah-kaidah fikih yang bukan merupakan kaidah asasiyyah. Khususnya dalam makalah ini yang akan dibahas adalah kaidah-kaidah fikih yang bukan merupakan kaidah-kaidah dasar yang lima seperti yang dibahas pada artikel-artikel sebelumnya seperti kaidah tentang al-Umu>r bi Maqa>s}idiha>, al-Yaqi>n la> Yuza>lu bi asy-Syakkal-masyaqqah tajlib at-taisir, adh-adhararu yuzaldan kaidah al-’adah muhakkamah. Namun demikian, 
kaidah yang dibahas dalam makalah ini tetap disebut sebagai kaidah kulli (menyeluruh atau umum) sehingga berlaku pula untuk persoalan-persoalan hukum Islam (fikih) dalam berbagai bidang sesuai dengan bagiannya masing-masing.  
Pembahasan
Pengertian Al-Qawaid Al-Fiqhiyyah Al-Ammah Ghairu Asasiyyah
Qawaidul Fiqhiyyah menurut bahasa berarti dasar-dasar yang berhubungan dengan masalah-masalah atau jenis-jenis hukum (fikih). Sedangkan menurut istilah ahli ushul, qawaidul fiqhiyyah adalah hukum yang biasa berlaku bersesuaian dengan sebagian besar bagian-bagiannya.[i] Jadi, qawaidul fiqhiyyah adalah suatu perkara kulli yang berlaku pada semua bagian-bagian atau cabang-cabangnya, yang dengannya diketahui hukum-hukum cabang tersebut.
Sedangkan qawaid al-fiqhiyyah ghairu asasiyyah berarti kaidah-kaidah umum fikih yang bukan kaidah asasiyyah seperti yang diuraikan sebelumnya. Kaidah tersebut adalah kaidah-kaidah umum yang ruang lingkup dan cakupannya luas. Kaidah ini berlaku dalam berbagai cabang hukum fikih. Di antaranya yaitu dalam bidang muamalah, peradilan, jinayah dan hukum keluarga.
Manfaat Kaidah Fikih
Kaidah-kaidah fikih sangat penting dan bermanfaat bagi ilmu fikih. Manfaat kaidah fikih ini antara lain, yaitu:[ii]
  1. Dengan mengetahui kaidah-kaidah fikih kita akan mengetahui prinsip-prinsip umum fikih sehingga dapat mengetahui titik temu dari masalah-masalah fikih.
  2. Dengan memperhatikan kaidah-kaidah fikih akan lebih mudah menetapkan hukum bagi masalah-masalah yang dihadapi.
  3. Dengan memperhatikan kaidah-kaidah fikih akan lebih arif dalam menerapkan materi-materi fikih dalam waktu dan tempat yang berbeda, untuk keadaan dan adat yang berlainan.
Beberapa Kaidah-Kaidah Ghair Asasiyyah
Berikut ini sembilan macam kaidah-kaidah umum fikih yang bukan kaidah asasiyyah (al-qawaid al-fiqhiyyah al-ammah ghairu asasiyyah), yaitu:[iii]
1.     ﻤﺎ ﻻ ﻴﺘﻢ ﺍﻠﻮﺠﺐ ﺇﻻ ﺒﻪ ﻔﻬﻮ ﻮﺍ ﺠﺐ
”Sesuatu kewajiban yang tidak sempurna pelaksanaannya kecuali dengan adanya sesuatu hal, maka sesuatu hal tersebut hukumnya wajib pula ada.”
Maksud kaidah ini yaitu apabila suatu kewajiban tidak sempurna pelaksanaannya kecuali dengan adanya perbuatan atau hal lain maka perbuatan tersebut wajib pula dilaksanakan.
Contoh: shalat adalah wajib dan shalat tidak sah apabila tidak suci dari hadas dan berwudhu, maka suci dari hadas dan berwudhu juga wajib dilakukan. Contoh lainnya, membayar hutang itu wajib, maka bekerja ekstra untuk dapat membayar hutang sampai lunas adalah wajib, karena apabila bekerja hanya untuk mencukupi kebutuhan hidup saja, tentunya dapat berakibat tidak terbayarnya hutang.

Kaidah ini diperkuat dengan kaidah:
      ﻠﻠﻮﺴﺎﺌﻞ ﺤﻜﻢ ﺍﻠﻤﻘﺎﺼﺪ
”Hukum wasilah/sarana adalah sama dengan hukum tujuan”
Contoh: Menunaikan ibadah haji itu wajib bagi yang mampu, maka wajib pula menyediakan sarana-sarana dalam pelaksanaan ibadah haji.”
2  ﻤﺎ ﺤﺮﻢ ﺇﺴﺘﻌﻤﺎ ﻠﻪ ﺤﺮﻢ ﺇﺘﺧﺎﺬﻩ
“Apa yang diharamkan untuk  digunakan, maka  haram pula mendapatkannya/membuatnya”
Maksudnya yaitu sesuatu yang haram digunakan, baik haram dimakan, diminum ataupun dipakai, maka haram pula hukum mendapatkannya atau membuatnya.

Contoh: Memakan bangkai dan binatang yang diharamkan dalam islam, maka haram pula menerimanya, membelinya, menjualnya dan membuat tempat sarana-sarana lainnya.

3.       Kaidah Ketiga
    ﻤﺎ ﺤﺮﻢ ﺃﺧﺬﻩ ﺤﺮﻢ ﺇﻋﻂﺎﺀﻩ
“Apa yang diharamkan untuk diambil atau dibuat, maka haram pula memberikannya”
Contoh: Haram mengambil barang milik orang lain, maka haram pula memberikan barang tersebut kepada orang lain.
4   ﺍﻠﻤﺸﻐﻮﻞ ﻻ ﻴﺸﻐﻞ
“Sesuatu yang sedang dijadikan objek perbuatan tertentu, maka tidak boleh dijadikan objek perbuatan lainnya”

Contoh: Apabila seseorang telah meminjamkan pulpennya kepada adiknya misalnya, maka ia (kakak atau yang meminjamkan) tidak boleh lagi hendak meminjamkan pulpennya tersebut kepada temannya, terkecuali sang adik telah mengembalikan pulpen tersebut kepadanya terlebih dahulu. Begitu juga dengan permasalahan hukum Islam lainnya.

5  ﻴﻘﺒﻞ ﻘﻮﻞ ﺍﻠﻤﺘﺮﺟﻢ ﻤﻄﻠﻘﺎ
“Kata-kata seorang penerjemah diterima tanpa syarat”

Contoh: Seorang turis Amerika yang sedang berlibur ke Indonesia, maka ia harus menerima terjemahan bahasa dari pemandu wisatanya.

6ﺍﻠﻨﻌﻤﺔ  ﺒﻘﺪﺮ ﺍﻠﻨﻘﻤﺔ ﻮﺍﻠﻨﻘﻤﺔ ﺒﻘﺪﺮ ﺍﻠﻨﻌﻤﺔ 
“Kenikmatan disesuaikan dengan kadar jerih payah dan jerih payah disesuaikan dengan kenikmatan”
Maksudnya yaitu suatu keuntungan diukur dengan pengorbanan dan pengorbanan diukur menurut keuntungan. Potongan pertama dari kaidah ini sering diungkapkan dengan “al-ujrah bi qadri al-masyaqqah”, artinya upah diukur dengan jerih payah atau kesulitan. Makin sulit mencapai sesuatu, maka makin tinggi pula nilai yang didapat. Makin berat godaannya, makin besar pahalanya.

Contoh: Seorang siswa yang rajin belajar akan mendapatkan pengetahuan lebih luas dibandingkan dengan siswa yang kurang rajin belajar, karena pengetahuan yang luas sepantasnya diperoleh oleh siswa yang rajin.

7       ﻻ ﻤﺴﺎﻍ ﻠﻺ ﺠﺘﻬﺎﺪ ﻔﻲ ﻤﻮﺮﺪ ﺍﻠﻨﺺ  
“Tidak diperkenankan ijtihad pada tempat yang telah ada nashnya”

Maksud nash disini yaitu ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadis Nabi sebagai sumber hukum. Kaidah di atas dapat dipahami bahwa apabila teks hukum sudah jelas, maka tidak perlu lagi ada penafsiran.

Contoh: Hukum meminum khamar itu sudah jelas haram, maka tidak perlu lagi berijtihad untuk mencari untuk menetapkan hukumnya lagi atau hanya mencari-cari agar bisa menjadi halal.
ﺍﻠﻤﻴﺴﻮﺮﻻ ﻴﺴﻘﻄ  ﺒﺎﻠﻤﻌﺴﻮﺮ
“Suatu perbuatan yang mudah dijalankan, tidak menggugurkan perbuatan yang sukar dijalankan”

Maksudnya yaitu adanya suatu perbuatan yang mudah dikerjakan dan ada pula perbuatan yang sulit dilakukan, namun keduanya memiliki keterkaitan. Kalau kedua perbuatan tersebut sama-sama merupakan kewajiban, maka keduanya tetap dilakukan sedapat mungkin.
Contoh: Seorang suami berkewajiban memberikan nafkah untuk istri dan anak-anaknya, namun ia hanya mampu memberikan nafkah yang relatif sedikit karena pekerjaannya hanya sebagai seorang buruh, maka berilah nafkah tersebut. Tidak berarti karena ia hanya bisa memberikan nafkah sedikit lalu dia boleh meninggalkan kewajiban memberikan nafkah untuk istri dan anak-anaknya tersebut. Kaidah di atas mirip dengan kaidah
ﻤﺎ ﻻﻴﺪﺮﻚ ﻜﻠﻪ ﻻ ﻴﺘﺮﻚ ﻜﻠﻪ
 “Apa yang tidak bisa dilaksanakan secara keseluruhan, jangan ditinggalkan seluruhnya”

Kaidah-kaidah tersebut mendapat pengukuhannya dengan hadis Nabi:

ﺇﺬﺍ ﺃﻤﺮﺘﻜﻢ ﺒﺄﻤﺮﻔﺄﺘﻮﺍ ﻤﻨﻪ ﻤﺎ ﺍﺴﺘﻄﻌﺘﻢ
“Apabila aku memerintahkan kamu sekalian dengan suatu perintah maka lakukanlah perintah itu semampu  kalian.” (HR. Baihaqi dari Ibnu ‘Abbas)

9.   ﻴﺪﺨﻞ ﺍﻠﻘﻮﻱﻋﻠﻰ ﺍﻠﻀﻌﻴﻒ ﻮﻻﻋﻜﺲ
“Yang kuat mencakup yang lemah dan tidak sebaliknya”

Contoh: Seseorang melakukan kejahatan-kejahatan yang hukumannya berbeda, misalnya mencuri kemudian berzina. Maka hukumannya adalah potong tangan dan dirajam. Maka dalam kaidah ini hukuman rajam bisa menyerap hukuman potong tangan, namun tidak sebaliknya.

Penutup

Qawaid al-fiqhiyyah ghairu asasiyyah berarti kaidah-kaidah umum fikih yang bukan kaidah asasiyyah. Kaidah ini adalah kaidah-kaidah umum yang ruang lingkup dan cakupannya luas yaitu mencakup berbagai cabang hukum fikih.  Misalnya dalam bidang muamalah, peradilan, jinayah dan hukum keluarga. Kaidah-kaidah fikih sangat bermanfaat dalam ilmu fikih. Salah satu manfaatnya yaitu dengan memperhatikan kaidah-kaidah fikih akan lebih mudah menetapkan hukum bagi masalah-masalah yang dihadapi dengan disesuaikan menurut waktu dan tempat penerapan hukum (fikih) yang berbeda-beda.
Daftar Pustaka
Bakry, Nazar, Fiqh dan Ushul Fiqh, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2003.
            Djazuli, A., Ilmu Fikih: Penggalian, Perkembangan, dan Penerapan Hukum Islam, Jakarta: Kencana, 2006.
______, Kaidah-kaidah Fikih: Kaidah-kaidah Hukum Islam daam Menyelesaikan Masalah-masalah yang Praktis, Jakarta: Kencana, 2007.


No comments:

Post a Comment

Komentar Facebook