Tuesday, February 4, 2014

S A P SATUAN ACARA PENATARAN...: PENDALAMAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMP-SMA Widyaiswara Penatar : Drs.Mhd.Rakib, S.H.,M.Ag



S A P
SATUAN ACARA PENATARAN

                      Materi PAI SMP-SMA
Mata Tatar                        : PENDALAMAN MATERI PENDIDIKAN  AGAMA  ISLAM    SMP-SMA
Widyaiswara Penatar       : Drs.Mhd.Rakib, S.H.,M.Ag
Standar Kompetensi         : Guru Memiliki kedalaman materi PAI di SMP-SMA
Diskripsi Mata Tataran      : Mata tataran  ini memberikan pemahaman kepada para guru agama tentang materi PAI di Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas, sekaligus mendalami tentang materi PAI yang diajarkan di SMP dan SMA, setelah penataran  ini guru PAI diharapkan dapat menguasai, mendalami, serta mempraktekkan dalam proses pembelajaran di SMP dan SMA.
Urgensi mata tatar :              Memahami, menghayati dan mendalami beberapa materi yang diajarkan di SMP dan SMA, sekaligus memberikan pemahaman yang lebih komprehensif dan mendalam tentang materi PAI serta mampu mempraktekkan dalam proses pembelajaran di SMP dan SMA.

No
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi pokok dan uraian
Pengalaman belajar
Alokasi waktu
Penilaian
Sumber
1
Memiliki kedalaman materi PAI SMP-SMA
Mahasiswa faham dan menguasai serta mampu menjelaskan bahan ajar PAI SMP-SMA
Pendalaman Materi PAI SMP/SMA
Penjelasan singkat,Diskusi, Tanya Jawab
100 Menit
Performance proyek paper, dan ters tulis
Kurikulum Dan Hasil Belajar GBPP PAI SMP Variable Pembelajaran,Buku Tajwid Terjemah Al-Qur’an Depag Buku Ajar Buku Suplemen
2
Memiliki kedalaman Konsep PAI SMP-SMA
Guru faham dan menguasai serta mampu menjelaskan Konsep PAI SMP-SMA
Konsep PAI di Sekolah
Guru  membaca, menganalisis, menulis makalah, presentasi berdiskusi
100 Menit
Performance proyek paper, dan ters tulis

3
Memiliki kedalaman materi ajar PAI SMP-SMA
Guru PAI faham dan menguasai serta mampu menjelaskan bahan ajar al Qur’an Hadis di SMP
Pendalaman Mata Pelajaran al-Quran Hadis di SMP
Guru PAI membaca, menganalisis, menulis makalah, presentasi berdiskusi
100 Menit
Performance proyek paper, dan ters tulis

4

Guru PAI faham dan menguasai serta mampu menjelaskan bahan ajar al Qur’ di SMA
Pendalaman Mata Pelajaran al-Quran Hadis di SMA
Guru PAI membaca, menganalisis, menulis makalah, presentasi berdiskusi
100 Menit
Performance proyek paper, dan ters tulis

5

Guru PAI faham dan menguasai serta mampu menjelaskan bahan ajar Akidah Akhlak PAI di SMP
Pendalaman Mata Pelajaran Akidah Akhlak di SMP
Guru PAI membaca, menganalisis, menulis makalah, presentasi berdiskusi
100 Menit
Performance proyek paper, dan ters tulis

6

Guru PAI faham dan menguasai serta mampu menjelaskan bahan ajar Akidah Akhlak di SMA
Pendalaman Mata Pelajaran Akidah Akhlak di SMA
Guru PAI membaca, menganalisis, menulis makalah, presentasi berdiskusi
100 Menit
Performance proyek paper, dan ters tulis

7

Guru PAI faham dan menguasai serta mampu menjelaskan bahan ajar Fiqih SMP
Pendalaman Mata Pelajaran Fikih di SMP
Guru PAI membaca, menganalisis, menulis makalah, presentasi berdiskusi
100 Menit
Performance proyek paper, dan ters tulis

8

Guru PAI faham dan menguasai serta mampu menjelaskan ajar Fiqih di SMA
Pendalaman Mata Pelajaran Fikih di SMA
Guru PAI membaca, menganalisis, menulis makalah, presentasi berdiskusi
100 Menit
Performance proyek paper, dan ters tulis

9

Guru PAI faham dan menguasai serta mampu menjelaskan bahan ajar Sejarah Kebudayaan Islam di SMP
Pendalaman Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di SMP
Guru PAI  membaca, menganalisis, menulis makalah, presentasi berdiskusi
100 Menit
Performance proyek paper, dan ters tulis

10

Guru PAI faham dan menguasai serta mampu menjelaskan bahan ajar Sejarah Kebudayaan Islam di SMA
Pendalaman Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di SMA
Guru PAI membaca, menganalisis, menulis makalah, presentasi berdiskusi
100 Menit
Performance proyek paper, dan ters tulis

11
Memiliki keterampilan dalam mendisain pembelajaran PAI SMP-SMA
Guru PAI memiliki kemampuan dan keterampilan dalam menyusun perangkat pembelajaran PAI serta dapat menyajikan dan mengevaluasi dengan baik dan benar
Konsep membuat silabus dan RPPAplikasi penyusunan silabus dan RPP PAI SMP-SMA
Silabus dan RPP dan mempresentasikan makalah dan berdiskusi Tanya jawab
100 Menit
Performance proyek paper, dan ters tulis

Daftar Bacaan :
  1. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS)
  2. PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
  3. Permenag No. 2 Tahun 2008 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Standar Isi (SI) Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah
  4. Supiana, Materi Pendidikan Agama Islam, Bandung: Rosdakarya, 2006.
  5. E. Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.
  6. Buku-buku Pendidikan Agama Islam untuk SD, SMP, dan SMA.
  7. Buku-buku al-Quran Hadis, Akidah Akhlak, Fikih, SKI untuk MI, MTs, dan MA/MAK
  8. Pedoman Materi PAI di Sekolah Umum, Departemen Agama RI
  9. E.Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2006.
Pekanbaru, Riau 20 Pebruari 2013
Widyaiswara LPMP Riau.
Penatar

Drs.Mhd.Rakib, S.H., M.Ag
N I P.   1959  0831  1986   011001

No comments:

Post a Comment

Komentar Facebook