Tuesday, April 23, 2013

MEROKOK MENG-HP SAMBIL MENYUPIR, MSYA'ALLAH BESAR BAHAYANYA



KATA PENGANTAR

SAMBIL MENYUPIR, MENG-HP, DAN MEROKOK
NAFSU MENCANDU SUDAH JADI, MASALAH POKOK
KETIKA DITEGUR, MEREKA BEROLOK-OLOK
SEHARUSNYA LURUS, MALAH BERKELOK
        
         Tulisan ini dibuat ketika  penulis mengikuti  acara manasik haji di Bimbingan Arafah Labuh Baru Pekanbaru Riau 20 April 2013.  Beberapa calon haji kelihatan sangat asyik merokok sambil menyupir. Dalam hati penulis mengatakan “Hai itu berbahaya”. Kemudian pulang ke rumah di Jalan Jenderal, Gg Ramadan, langsung membuka internet, ah ketemu pula sebuah video pendek muncul di You Tube, langsung menyentak. Video berdurasi 3.29 detik dengan judul ‘Anak Kecil Berbicara Kotor Dan Merokok! Dari Surabaya!’ itu memperlihatkan seorang bocah sedang merokok dan berbicara kotor.
Gayanya merokok menunjukkan betapa ia sudah sangat terbiasa melakukannya. Dengan mulut yang dimonyongkan, balita berinisial SW (4 tahun) ini membentuk asap menjadi cincin-cincin kecil. Ia juga dengan bahasa yang sangat lugas menyebut (maaf) alat kelamin perempuan dan laki-laki.
Perilaku ini ternyata bukan tak diketahui orangtua SW. Mulud (40), ayah SW, mengaku kewalahan dengan perilaku SW. Semula ia berencana memasukkan SW ke sekolah, dengan harapan dapat merubah kebiasaan-kebiasaan buruk itu. “Namun dia tidak mau bersekolah. Katanya malas, mending ngene jadi preman (enak begini jadi preman – red). Sering pula dia bilang mau jadi maling,” ujar Mulud di rumah rumpangannya Jalan Nusakambangan, Kota Malang, Rabu (31/3).

         Sejak beberapa waktu lalu, Mulud dan anaknya memang menumpang di rumah Sinyo (24), temannya yang bekerja sebagai pengantar barang. Mulud sendiri pekerja bangunan serabutan. Sinyo merasa prihatin dengan perkembangan jiwa SW. “Kalau dibiarkan bisa makin rusak. Saya dan bapaknya berharap ada yang membantu menyekolahkan, biar jadi benar ini anak. Saya pikir dia jadi begitu karena lingkungannya dulu yang rusak. Dia pernah bilang sama saya kalau ada orang yang mengajarinya merokok,” katanya.

            Tiga Kekerasan  Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (PA) Seto Mulyadi menilai, SW mengalami tiga kekerasan sekaligus.  “Sudah secara psikologis diajari sesuatu yang tidak sesuai umur, dia juga diajari sesuatu yang membahayakan kesehatannya yaitu merokok. Yang lebih parah, dia juga mengalami kekerasan yang disebut eksploitasi anak. Saya dengar di video itu ada yang tanya-tanya, dan waktu si anak menjawab tak benar, mereka, yang bersuara dewasa, ramai-ramai tertawa. Belum lagi video itu diposting pula ke dunia maya. Orang-orang jadi ingin melihat. Ini memprihatinkan,” kata Kak Seto di Jakarta, kemarin.
Lalu siapa yang salah? Kak Seto mengaku tidak ingin menyalahkan orang tua sepenuhnya.
            Menurutnya, kondisi lingkungan tempat SW tinggal juga sangat berpengaruh. “Menyalahkan orang tua sepenuhnya tentu juga tidak bisa. Kita harus lihat apakah lingkungannya juga membiarkan atau tidak,” kata Kak Seto. Menurutnya, SW harus segera diselamatkan dan menjalani sejumlah terapi untuk mengembalikan kondisi fisik dan psikisnya.
You Tube sendiri, sejak Rabu sore telah memblokir video tersebut. Sekitar pukul 15.00 WIB, video ini berganti sebuah pemberitahuan yang berbunyi, “Video ini telah dicopot karena pelanggaran aturan penggunaan”. Selain secara jelas menampilkan seorang anak yang merokok dan berbicara cabul, ia pun tanpa sungkan memeragakan adegan hubungan intim.


BAB     I
MEROKOK MENG-HP  MENYABU SAMBIL  NYUPIR

Nyupir Sambil Mabok] Drunk, Driving, en Fly Driving, Pengakuan eks Junkie!

http://admax.effectivemeasure.net/emnb_1_.gif

Brayski, sobi and sista, kali ini gue dirudung duka.

Duka yang dalem, atas meninggalnya 10 orang ( termasuk bayi yang di kandungan ibunya) gara gara ulah geblek satu en beberapa geng die laennya. Emang, kalo’ kite kembaliin, ajal itu ditangan Tuhan. Uda’ mutlak, ga’ ada tawar menawarnya. Tapi kejadian ini, murni keteledoran ato kebodohan sseorang yang ga’ ssue akibatnya. Orang laen yang bener bener keilangan.
         Buat yang enggak ngerti, gue akan bikin pengakuan, seperti apa sih benernya orang kalo lagi giting, tinggi, mabok, kobam, gits dan istilah laennya kalo pas bawa mobil. Ga’ sombong dan sebenernye justru gue malu, gue uda nyoba hampir semuanya. Ya, gue emang mantan junkie, alias pemadat alias pecandu. Dan gue akan coba ngebahas ’sisi laen’ dari tragedi ini dari yang gue tau. Lagi lagi, ini sekedar sharing, yang ada hubungannye dengan nyetir :

1. Ganja/Gele/Nyimeng/Rakab/Baks/Dadut/Cumi : Mata elo berat, badan rada lemes ( tergantung kondisi orang), reflek elo berkurang. Positifnye, elo kagak agresif bawaannya, en cenderung rada tenang tapi halusinasi dikit. Ada yang bawaannya parno, jadi elo gak bakalan kenceng bawa mobil/motornya.Negatifnya, elo sangad bloon en yang jelas banyak kikuknye ngebawa mobil/motor. Termasuk yang sejenis die : hashish, buddha stick dan skunk.

2. Alkohol : Termasuk sangad bahaya buat bawa mobil. Elo agresif, jadi berani ngambil yang tipis tipis, jelas pandangan elo ga’ bagus bagus amad ( tergantung berapa banyak elo mokinnye), tapi elo pede bin songong. Ngerasanya elo paling bisa aja bawa mobil/motor. Salib sana sini, srudak sruduk, en yang jelas pasti kaki elo berat di pedal gas, alias ngebut. BAHAYA. Dibeberapa kasus yang gue tau, si driver sampe’ merem dan die ga’ nyadar akan itu !

3. Heroin/ Putaw : Jujur aja, gue jarang ngeliat orang yang abis wakap, nyipek ( nyuntik) ato ngedrag (pake gulungan kertas ame foil; dibakar) heroin ato putaw jalan jalan, apalagi bawa mobil. Yang lagi wakas sekalipun biasanya ‘cuman’ make’ sebates ngilangin rasa sakit doang, abis itu jalan balik ke tempat dimana dia biasa wakap atau make dan teler seteler telernya disana. Mereka kaga’ doyan jalan jalan. Reaksi pas nyetir/bawa motor ? Badan kerasa lemes, tenang tapi bawaannya males. Yang bahayanya lagi, elo biasanya kagak ada konsentrasinya. Bisa dibilang reflek elo hampir nol. Bener bener fly. Mata udah ga’ bisa dibawa melek, itu yang bahaya.

4. Sabu /krack/Cocain : Yang ini sebenernya gak terlalu bahaya pas bawa mobil. Kecuali elo bener bener kena rabang yang emang gila. Ya, ada yang seperti itu, bikin kepala elo berat dan kenceng banget. Tapi, yang biasa, elo biasanya sih bekeringet dingin, muke udah kenceng, mata udah kaya lampu jauh alias melotot. Dan yang jelas jantung elo degdegan kenceng. Bawaan lagi nyetir : Konsen, tapi kadang halusinasi. Fisik elo seger, dan menurut pengalaman emang enak dibuat nyetir. Ga’ ada capeknya, sebatas elo make’ diranah yang wajar. JELEKNYA? Ada pasti. Pengalaman ngubas / nyabu biasanya suka kurang tidur. Badan elo ngerasa seger, padahal sebenernye itu doping. Fisik asli elo udah keok lama sebenernye. Nah, disini otak elo nipu. Badan yang uda ga’ fit diperintah supaya tetep seger. Buat yang udah berhari hari nyabu +ga’ tidur, biasanya elo akan ngerasain gejala skip, atau mendadak elo ‘ilang’. Ga nyadar beberapa menit. Ini yang amad sangad bahaya !

http://syntaxerror.web.id/wp-content/uploads/2011/08/teknik-menyetir-mobil.jpg

5. Boat/Obat/Pil/Obat Daftar G : Macem Dumolit, Rohypnol, Somadril, Lexotan ato yang laen : Sedikit, bikin elo tenang. Banyak, bikin elo ngeblank alias ga’ inget apa apa. Asli, gue pernah nyetir Jakarta-Bandung dan gue sama sekali ga’ inget kalo gue nyetir. Gue ga’ bisa cerita banyak tentang ini, karena gue bener bener ga’ inget. Kesimpulan : Kalo elo ga’ bisa inget apa yang uda elo perbuat, gimana deh elo tarik kesimpulan sendiri !

6. Inek/Ekstasi/X/Pil Gedhek/ Happy 5 : Yang ini emang ga’ gue kategoriin jadi satu ama sabu. Karena emang efek mereka beda. Yang belom tau ato belum nyoba pasti mikirnye yang satu ini dengan sabu efeknya sama. Ga’ juga. Inek emang pil setan yang bisa bikin elo ngerasa bener bener happy. Bener bener enak. Tapi tunggu dulu, bawaan elo di tempat yang banyak musik n di mobil/motor jelas sangad beda ! Halusinasi, nafas +jantung elo ga’ kekontrol. Agresif total bin ngawur, itu bawaan elo kalo nyetir. Mata bawaannya mo merem terus, kalo kaga’ merem elo yakin pasti burem. Reflek elo sama sekali ga’ jalan. Parahnya lagi, kalo’ elo uda sampe halusinasi, bahkan paranoid. Disini elo bener bener kaya’ orang gila, karena apa yang elo liat asli ga’ sama dengan kenyataannya. Buat gue, dan beberapa rekan gue di jaman jahiliyah dulu, Inek justru yang paling bahaya buat bawa mobil !

Brayski, sobi and sista. Gue bukan manfaatin momen tragedi ini buat narsis, yang justru ngebongkar borok gue sendiri. Gue sharing, apa yang gue tau dengan harapan elo JANGAN pada masuk ke area gelap itu. Buat yang masih pada make’ dan kebetulan baca, gue kasih satu kunci, sekedar yang gue tau : Jangan pada belagak ngerti ato songong bahwa elo masih bisa bawa mobil dan yang laennya. Tinggalin mobil, dan lebih penting lagi, tinggalin narkoba.
Gak ada itu namanya sakaw, wakas atau sakit gara gara nyandu.


          Katanya  begini "Elo berani ngerasain enaknya, ya elo juga yang kudu berani ngerasain sakitnya. Alhamdulillah, gue bisa lepas, dan gue mo’ ngajakin elo elo pade yang masih bekutat di rabang begituan : Tinggalin. Apabila elo masih make’ dan belom bisa ninggalin, gue cuman pesen satu sama elo : hargai nyawa orang laen. Bukan , bukan elo-nya yang kudu dihargain ato’ diperhatiin, karena elo bertanggung jawab atas diri elo sendiri. Dan juga diri orang laen. "

        Masih mending kalo elo sendiri yang mokat, karena emang elo yang kudu bertanggung jawab atas diri elo sendiri, dan perbuatan elo. Walaupun, dibalik itu tetep aja ada sodara, temen, dan keluarga yang uda pasti nangisin elo . Elo, gue sih enak kalo tinggal mati. Nah yang ditinggal? Tinggalin sikap egois elo,bray. Masih lebih mending lagi kalo’ elo, gue masuk penjara. Mudah mudahan keluar jadi pada kapok.


Hari Minggu kemaren, 22 Januari 2012 , kita berkabung. Sepuluh orang meninggal gara gara ulah kita. Berkabung, karena orang macem gue, elo dan yang laen di luaran sana masih pada berani maenin nyawa elo sendiri, dan yang jelas juga nyawa orang laen. Cukup ini jadi peringatan, diluar ribuan peringatan laen diluaran sana yang udah banyak contoh kasusnya. Cukup.

Janji sama diri elo sendiri, brayski, sobi dan sista, bahwa kita akan bawa Indonesia ke tempat yang lebih baek. Isi ama kegiatan yang bener. Dan ini bukan berlaku buat yang muda aja. Banyak kasus, terutama sabu, minum dan inek yang gue temuin justru dari orang orang yang usianya udah mapan ! Badungnya telat, masih banyak juga disini. Cukup, buat narkoba. Dan buat elo yang lagi pade getol getolnya promosiin manfaat ganja, ato ngerasa bahwa narkoba itu ga’ ada bahayanya, gue pengen tau. Berani ga’ elo pada datengin keluarga korban satu satu, dan coba jelasin manfaat ganja ke mereka. Gue pengen liat apa keyakinan elo disini.

Sekali lagi, dari hati gue yang paling dalem, gue minta maaf dan sangad menyesal uda pernah jadi bagian dari keidupan itu. Semoga para pelaku dihukum dengan hukuman yang seberat beratnya. Karena sebenernya mereka sadar uda’ melakukan hal itu semua.

Dan yang terpenting, bela sungkawa dan duka gue sedalem dalemnya untuk para korban kecelakaan Tugu Tani, dan semoga keluarga yang ditinggalin diberi kekuatan iman. Amien Ya Robbal Alamien.


BAB     II
PESANTREN KILAT KHUSUS ANTISIPASI
ROKOK DAN SABU

A.Jidat hitam Bukan  satu-satunya tanda keshalihan

          Sampaikan kepada generasimuda, bagaimana taatnya Ahmedi Nejad, presiden Iran. Bagaimana Hoegeng Iman Santoso mantan Kapolri yang bahagia hidup dalam keadaan miskin. Kemudian katakan kepada generasi muda itu, rokok dan narkoba itu hukumnya haram. Berikut ini dari kota Pekanbaru Riau, penulis datang ke Kuala Lumpur Malayasia, sengaja membaca sebuah buku tentang hasil  Muzakarah Jawatankuasa Fatwa Majlis Kebangsaan Bagi Hal Ehwal Ugama Islam Malaysia Kali Ke-37 yang bersidang pada 23 Mac 1995 telah membincangkan Hukum Merokok Dari Pandangan Islam. Muzakarah telah memutuskan bahawa merokok adalah haram dari pandangan Islam kerana padanya terdapat kemudharatan.

Keterangan/Hujah: 

1.  Keputusan yang telah diputuskan oleh Muzakarah Jawatankuasa Fatwa Majlis Kebangsaan Bagi Hal Ehwal Ugama Islam Malaysia tersebut adalah bersandarkan kepada hujah-hujah berikut:

i. Rokok mengandungi pelbagai jenis racun. Fakta daripada kajian-kajian perubatan telah membuktikan bahawa setiap batang rokok mengandungi 6-8 mg. nikotian dan pelbagai bahan kimia lain. Setiap sedutan asap rokok sebenarnya kita telah menghidu sebanyak 4,000 jenis bahan kimia yang boleh memudharatkan badan.

ii. Ketagihan tembakau bukan hanya menimbulkan masalah kepada perokok, malah ia berada di tempat keempat dalam senarai faktor risiko bagi penyakit serius yang menular di seluruh dunia. Tabiat merokok dikaitkan dengan risiko barah, penyakit jantung dan masalah pernafasan. Terdapat beberapa jenis penyakit yang berpunca dari merokok, antaranya ialah kanser kerongkong, kanser mulut, katarak (sejenis kerosakan mata yang menyebabkan kanta mata berselaput dan rabun), ulser perut, penyakit jantung, strok, penyakit paru-paru, emfisema paru-paru dan banyak lagi.

iii. Pada masa kini jumlah perokok sama ada di negara maju atau negara membangun masih begitu besar, walaupun berbagai usaha telah dibuat oleh Kerajaan serta badan-badan sukarela bagi menyedarkan orang ramai tentang bahayanya merokok kepada orang ramai. Di Malaysia, merokok menyumbang kepada lebih 10,000 kematian setahun; 30% daripadanya disebabkan 10 jenis kanser, iaitu paru-paru, mulut, esophagus, tekak, pankreas, pundi kencing, buah pinggang, serviks, kolon dan perut. Sebanyak 50% kematian berpunca daripada sakit jantung dan strok. Kerajaan telah membelanjakan banyak wang untuk merawat berbagai jenis penyakit yang dikaitkan dengan tabiat merokok dan negara juga mengalami kerugian kira-kira RM 20 billion setahun bagi menanggung kos rawatan dan kehilangan produktiviti.

iv. Imam al-Syafi’e telah mengeluarkan fatwa dalam kitabnya yang masyhur al-Umm iaitu:” Jika mereka mengambil (sesuatu makanan, minuman atau sesuatu yang dihisap, dihidu dan disedut) yang boleh memabukkan, maka perbuatan itu adalah jelas haram. (Termasuklah) yang mengandungi racun yang menyebabkan kematian. Aku tetap menganggap (menfatwakan) ia adalah haram. Allah swt mengharamkan (apapun jenis) pembunuhan kerana pembunuh bermakna membunuh diri sendiri”.

v. Para ulama’ sepakat menyatakan bahawa merokok hukumnya haram kerana ianya jelas memudharatkan kesihatan, membazir dan mensia-siakan harta serta dikategorikan sebagai satu perkara keji, berdasarkan nas-nas berikut:

a. Firman Allah swt dalam Surah al-Baqarah, ayat 195 yang bermaksud: “Dan janganlah kamu sengaja mencampakkan diri kamu ke dalam bahaya kebinasaan”.

b. Firman Allah swt dalam Surah al-A’raf ayat 157 yang bermaksud; “ Dan ia menghalalkan bagi mereka segala benda yang baik dan mengharamkan kepada mereka segala benda yang buruk”.

c. Sabda Rasulullah s.a.w yang bermaksud: “ Tidak boleh memberi mudharat dan membalas dengan kemudharatan”. (Hadith riwayat Ahmad, Malik, Ibn Majah dan al-Daraqutni)

d. Kaedah Usul Fiqh:

 درء المفاسد مقدم على جلب المصالح 

 yang bermaksud “ menolak kerosakan adalah didahulukan daripada mencari kemaslahatan”

e. Imam Ibn. Hazm dalam kitabnya al-Muhalla, jilid 7, halaman 503 (masalah no. 1027) menegaskan bahawa : “Pemborosan adalah haram”. Yang dimaksudkan dengan pemborosan di sini ialah:

i. Membelanjakan wang untuk perkara yang diharamkan oleh Allah swt, samada banyak atau sedikit, walaupun sebesar sayap nyamuk sekalipun.

ii. Pembaziran yang tidak ada keperluannya.

iii. Membuang wang, betapa kecilpun jumlahnya kerana dengan membuang tanpa tujuan itu menjadikannya sia-sia.

vi. Beberapa negara Islam dan beberapa ulama’ muktabar telah mengeluarkan fatwa tentang amalan merokok.

Antaranya seperti berikut:

a. Kerajaan Arab Saudi mengeluarkan fatwa bahawa merokok, menanam tembakau dan memperniagakannya adalah hukumnya haram kerana daripadanya terdapat kemudharatan.

b. Ulama’-ulama’ semasa Mesir seperti Dr. Abdul Jalil Shalaby mengatakan merokok adalah haram kerana ia boleh mendatangkan kemudharatan kepada kesihatan masyarakat.

c. Al Imam Abdul Halim Mahmud dalam kitabnya “Fatawa al-Imam Abdul Halim Mahmud” telah memberi fatwa merokok hukumnya makruh jika ia tidak mendatangkan kemudharatan kepada kesihatan. Sebaliknya adalah haram jika ia mendatangkan kemudharatan kepada kesihatan.

2. Hukum pengharaman arak dan khinzir tidak boleh disamakan dengan hukum haram merokok kerana hukum pengharaman terhadap arak dan khinzir telah dinyatakan secara jelas dan qat’ie oleh Allah swt dalam kitab suci al-Quran. Manakala hukum pengharaman terhadap perbuatan merokok telah diistinbatkan oleh para jumhur ulama’ terdahulu dan masa kini bersandarkan hujah-hujah kepada nas-nas syarak yang jelas dinyatakan seperti al-Quran, al-Hadith, Ijma’ Ulama’, Qaedah-qaedah Fiqhiyah dan sebagainya. Ayat-ayat al-Quran dan hadith seperti yang dinyatakan di atas jelas telah memperincikan isu ini.

3. Al-Syeikh Hasanain Muhammad Makhluf, bekas Mufti Mesir dalam Kitabnya Fatawa Syariyyah Wa Buhuth Islamiyah menyatakan:

“ Sesungguhnya tumbuhan (tembakau) ini dahulunya belum dikenali. Apabila ia diperkenal dan digunakan oleh manusia untuk merokok, maka ulama’-ulama’ fiqh daripada pelbagai mazhab Islam telah membincangkannya untuk menetapkan hukumnya berdasarkan prinsip (qaedah fiqhiyyah) yang telah ditetapkan.”

“Sesungguhnya berdasarkan hukum asal sesuatu itu harus. Tidak akan terkeluar daripada prinsip asal melainkan adanya perkara-perkara yang mengubah hukumnya menjadi haram atau sebagainya.”

Dalam isu merokok ini, sebab yang menjadikannya haram ialah kesan mudharat dan bahayanya sehingga meruntuhkan lima asas utama (al-Kulliyatul Khams) yang wajib dipelihara oleh setiap manusia iaitu agama, jiwa, maruah keturunan, akal dan juga harta.
 

http://admax.effectivemeasure.net/emnb_1_.gif



http://i1164.photobucket.com/albums/q579/rampex/shalat2.jpg

        Dewasa ini banyak orang mengukur keshalihan seseorang dari ketebalan kapal hitam yang ada dijidatnya, semakin hitam dan tebal jidat seseorang maka semakin dia dianggap sebagai orang yang ahli ibadah dan ahli sujud. Hal ini berdasarkan pemahaman sempit mereka terhadap ayat yang berbunyi :

مُحَمَّدٌ
رَسُولُ اللَّهِ وَالَّذِينَ
مَعَهُ أَشِدَّاءُ عَلَى الْكُفَّارِ رُحَمَاءُ بَيْنَهُمْ تَرَاهُمْ رُكَّعًا سُجَّدًا يَبْتَغُونَ فَضْلًا مِنَ اللَّهِ وَرِضْوَانًا سِيمَاهُمْ فِي وُجُوهِهِمْ مِنْ أَثَرِ السُّجُودِ

Artinya,
“Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan Dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka. kamu Lihat mereka ruku’ dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud” (QS al Fath:29).Banyak orang yang tidak mengetahui makna ayat ini dengan baik, sehingga mereka menafsirkan ayat di atas dengan pemahaman yang keliru. Dan anehnya pemahaman yang salah itu diklaim sebagai pendapat yang paling benar. Mereka menyangka bahwa maksud dari bekas sujud itu adalah tanda hitam di dahi karena sujud, bahkan ada sebagian dari mereka yang mencemooh seorang ulama’ sholih hanya karena jidatnya tidak hitam maka dianggap ulama yang yang tidak sholih sebab jidatnya seperti kaleng. Padahal bukan demikian yang dimaksudkan dari ayat tersebut.

          Pakar tafsir Imam At-Thabari meriwayatkan dengan sanad yang hasan dari Ibnu Abbas bahwa yang dimaksudkan dengan ‘tanda mereka…” adalah perilaku yang baik. Dalam sebuah riwayat lain yang beliau nukil juga dengan sanad yang kuat dari Mujahid bahwa yang dimaksudkan bekas sujud adalah kekhusyu’an. Juga diriwayatkan dengan sanad yang hasan dari Qatadah, beliau berkata, “Ciri mereka adalah shalat” (Tafsir Mukhtashar Shahih hal 546).

Sementara itu dalam Sunan Kubro karangan Imam Baihaqi diterangkanQuote:

عَنْ سَالِمٍ أَبِى النَّضْرِ قَالَ : جَاءَ رَجُلٌ إِلَى ابْنِ عُمَرَ فَسَلَّمَ عَلَيْهِ قَالَ : مَنْ أَنْتَ؟ قَالَ : أَنَا حَاضِنُكَ فُلاَنٌ. وَرَأَى بَيْنَ عَيْنَيْهِ سَجْدَةً سَوْدَاءَ فَقَالَ : مَا هَذَا الأَثَرُ بَيْنَ عَيْنَيْكَ؟ فَقَدْ صَحِبْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- وَأَبَا بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ رَضِىَ اللَّهُ عَنْهُمْ فَهَلْ تَرَى هَا هُنَا مِنْ شَىْءٍ؟

         Dari Salim Abu Nadhr, ada seorang yang datang menemui Ibnu Umar. Setelah orang tersebut mengucapkan salam, Ibnu Umar bertanya kepadanya, “Siapakah anda?”. “Aku adalah anak asuhmu”, jawab orang tersebut. Ibnu Umar melihat ada bekas sujud yang berwarna hitam di antara kedua matanya. Beliau berkata kepadanya, “Bekas apa yang ada di antara kedua matamu? Sungguh aku telah lama bershahabat dengan Rasulullah, Abu Bakr, Umar dan Utsman. Apakah kau lihat ada bekas tersebut pada dahiku?” (Riwayat Baihaqi dalam Sunan Kubro no 3698)
Dalam redaksi lain dari Ibnu Umar juga

عَنِ ابْنِ عُمَرَ : أَنَّهُ رَأَى أَثَرًا فَقَالَ : يَا عَبْدَ اللَّهِ إِنَّ صُورَةَ الرَّجُلِ وَجْهُهُ ، فَلاَ تَشِنْ صُورَتَكَ.
        
Dari Ibnu Umar, beliau melihat ada seorang yang pada dahinya terdapat bekas sujud. Ibnu Umar berkata, “Wahai hamba Allah, sesungguhnya penampilan seseorang itu terletak pada wajahnya. Janganlah kau jelekkan penampilanmu!” (Riwayat Baihaqi dalam Sunan Kubro no 3699).

عَنْ حُمَيْدٍ هُوَ ابْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ قَالَ : كُنَّا عِنْدَ السَّائِبِ بْنِ يَزِيدَ إِذْ جَاءَهُ الزُّبَيْرُ بْنُ سُهَيْلِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَوْفٍ فَقَالَ : قَدْ أَفْسَدَ وَجْهَهُ ، وَاللَّهِ مَا هِىَ سِيمَاءُ ، وَاللَّهِ لَقَدْ صَلَّيْتُ عَلَى وَجْهِى مُذْ كَذَا وَكَذَا ، مَا أَثَّرَ السُّجُودُ فِى وَجْهِى شَيْئًا.

Dari Humaid bin Abdirrahman, aku berada di dekat as Saib bin Yazid ketika seorang yang bernama az Zubair bin Suhail bin Abdirrahman bin Auf datang. Melihat kedatangannya, as Saib berkata, “Sungguh dia telah merusak wajahnya. Demi Allah bekas di dahi itu bukanlah bekas sujud. Demi Allah aku telah shalat dengan menggunakan wajahku ini selama sekian waktu lamanya namun sujud tidaklah memberi bekas sedikitpun pada wajahku” (Riwayat Baihaqi dalam Sunan Kubro no 3701).

عَنْ مَنْصُورٍ قَالَ قُلْتُ لِمُجَاهِدٍ (سِيمَاهُمْ فِى وُجُوهِهِمْ مِنْ أَثَرِ السُّجُودِ أَهُوَ أَثَرُ السُّجُودِ فِى وَجْهِ الإِنْسَانِ؟ فَقَالَ : لاَ إِنَّ أَحَدَهُمْ يَكُونُ بَيْنَ عَيْنَيْهِ مِثْلُ رُكْبَةِ الْعَنْزِ وَهُوَ كَمَا شَاءَ اللَّهُ يَعْنِى مِنَ الشَّرِّ وَلَكِنَّهُ الْخُشُوعُ.

Dari Manshur, Aku bertanya kepada Mujahid tentang maksud dari firman Allah, ‘tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud’ apakah yang dimaksudkan adalah bekas di wajah? Jawaban beliau, “Bukan, bahkan ada orang yang ‘kapal’ yang ada di antara kedua matanya itu bagaikan ‘kapal’ yang ada pada lutut onta namun dia adalah orang bejat. Tanda yang dimaksudkan adalah kekhusyu’an” (Riwayat Baihaqi dalam Sunan Kubro no 3702).

Bahkan Ahmad ash Showi mengatakan, “Bukanlah yang dimaksudkan oleh ayat tersebut adalah sebagaimana perbuatan orang-orang bodoh dan tukang riya’ yaitu tanda hitam yang ada di dahi karena hal itu adalah ciri khas khawarij ” (Hasyiah ash Shawi 4/134, Dar al Fikr). Dari al Azroq bin Qois, Syarik bin Syihab berkata, “Aku berharap bisa bertemu dengan salah seorang shahabat Muhammad yang bisa menceritakan hadits tentang Khawarij kepadaku. Suatu hari aku berjumpa dengan Abu Barzah yang berada bersama satu rombongan para shahabat. Aku berkata kepadanya, “Ceritakanlah kepadaku hadits yang kau dengar dari Rasulullah tentang Khawarij!”. Beliau berkata, “Akan kuceritakan kepada kalian suatu hadits yang didengar sendiri oleh kedua telingaku dan dilihat oleh kedua mataku. Sejumlah uang dinar diserahkan kepada Rasulullah lalu beliau membaginya. Ada seorang yang plontos kepalanya dan ada hitam-hitam bekas sujud di antara kedua matanya. Dia mengenakan dua lembar kain berwarna putih. Dia mendatangi Nabi dari arah sebelah kanan dengan harapan agar Nabi memberikan dinar kepadanya namun beliau tidak memberinya. Dia lantas berkata, “Hai Muhammad hari ini engkau tidak membagi dengan adil”. Mendengar ucapannya, Nabi marah besar. Beliau bersabda, “Demi Allah, setelah aku meninggal dunia kalian tidak akan menemukan orang yang lebih adil dibandingkan diriku”. Demikian beliau ulangi sebanyak tiga kali. Kemudian beliau bersabda,

يَخْرُجُ مِنْ قِبَلِ الْمَشْرِقِ رِجَالٌ كَانَ هَذَا مِنْهُمْ هَدْيُهُمْ هَكَذَا يَقْرَءُونَ الْقُرْآنَ لاَ يُجَاوِزُ تَرَاقِيَهُمْ يَمْرُقُونَ مِنَ الدِّينِ كَمَا يَمْرُقُ السَّهْمُ مِنَ الرَّمِيَّةِ ثُمَّ لاَ يَرْجِعُونَ فِيهِ سِيمَاهُمُ التَّحْلِيقُ لاَ يَزَالُونَ يَخْرُجُونَ

“Akan keluar dari arah timur orang-orang yang seperti itu penampilan mereka. Dia adalah bagian dari mereka. Mereka membaca al Qur’an namun alQur’an tidaklah melewati tenggorokan mereka. Mereka melesat dari agama sebagaimana anak panah melesat dari binatang sasarannya setelah menembusnya kemudia mereka tidak akan kembali kepada agama. Cirri khas mereka adalah plontos kepala. Mereka akan selalul muncul” (HR Ahmad no 19798, dengan sanad Hasan).

        Oleh karena itu, ketika kita sujud hendaknya proporsonal dan sewajarnya saja, yang penting antara lambung dan paha agak renggang serta ketiak sedikit dibuka, jangan terlalu berlebih-lebihan sehingga hampir seperti orang yang telungkup. Tindakan inilah yang sering menjadi sebab timbulnya bekas hitam di dahi, meskipun sebenarnya belum tentu orang tersebut benar-benar ahli sujud.


No comments:

Post a Comment

Komentar Facebook