Friday, April 26, 2013

ADA BUMI LAIN. ADA MANUSIA SELAIN MANUSIA KITA DOLONG LANGIT INI (Ilmiah Teologis)



PENDAHULUAN
        Memang mengejutkan dunia, sebuah peristiwa yang sangat langka telah terjadi di Russia. Kasus yang lebih cocok jadi salah satu episode serial TV dalam film fiksi ilmiah ‘X-Files’ ini datang tepatnya di sebuah desa terpencil di wilayah Siberia Russia. Warga desa terpencil Otradnensky, Distrik Kuibyshevski, Negara bagian Siberia, dikejutkan oleh jatuhnya sebuah bongkahan berbahan metal besi dari langit.
        Adam dan Hawa,juga manusia asing dari bumi yang asing dikirim Tuhan ke bumi ini, menadi manusia pertama di bumi. Memang dikisahkan sebagai manusia pertama, di mana Adam dari surge planet yang subur, , tercampak ke bumi, tepatnya di India, dan Hawa tercampak ke Jedah Arab Saudi. Sedangkan orang pertama di Cina dan Korea menunjukkan bahwa manusia pertama menghuni Semenanjung Korea 700.000 tahun lalu, walaupun sejumlah arkeolog dari Korea Utara mengklaim bahwa Korea sudah berpenghuni 1 juta tahun yang lalu.
       Sejumlah artefak dari periode Palaeolitik (700 ribu SM-40 ribu SM) telah ditemukan di propinsi Hamgyong Utara, Pyongan Selatan, Gyeonggi, Chungcheong Utara dan Chungcheong Selatan. Dari penemuan tersebut diketahui pada masa prasejarah mereka tinggal di gua dan juga membangun tempat tinggal, menggunakan api, berburu dan memakai peralatan yang dibuat dari batu.


BAB    I
PESAWAT MANUSIA LAIN DI BUMI YANG LAIN
A.Pesawat UFO
1.Petunjuk Al-qur'an tentang makhluk berakal dari luar bumi
Al-Qur’an merupakan mu’jizat terbesar sepanjang masa. Pertamakali dibukukan di jaman Khalifah Abu Bakr, lalu pembukuannya disempurnakan di jaman Khalifah Umar bin Khathab. Sedangkan di jaman Khalifah Utsman mulai ditetapkan bentuk hurufnya serta diperbanyak sehingga dikenal istilah Rosam Utsmani. Ilmu tata bahasa al-Qur’an (nahwu dan sharaf) mulai diperkenalkan di jaman khalifah Ali bin Abi Thalib. Salah satu keistimewaan al-Qur’an adalah memungkinkan penafsirannya yang terus berkembang dan selalu up to date. Salah satu contohnya adalah yang terdapat di dalam surat Ar-Ra’du (13) ayat 15.
Dan hanya kepada Allah-lah sujud (patuh) “Man” yang ada di langit dan di Bumi, baik dengan kemauan sendiri (taat), ataupun terpaksa, begitupula bayang-bayangnya (ikut sujud) di pagi dan petang hari (QS 13:15). Ayat tersebut menjelaskan adanya “Man” di langit dan di Bumi. Lalu siapakah yang dimaksud “Man” di dalam ayat ini?
1. Di dalam tata bahasa al-Qur’an (arab) “Man” menunjukan makhluk yang diberi akal. Sedangkan makhluk berakal yang diciptakan Allah swt ada 4, yaitu: Malaikat, Iblis, Jin, dan Manusia. Oleh sebab itu makhluk-makhluk lain seperti binatang, tumbuhan, atau benda mati tidak bisa disebut “Man” tetapi disebut “Maa”. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia maka “Man” bermakna “Siapa” dan “Maa” bermakna “Apa”.
2. Ciri-ciri “Man” yang dimaksud di dalam ayat di atas adalah: a) Sujud dengan taat kepada Allah; b) Sujud dengan terpaksa kepada Allah; dan c) Memiliki bayang-bayang. Ayat tersebut berbunyi: Walillahi yasjudu Man fi ssamaawaati wal ardhi, jika diterjemahkan menjadi: Dan kepada Allah “Man” di langit dan di Bumi bersujud/beribadah. Itu bunyi paraghraf pertama dari ayat tersebut. Paraghraf ini menjelaskan adanya “Man” di langit dan di Bumi yang bersujud/beribadah kepada Allah. Lalu dilanjutkan dengan kalimat: Thou’an wa karhan wa dzilaluhum…., jika diterjemahkan menjadi: Taat, dan terpaksa, dan bayang- bayang mereka…… Paraghraf ini menjelaskan cirri-ciri “Man” yang dimaksud pada paraghraf pertama. Bahwa sujud/ibadahnya si “Man” yang dimaksud di atas kadang kala taat, kadang terpaksa, dan mereka memiliki bayang-bayang.3.
     Jika melihat ciri-ciri tersebut diatas maka tidak mungkin yang dimaksud “Man” di dalam ayat tersebut adalah Malaikat, karena Malaikat selalu patuh kepada Allah, tidak pernah terpaksa, dan tidak memiliki bayang-bayang. 4. Juga tidak mungkin yang maksud “Man” di dalam ayat tersebut adalah Iblis, karena Iblis tidak pernah taat kepada Allah serta tidak memiliki bayang-bayang. 5. Dan tidak mungkin pula yang dimaksud “Man” di dalam ayat tersebut adalah Jin. Walaupun ada Jin yang taat dan terpaksa, tetapi Jin tidak memiliki bayang-bayang. 6. Maka yang dimaksud dengan “Man” pada ayat tersebut adalah makhluk seperti manusia. Yaitu mahkluk yang kadang kala taat, atau terpaksa serta memiliki bayang-bayang. Oleh sebab itu, ayat tersebut menjadi petunjuk adanya makhluk berakal seperti manusia di luar planet Bumi
.
2.“Benarkah Kita Sendirian di Jagad Raya?

Ada yang bertanya “Pak ustadz, kita tahu bahwa jagad raya ini amat sangat luas, ribuan galaksi-jutaan bintang-dan mungkin milyaran planet. Jaraknya jutaan tahun cahaya membentang dari ujung ke ujung dan masih terus berkembang.”
Pertanyaanya adalah apakah hanya planet bumi yang dihuni oleh makhluk hidup ? Apakah Al-Qur’an dan hadits memberi petunjuk akan adanya kehidupan sosial selain di bumi ini?
       Allah SWT adalah Tuhan Yang Maha Mencipta. Makhluknya tak terhingga banyaknya. Sebagian dari makhkuk itu ada yang kita kenal dan ketahui, tapi begitu banyak jenis makhluk Allah lainnya yang kita tidak kenal dan tidak kita ketahui.
Apalagi bila bicara tentang alam ghaib, maka lingkup pembicaraan kita semakin luas lagi. Allah memang mewajibkan kita untuk percaya atas keberadaan makhluq ghaib sebegaimana disebutkan di dalam surat Al-Baqarah ayat 2-4.
Tentu saja bila dikaitkan dengan makhluk ghaib yang jenisnya pun beragam, adanya makhluq asing di ‘langit’ menjadi sesuatu yang bukan mustahil.
Tapi bila alien yang dimaksud adalah makhluq biologis yang cerdas, secara ekslpisit Al-Quran memang tidak menyebutkannya. Meski tidak berarti tidak ada isyarat ke arah itu sama sekali. Bila secara implisit, kita menemukan pada surat Ar-Ra’d ayat 15. Di situ terdapat kata man yang biasanya digunakan untuk makhluq yang berakal seperti manusia.
ولله من يسجد في السموات والأرض طوعا وكرها
Hanya kepada Allah-lah sujud siapa yang ada di langit dan di bumi, baik dengan kemauan sendiri ataupun terpaksa bayang-bayangnya di waktu pagi dan petang hari.
Biasanya kata man memang digunakan untuk manusia atau makhluq berakal lainnya. Tapi apakah ayat ini memang mengisyaratkan keberadaan makhluq cerdas yang ada di langit? Jawabnya masih belum pasti.
Ada beberapa riwayat yang bersifat implisit dan tidak langsung tentang adanya makhluq hidup di luar bumi.
Pertama, ketika Rasulullah SAW mi‘raj ke langit, beliau pun bertemu dengan para nabi dan rasul sebelumnya. Bahkan mereka melakukan shalat berjamaah dan beliau menjadi imamnya.
Ada juga riwayat yang shahih bahwa Rasulullah SAW bertemu dengan Nabi Musa AS dan melakukan dialog tentang kewajiban shalat.
Yang kedua, hadits-hadits shahih memberitakan kepada kita bahwa Nabi AS pada akhir zaman akan ‘turun’ kembali ke muka bumi. Beliau ini bukan dari jenis jin atau malaikat, tetapi beliau adalah manusia . Atas izin dan kehendak Allah, beliau tetap ada meski bukan di bumi.
Ketiga, para syuhada yang mati mati syahid banyak disebutkan dalam Al-Quran bahwa mereka tidak mati, bahkan mereka hidup dan mendapat rezeki.
Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati; bahkan mereka itu hidup di sisi Tuhannya dengan mendapat rezki.
Keempat, Al-Quran pun mengisyaratkan kepada manusia dan jin untuk menembus langit dan bumi.
Hai jama‘ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya melainkan dengan kekuatan.
Apakah dahulu sudah ada manusia atau jin yang telah berhasil melakukannya? Wallahu a‘lam bis-shawab. Tapi yang jelas ada indikasi tentang kehidupan di luar sana.
Sehingga bila kita telurusi hal-hal yang sifatnya implisit seperti itu, tidak tertutup kemungkinan adanya makhluk biologis, siapa pun dia, yang hidup out there. Tapi semua itu tidak bisa dijadikan patokan bahwa Islam memastikan adanya alien seperti yang sering kita lihat dalam cerita fiksi ilmiyah.

BAB    II
TUHAN MENCIPTAKAN MATAHARI DAN BUMI YANG SERUPA DENGAN MATAHARI DAN BUMI KITA
  A.Pesawatnya bernama UFO

Pertama : sementara dari Al-Qur'an berbagai macam bentuk dalil yang digunakan, kadangkala dengan menyebutkan kata " Uluww ( Tinggi ) " kadang dengan menyebutkan kata " fauqiyyah ( Diatas ) ". terkadang juga menyebutkan Menurunkan sesuatu dari-Nya. Terkadang juga menyebutkan " Naik kepada-Nya ", kadang pula " Diatas langit " …
Kata " Uluww " seperti dalam firman-Nya ; " Dan Dialah Yang Maha Tinggi dan Maha Agung " Al-Baqarah : 255. " Sucikan nama Tuhanmu Yang Maha Tinggi " Al-A'la : 1
Kata " Fauqiyyah " dalam firman : " Dan Dia Yang Maha berkuasa atas hamba-hamba-Nya " Al-An'am : 18. " Mereka takut kepada Tuhan mereka yang di atas dan melaksanakan apa yang diperintahkan ( kepada mereka ) " An-Nahl : 50
Turunnya sesuatu dari-Nya, seperti firman-Nya : " Mengatur urusan dari langit ke bumi " Sajadah : 5, " Sesungguhnya Kami ( Allah ) telah menurunkan Dzikro ( Al-Qur'an ) " Al-Hijr : 6 dan yang semisalnya
Dan naiknya sesuatu kepada-Nya, seperti firman-Nnya : " Naik kepada-Nya kalimat yang baik dan amal sholeh serta mengangkat-Nya " Fatir : 10. seperti juga ; " Malaikat-malaikat dan Jibril naik ( menghadap ) kepada Tuhan " Al-Ma'arij : 4
Keberadaan-Nya di langit seperti dalam firman-Nya : " Apakah kamu merasa aman terhadap Allah yang di langit bahwa Dia akan menjungkir balikkan bumi bersama kamu " Al-Mulk : 16
Kedua : Sementara dalam sunnah, telah ada dari Nabi sallallahu'alaihi wasallam secara mutawatir baik dari ucapan, perbuatan maupun ketetapannya.
Diantara yang ada dari ucapan Beliau sallaallahu'alihi wasallam menyebutkan uluw ( tinggi ) dan fauqiyyah ( atas ) adalah : " Maha suci Tuhanku yang Maha Tinggi " setiap kali beliau ucapkan dalam sujudnya. Dan hadits : " Allah ada di atas Arsy "
Sementara pekerjaan beliau seperti mengangkat telunjukkan ke langit ketika beliau khutbah nan agung di hadapan manusia, yaitu ketika hari Arofah dalam haji Wada', Beliau sallallahu'alaihi wasallam bersabda : " Ketahuilah, apakah telah kusampaikan ?? mereka menjawab : " Iya, sudah ". " Ketahuilah, apakah telah kusampaikan ?, mereka menjawa : " Iya, sudah ". " Ketahuilah, apakah telah kusampaikan ? Mereka menjawab lagi : " Iya, sudah ". kemudian beliau berkata : " Ya Allah, saksikanlah " sambil memberikan isyarat telunjuknya ke langit kemudian mengarah ke orang-orang. Diantaranya juga beliau mengangkat tangan ke langit ketika berdoa sebagaimana dalam puluhan hadits. Ini menetapkan akan ketinggian dengan perbuatan.
Dan ketetapan ( taqrir ) seperti dalam hadits Jariyah ketika Nabi sallallahu'alahi wasallam bertanya kepadanya : " Dimana Allah ? Dia menjawab : " Di langit ". kemudian bertanya lagi : " Siapa aku ? ", dia menjawab : " Engkau utusan Allah. Kemudian Rasulullah sallallahu'alaihi wasallam berkata kepada tuannya : " Merdekakan dia, karena dia telah beriman "
Dia Cuma sekedar budak tidak berpendidikan sebagiamana kebanyakan para budak, masih budak belum merdeka tidak memiliki dirinya, dia tahu bahwa Tuhannya ada di langit. Sementara orang yang sesat dari bani Adam mengatakan Dia tidak ada di atas, tidak di bawah, tidak juga di kanan maupun kiri bahkan mereka mengatakan Dia ( Tuhan ) ada di mana-mana !!!
Ketiga : dalil Ijma' ( konsensus para ulama' ). Para ulama' salaf telah bersepakat Allah dengan Dzat-Nya di langit. Sebagaimana yang dinukil oleh ahli ilmu seperti Dzahabi rohimahullah dalam kitabnya (( Al-Uluw LilAlyyil Goffar )) 

Keempat : sementara dalil akal, kami katakan bahwa uluw ( tinggi ) adalah sifat yang sempurna menurut kesepakatan orang yang berakal. Kalau itu sifat sempurna, seharusnya dimiliki Allah, karena semua sifat kesempurnaan mutlah hanya milik Allah semata. Maka ia adalah tetap milik Allah.
Kelima : sementara dalil fitroh, maka tidak ada satupun yang melawan dan mengingkarinya, karena setiap orang secara fitrah mengatakan Allah ada di langit. Oleh karena itu manakala ada sesuatau yang mengagetkan atau merisaukan yang dia tidak bisa melawannya, maka dia akan menggarahkan secara langsung kepada Allah. Karena hatinya secara otomatis menghadap ke langit tidak ke arah lainnya. Bahkan yang mengherankan orang-orang yang mengingkari akan sifat uluw ( tinggi ) untuk Allah di atas makhluk-Nya tidak mengangkat tangannya ketika berdoa kecuali mengarah ke langit.
Sampai Fir'aun musuh Allah, ketika berdebat dengan Nabi Musa tentang Tuhannya dia berkata kepada menterinya Haman : " Wahai Haman, bangunkan untukku menara, siapa tahu saya bisa mencapai sebab. Sebab-sebab ke langit sehingga saya bisa melihat Tuhannya Musa ".  Pada hakekatnya Fir'aun tahu dirinya bahwa Allah benar-benar ada, sebagaimana dalam firman-Nya " Mereka mengingkarinya, akan tetapi dirinya meyakin ( adanya Tuhan ) dalam kondisi dholim dan kesombongan ".
Ini adalah dalil-dalil dari Al-Qur'an, hadits, Ijma', akal, fitroh bahkan dari ucapan ornag kafir bahwa Allah ada di atas langit. Kami memohon kepada Allah hidayah menuju kebenaran.

      Benda itu diduga obyek terbang tak dikenal (UFO) yang biasanya oleh orang awam diidentikkan sebagai kendaraan alien.
Wujud benda itu mirip tangki air, sepenuhnya terbuat dari unsur titanium murni! Benda tersebut memiliki lebar dua meter, dan berat sebesar 200 kilogram, seperti dilansir harian the Daily Mail, Rabu (21/3/2012).

Ini lah potongan gambar dari stasiun televisi lokal Rusia yang merekam bongkahan titanium misterius yang diduga UFO di desa terpencil Siberia, Rusia. (the Daily Mail)
Bongkahan besi yang diduga UFO ini ditemukan akhir pekan sebelumnya oleh Sergey Bobrov saat jalan-jalan di suatu kawasan hutan.
Dia mengaku sejak tiga bulan terakhir, warga sekitar memang sering mendengar suara-suara aneh dari hutan.
Namun firasat buruk mereka baru terbukti nyata setelah UFO ini akhirnya ditemukan dan dibawa beramai-ramai ke desa. Bobrov yakin benda itu jatuh dari langit.
Dia langsung melapor ke polisi setempat. Tak disangka, temuannya langsung direspon oleh Pemerintah pusat di Ibu Kota Moskow.
Lembaga antariksa Rusia, Roscosmos, segera mengirim beberapa peneliti dan tentara yang mengecek level radiasi di sekitar bongkahan metal itu.

UFO yang jatuh disebuah desa di Siberia ini berbahan Titanium murni
Pakar yang datang ke lokasi yakin benda itu bukan satelit atau peralatan militer Rusia. Tidak ada pula tanda-tanda radiasi yang terpancar dari besi besar itu.
Sempat muncul spekulasi bahwa benda itu adalah pecahan roket yang diluncurkan dari Kazakhstan.
Teori itu dibantah Kepala Departemen Pertahanan Distrik Kuibyshevski Valery Vasiliev. Dia menyatakan Rusia tidak pernah membikin senjata yang terbuat dari titanium murni.
Saat semua orang masih kebingungan, Bobrov dan beberapa warga mengabari media Rusia, UFO yang bikin heboh itu diangkut polisi diam-diam Senin 26/3/2012 lalu.
Pihak kepolisian setempat juga membenarkan laporan pengangkutan terhadap benda tak dikenal itu dengan alasan “ada perintah dari pihak berwenang”.
Tapi tidak dijelaskan apa dan darimana lembaga yang menyuruh mereka mengamankan benda itu. Berita mengenai ditemukannya objek dari titanium murni ini sangat dirahasiakan, bahkan tak banyak yang memberitakannya.
Kondisi serta lokasi kejadian yang berada di suatu desa terpencil yang sekelilingnya masih banyak hutan dan bersalju serta berada di wilayah Siberia ini juga menjadi salah satu penyebab berita ini tak terdengar di banyak media.
Karena belum ada penjelasan resmi dari pemerintah Russia yang juga kebingungan dengan asal benda tersebut, maka bisa jadi benda itu akan menjadi rahasia negara tertinggi atau top secret!  (Daily Mail / icc.wp.com)
Fallen UFO  in Russia
UFO sighting over Russia, March 2012
Artikel Lainnya:

3 comments:

  1. kalau menurut hemat saya, yg dkmaksud man samawat (man yg dilangit) itu adalah nabi isa. jika man yg di langit itu manusia modern seperti kita, maka mereka harusnya juga mendapat pedoman hidup berupa Al quran. sementara Dalam Al-Quran terdapat 11 ayat yang menyatakan bahwa Al-Quran diturunkan dengan bahasa Arab, yakni dalam surat Yusuf : 2 ; Ar-Ra’du : 37; An-Nahl : 103; Thaha : 103; Asy-Syu’ara : 195; Az-Zumar : 28; Fushshilat : 3 & 44; Asy-Syura : 7; Az-Zukhruf : 3; Al-Ahqaf : 12.
    Surat Yusuf : 2

    berarti pertanyaan berikutnya adalah, apakah man yg dilangit (selain nabi isa) mempelajari bahasa arab?

    ReplyDelete
  2. didunia ini sebentar, makanya segala sesuatu menjadi tidak menarik. Yang menarik ya melakukan sesuatu yang bisa dipakai di akhirat

    ReplyDelete
  3. DAFTAR DIRI ANDA JADI PEMENANG BERIKUTNYA
    Dari : Samul Ridwan Singapure: Terima kasih Mbah Agus Darma Nomer GHOIB Dari Mbah Benar-benar Tembus 8445 100% gol. saya sangat berterima kasih pada Mbah Agus Darma..Kini saya bisa Melunasi Hutang-hutang saya dan saya udah bisa buka usaha kecil-kecilan..Berkat usaha angka Ritual Ghoib dari Mbah Agus Darma..Bagi Anda yang udah menemukan Blog Mbah Agus Darma..sangatlah beruntung bagi Anda..Jika Anda menginginkan seperti saya silahkan Anda Call/sms di : 0823-8738-4409 Terima Kasih Mbah Agus Darma..Moga2 Succes selalu Buat Mbah Agus Darma..!!!!
    Dari : Ibu Ayu Timur Leste " Terima Kasih yang amat dalam kepada Mbah Agus Darma…karena Angka Ghoib dari anda 100% gol..9323 Mantap…sekarang saya bisa bernapas lega mbah …Karena udah bisa melunasi hutang saya yang kalah karena main togel…Dan Moga2 Besok gol lagi Mbah..dan saya beli paket 4D lagi..!!! biar Bisa buat buka Usaha Mbah..Mohon Bantuan Angka Ritual Ghoib nya…Dan saya hanya bisa berpesan kepada siapa saja..jangan ragu-ragu untuk menjadi Member Mbah Agus Darma…Di Jamin Angka Ghoib Tembus 100%…Salam Succes
    Dari : Agus Wijaya Malaysi Tawu : Terima kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada Mbah Agus Darma…Berkat Angka Ghoib dari mbah…Semua hutan-hutang saya bisa terlunasi…angka ghoib dari Mbah Agus Darma benar jitu 100%, bagi anda yang kesulitan mencari angka ritual ghoib…bergabung aja dengan Mbah Agus Darma udah terbukti TokCer…Benar-benar Tembus 4 Angka…Terima Kasih Mbah Agus Darma…Succes Selalu Buat Mbah Agus Darma…salam kenal Buat teman yang suka nomor togel
    Dari : Ibu Ramlah Kalimatan " Mantep Banget Angka Ritual Ghoib anda Mbah Agus Darma…Kalau Tidak Ada Bantuan Angka Ritual Dari Mbah…Enggak Tau Nasib saya seperti apa…soalnya Udah banyak Dukun Togel yang saya mintai Angka Jitu.tapi tidak ada satupun yang berhasil…akhirnya saya menemukan Blog anda..dan kami akhirnya Coba-coba untuk bergabung…Walhasil angka ritual Mbah Agus Darma Benar-benar bikin saya Terkagum./ benar-benar Tembus 100%…kini hidup saya udah gak lagi di kejar-kejar Hutang…semua hutang udah kami lunasi berkat bantuan angka ritual Ghoib dari Mbah Agus Darma…sekali lagi kami sekeluarga mengucapkan terima kasih yang amat dalam kepada Mbah Agus Darma yang udah mengubah hidup keluarga kami…Salam Bahagia
    Dari : Ibu Uali Nunukan : Terima Kasih Mbah Agus Darma Darma semua yang anda berikan kepada saya…Angka Ritual Ghoib Eyang Benar-benar Tembus 100%…mohon ma’af mbah ini pengalaman saya …waktu itu pernah saya meminta bantuan kepada seseorang yg mengaku pintar meramu angka toto…dan saya harus bayar untuk mendapatkan angkanya…sampai2 saya hutang sana , hutang sini…tapi apa yg terjadi…angka yg saya terima tadi gak ada yang keluar…maspus dalam hati kecil saya..gmn saya harus bayar utang yang terlanjur menumpuk…hingga akhirnya saya di kasih info teman untuk mencoba menjadi Member di Mbah Agus Darma…Alhasil Angka Ritual Ghoib yang mbah kirim ternyata Jitu 100%..dan akhirnya terbayar sudah hutang2 saya….ini hanya sekedar pengalaman saya…untuk yang mau mencoba angka ghoib dari Mbah Agus Darma..tidak usah ragu-ragu…karena saya udah merasakannya…terima kasih Mbah Agus Darma…Salam Bahagia….!!!
    Dari : Sutiawan Timur Leste : Terima kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada Mbah Agus Darma yang telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau saya sekarang udah hidup tenang..sudah tidak di kejar-kejar hutang…Kami di berikan Angka Ritual Ghoib Dari Mbah Agus Darma yang sangat Jitu 100%…hingga kami sekarang merasa tenang lagi…terima kasih Mbah Agus Darma…Jika Anda ada merasa kesulitan masalah Nomer Toto silahkan Tanyakan Aja Pada Mbah Agus Darma…pasti anda akan merasakan apa yg selama ini kami rasakan…Salam Bahagia dan Succes

    ReplyDelete

Komentar Facebook