Wednesday, February 5, 2014

TESIS ANTI TESIS DAN SINTESIS DRS.H. MUHAMMAD RAKIB, S.H., M.Ag



     TESIS  ANTI TESIS DAN SINTESIS


DRS.H. MUHAMMAD RAKIB,  S.H., M.Ag
Pekanbaru Riau Indonesia. 2014
0823 9038 1888

1.     Tesis adalah pemaparan sebuah kebenaran yang disertai    oleh metode penelitan dan data yang kongkrit.

2.      Sedangkan Anti-tesis adalah bantahan atas Tesis tersebut.

3.      Sintesis itu merupakan gabungan dari Tesis dan antitesis dimana awanya menjelaskan Tesis sesuatu lalu disambung dengan anti tesisnya dan di akhir dengan kesimpulan gabungan dari tesis dan anti tesis tersebut

kira kira seperti itu, TAPI masih ada jawaban lain: 

TESIS merupakan kesimpulan atas sebuah hasil riset ilmiah yang didasari atas bukti-buti dan pemikiran logis.
ANTITESIS adalah hasil sebuah riset ilmiah yang menggambarkan keterbaikan atau sangkalan atas tesis yang yang ada sebelumnya dengan maksud menuluruhkan tesis itu.

sintesis merupakan jawaban atau kesimpulan atas pertentangan yang dibuat antara tesis dan antitesis sehingga menjadi satu hal utuh yang merupakan hasil ilmiah yang baru.

contoh : tesis "diyakini bumi itu bulat dan merupakan pusat tata surya", anti tesis "matahari merupakan pusat tata surya, bukan bumi", dan menghasilkan sintesis "bumi itu bulat dan bukan pusat tata surya, melainkan pusat tata surya adalah matahari"

Tesis misalnya   setiap memukul anak, melanggar HAM. Tapi memkul tanpa emosi, tanpa bekas, tidak melanggar HAM.  Tidak semua jenis memukul, yang melanggar HAM..

NB : sebuah sintesis adalah merupakan tesis baru, bila nantinya ada yang membantahnya lagi dengan sintesis ilmiahnya…

Perbedaan Skripsi, Tesis dan Disertasi secara Sederhana

            Skripsi dijadikan syarat kelulusan di program S-1  dengan maksud memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menunjukkan bahwa dia dapat menerapkan langkah-langkah pendekatan ilmiah untuk memperoleh pengetahuan dan melaporkannya secara tertulis.  Biasanya, dalam skripsi tidak dituntut adanya sintesis baru atau penemuan baru.Thesis dijadikan syarat kelulusan di program S-2 dengan maksud memberikan kesempatan kepda mahasiswa untuk menunjukkan bahwa dia dapat mebuat suatu sintesis baru atau penerapan pengetahuan yang sudah ada, dan melaporkannya secara tertulis.Disertasi dijadikan syarat kelulusan di program S-3 dengan maksud memberikan kesempatan kepda mahasiswa untuk menunjukkana bahwa dia memahami (mengikuti) perkembangan mutakhir pengetahuan ilmiah di bidang ilmunya  dan memberikan sumbangan pada perkembangan ilmu itu melalui penemuan baru yang orisinal yang dilaporkannya secara tertulis (http://www.pendidikanislam.net/index.php/untuk-siswa-a-mahasiswa/40-penelitian/60-skripsi-apakah-itu).
Pada dasarnya skripsi mahasiswa S1 merupakan ajang latihan bagi mahasiswa untuk melakukan penelitian secara obyektif. Oleh karena baru pertama sekali meneliti maka mahasiswa S1 ini sangat membutuhkan bimbingan dosen agar tidak melakukan kesalahan fatal yang menyebabkan mereka harus mengulang. Tesis S2 merupakan ajang peningkatan kemampuan mahasiswa dalam meneliti dan diharapkan mahasiswa sudah mampu meneliti dengan bimbingan yang minimal dari dosen. Desertasi S3 merupakan pembuktian kemampuan mahasiswa S3 dalam meneliti secara mandiri.
Secara sederhana, skripsi itu menjawab apa, tesis menjawab apa dan mengapa, Dan disertasi itu menjawab apa, mengapa dan bagaimana. Contoh tentang penelitian daun katuk dalam menurunkan kolesterol telur. Skripsi hanya menjawab pertanyaan apakah daun katuk menurunkan kolesterol telur? Tesis itu menjawab dua pertanyaan, yaitu a) apakah daun katuk menurunkan kolesterol telur dan; b) mengapa daun katuk menurunkan kolesterol. Disertasi menjawab 3 pertanyaan, yaitu: a) apakah daun katuk menurunkan kolesterol telur?; b) mengapa daun katuk menurunkan kolesterol telur? Dan; c) bagaimana cara (mekanisme) daun katuk menurunkan kolesterol telur?
Seringkali dosen pembimbing lupa akan hal tersebut, sehingga sering meminta mahasiswa meneliti lebih dari seharusnya. Apa alasannya? Pertama, mungkin dikarenakan ketidaktahuannya dan pengalamannya sebagai mahasiswa dulu juga seperti itu. Sebagai contoh, dosen pembimbing meminta mahasiswa S1 untuk menjawab selain apa juga mengapa. Kedua, dosen pembimbing sudah tahu hal ini tetapi dikarenakan ia menginginkan data penelitian lebih, maka ia memaksakannya pada mahasiswa bimbingannya. Mungkin sang dosen bermaksud data tersebut akan dipublikasikan dimana ia sebagai penulis utamanya. Mungkin juga dosen mempunyai alasan yang lain.
Apapun alasannya, sesungguhnya dosen tidak dibenarkan untuk memaksa mahasiswa di luar ketentuan atau kesepakatan yang berlaku. Jika menginginkan data yang lebih akurat dan lebih banyak untuk menjawab permasalahan yang ada, maka sebaiknya dosen membuat proposal penelitian sendiri dan mengajukannya ke Dikti atau ke penyandang dana lainnya. Ia harus berkompetisi untuk memperoleh dana penelitian.
Tabel 1.  Perbedaan Umum antara Skripsi, Tesis dan Disertasi
No
Aspek
Skripsi
Tesis
Disertasi
1
Jenjang
S1
S2
S3 (tertinggi)
2
Permasalahan
Dapat diangkat dari pengalaman empirik, tidak mendalam
Diangkat dari pengalaman empirik, dan teoritik, bersifat  mendalam
Diangkat dari kajian teoritik yang didukung fakta empirik, bersifat sangat mendalam
3
Kemandirian penulis
60% peran penulis, 40% pembimbing
80% peran penulis, 20% pembimbing
90% peran penulis, 10% pembimbing
4
Bobot Ilmiah
Rendah – sedang
Sedang – tinggi.  Pendalaman / pengembangan terhadap teori dan penelitian yang ada
Tinggi, Tertinggi dibidang akademik.   Diwajibkan mencari terobosan dan teori baru dalam bidang ilmu pengetahuan
5
Pemaparan
Dominan deskriptif
Deskriptif dan Analitis
Dominan analitis
6
Model Analisis
Rendah – sedang
Sedang – tinggi
Tinggi
7
Jumlah rumusan masalah
Sekitar 1-2
Minimal 3
Lebih dari 3
8
Metode / Uji statistik
Biasanya  memakai uji Kualitatif / Uji deskriptif, Uji statistik parametrik (uji 1 pihak, 2 pihak), atau Statistik non parametrik (test binomial, Chi kuadrat, run test), uji hipotesis komparatif, uji hipotesis asosiatif, Korelasi, Regresi, Uji beda, Uji Chi Square, dll
Biasanya memakai uji Kualitatif  lanjut  /  regresi ganda, atau korelasi ganda, mulitivariate, multivariate lanjutan (regresi dummy, data panel, persamaan simultan, regresi logistic, Log linier analisis,  ekonometrika static & dinamik, time series ekonometrik) Path analysis, SEM
Sama dengan tesis dengan metode lebih kompleks, berbobot yang bertujuan mencari terobosan dan teori baru dalam bidang ilmu pengetahuan
9
Jenjang Pembimbing/ Penguji
Minimal Magister
Minimal Doktor dan Magister yang berpengalaman
Minimal Profesor dan Doktor  yang berpengalaman
10
Orisinalitas penelitian
Bisa replika penelitian orang lain, tempat kasus berbeda
Mengutamakan orisinalitas
Harus orisinil
11
Penemuan hal-hal yang baru
Tidak harus
Diutamakan
Diharuskan
12
Publikasi hasil penelitian
Kampus Internal dan disarankan nasional
Minimal Nasional
Nasional dan Internasional
13
Jumlah rujukan / daftar pustaka
Minimal 20
Minimal 40
Minimal 60
14
Metode / Program statistik yang biasa digunakan
Kualitatif / Manual, Excel, SPSS dll
Kualitatif lanjut / SPSS, Eview, Lisrel, Amos dll
Kualitatif lanjut / SPSS, Eview, Lisrel, Amos dll
Sumber :  Agung Wahyudi Biantoro,  Metode Penelitian Ekonomi Islam, 2009 ..

PowerPoint Presentation: 
Salah satu unsur pembangun peradaban bangsa adalah melalui pendidikan. Karena dengan ilmu pengetahuan yang di dapat di dalam pendidikan kita dapat meningkatkan derajat pribadi sendiri. Dengan ilmu pengetahuan itu juga kita dapat mengetahui segala sesuatu yang belum pernah kita ketahui sebelumnya . L atar Belakang

PowerPoint Presentation: 
Hasil akhir dari sebuah pendidikan tergantung pada tujuan awal pendidikan itu sendiri. Dalam Islam pun, mengajarkan agar kita meraih pendidikan setinggi mungkin. Akan tetapi Islam dan Barat memiliki pandangan berbeda mengenai hal tersebut. L atar Belakang

PowerPoint Presentation: 
Paham rasionalisme yang berkembang di Barat di jadikan dasar pijakan bagi Konsep-konsep pendidikan Barat. Oleh karena itu kita harus mengetahui seperti apakah pendidikan di mata Islam itu. Dan bagaimanakah sistem pendidikan di dalam Islam itu sendiri. L atar Belakang

PowerPoint Presentation: 
Karakteristik Pendidikan Islam : Pendidikan yang Tinggi Pendidikan yang Komprehensif dan Integral Pendidikan yang Realistis Pendidikan yang Berkontinuitas Pendidikan yang Seimbang Pendidikan yang Tumbuh dan Berkembang Pendidikan yang Global/ Internasional Perbedaan Pendidikan Islam dan Barat

PowerPoint Presentation: 
Karakteristik Pendidikan Barat Dalam pendidikan Barat, ilmu tidak lahir dari pandangan hidup agama tertentu dan diklaim sebagai sesuatu yang bebas nilai. Namun sebenarnya tidak benar-benar bebas nilai tapi hanya bebas dari nilai-nilai keagamaan dan ketuhanan. Perbedaan Pendidikan Islam dan Barat

PowerPoint Presentation: 
Karakteristik Pendidikan Barat Menurut Naquib al-Attas, ilmu dalam peradaban Barat tidak dibangun di atas wahyu dan kepercayaan agama namun dibangun di atas tradisi budaya yang diperkuat dengan spekulasi filosofis yang terkait dengan kehidupan sekular yang memusatkan manusia sebagai makhluk rasional. Akibatnya, ilmu pengetahuan serta nilai-nilai etika dan moral, yang diatur oleh rasio manusia, terus menerus berubah. Sehingga dari cara pandang yang seperti inilah pada akhirnya akan melahirkan ilmu-ilmu sekular. Perbedaan Pendidikan Islam dan Barat

PowerPoint Presentation: 
Karakteristik Pendidikan Barat Lima faktor yang menjiwai budaya dan peradaban Barat menurut al- Attas : Menggunakan akal untuk membimbing kehidupan manusia . Bersikap dualitas terhadap realitas dan kebenaran . Menegaskan aspek eksistensi yang memproyeksikan pandangan hidup sekular. Menggunakan doktrin humanisme . menjadikan drama dan tragedi sebagai unsur-unsur yang dominan dalam fitrah dan eksistensi kemanusiaan. Perbedaan Pendidikan Islam dan Barat

PowerPoint Presentation: 
Karakteristik Pendidikan Barat Kelima faktor tersebut sangat mempen garuh i pola pikir para ilmuwan Barat sehingga membentuk pola pendidikan yang ada di Barat. Ilmu yang dikembangkan dalam pendidikan Barat dibentuk dari acuan pemikiran falsafah mereka yang dituangkan dalam pemikiran yang bercirikan materialisme, idealisme, sekularisme, dan rasionalisme. Pemikiran ini mempengaruhi konsep, penafsiran, dan makna ilmu itu sendiri. René Descartes misalnya, tokoh filsafat Barat asal Perancis ini menjadikan rasio sebagai kriteria satu-satunya dalam mengukur kebenaran. Perbedaan Pendidikan Islam dan Barat

PowerPoint Presentation: 
Karakteristik Pendidikan Barat Selain itu para fils u f lainnya seperti John Locke, Immanuel Kant, Martin Heidegger, Emillio Betti, Hans-Georg Gadammer, dan lainnya juga menekankan rasio dan panca indera sebagai sumber ilmu mereka, sehingga melahirkan berbagai macam faham dan pemikiran seperti empirisme, humanisme, kapitalisme, eksistensialisme, relatifisme, atheisme, dan lainnya, yang ikut mempengaruhi berbagai disiplin keilmuan, seperti dalam filsafat, sains, sosiologi, psikologi, politik, ekonomi, dan lainnya . Perbedaan Pendidikan Islam dan Barat

PowerPoint Presentation: 
Aktivitas pendidikan Islam telah dimulai sejak adanya manusia (Nabi Adam dan Hawa) di dunia ini. Ayat Al-Qur’an yang pertama kali di turunkan kepada Nabi Muhammad S AW adalah iqra’, yang merupakan kunci dari aktivitas pendidikan. Menurut Harun Nasution dalam Muhaimin (2011), secara garis besar sejarah (budaya) Islam terbagi menjadi 3 periode, yaitu: P eriode klasik (650-1250 M ), P eriode pertengahan (1250-1800 M) dan , P eriode modern (1800 M-sekarang) . Sejarah Pendidikan Islam

PowerPoint Presentation: 
P eriode klasik (650-1250 M) Banyak ilmuwan dan pemikir besar yang dilahirkan Islam pada periode klasik . Hal ini tidak terlepas dari semangat untuk mempelajari serta mengamalkan Al-Quran dan hadis itu sendiri , keinginan yang kuat untuk terus menimba dan mengembangkan ilmu pengetahuan , serta kesinambungan antara ilmu agama dan ilmu-ilmu lainnya menjadikan umat Islam sangat unggul dalam periode klasik . Sejarah Pendidikan Islam

PowerPoint Presentation: 
P eriode pertengahan (1250-1800 M) Dalam periode ini Islam menjadi sangat tertinggal dari dunia barat yang ironisnya kemajuan yang diraih dunia barat bersumber dari apa yang telah dicapai Islam sebelumnya . Semua menjadi terbalik bagi umat Islam, tidak banyak ulama yang berani untuk mengembangkan keilmuannya , umat Islam menjadi terkotak-kotak , kebergantungan yang kuat terhadap pemimpin negara menjadikan Islam sedemikian tertinggal dan asing terhadap ilmu serta teknologi yang sejatinya bersumber pada dunia Islam. Sejarah Pendidikan Islam

PowerPoint Presentation: 
P eriode modern (1800 M-sekarang) Angin perubahan dan pengembalian Islam ke zaman keemasannya telah banyak dikumandangkan . Telah banyak bermunculan kembali ulama-ulama yang tidak hanya berkutat pada disiplin ilmu keagamaan tetapi juga ikut turut serta mengembangkan ilmu-ilmu lainnya . Namun kembali , nampaknya periode ketiga yang didefinisikan sebagai periode modern ini masih banyak menimbulkan perdebatan . Kekhawatiran terbesar mucul dari anggapan modernisasi yang dilakukan nantinya akan membawa umat Islam kedalam dunia westernisasi dan sekulerisme . Sejarah Pendidikan Islam

PowerPoint Presentation: 
Pengertian dari super student adalah pelajar atau mahasiswa yang memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi dan mempunyai tingkat ketaqwaan yang tinggi pula terhadap Allah SWT. Kita bisa menjadi super student jika kita mau berusaha untuk belajar dengan tekun dan berakhlak yang baik . Menjadi Super Student Dalam Islam

PowerPoint Presentation: 
Untuk menjadi super student harus mau berusaha untuk belajar dengan tekun dan berakhlak baik dan harus pula melihat beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi aktivitas pembelajaran di dalam pendidikan kita supaya aktivitas pembelajaran dapat berlangsung secara sukses . Beberapa faktor tersebut meliputi : Tujuan Pendidikan . Pendidik . Peserta Didik . Isi atau Materi Pendidikan . Metode Pendidikan . Lingkungan . Menjadi Super Student Dalam Islam

PowerPoint Presentation: 
Berikut adalah beberapa tahapan agar proses dari aktivitas pembelajaran dapat maksimal : Berlajar Diiringi dengan Doa dan Tidak Meninggalkan Shalat . Membuat Sistem Belajar Sendiri yang Menghasilkan Hasil . Menumbuhkan Keinginan Untuk Sukses di Sekolah atau di Perguruan Tinggi . Selalu Memotivasi Diri Sendiri . Fokus Pada Tujuan Studi . Terus Melakukan Hal Baik dari Sebelumnya . Rendah Hati . Mengembangkan Kreativitas . Banyak Membaca . Perluas Sosialisasi Diri .

PowerPoint Presentation: 
Tokoh dalam Islam yang menurut kami berhak mendapatkan predikat super student   di masanya adalah   Kyai Haji Ahmad Dahlan . Karena beliau berjasa dalam membangkitkan kesadaran bangsa ini melalui pembaharuan Islam dan pendidikan . Dan atas jasa-jasanya itu pemerintah Republik Indonesia menetapkannya sebagai Pahlawan Nasional dengan Surat Keputusan Presiden no. 657 tahun 1961. Tokoh Super Student Dalam Islam

PowerPoint Presentation: 
Dasar-dasar penetapan itu ialah sebagai berikut : KH. Ahmad Dahlan telah mempelopori kebangkitan umat Islam untuk menyadari nasibnya sebagai bangsa terjajah yang masih harus belajar dan berbuat . 2. Dengan organisasi Muhammadiyah yang didirikannya , telah banyak memberikan ajaran Islam yang murni kepada bangsanya . Ajaran yang menuntut kemajuan , kecerdasan , dan beramal bagi masyarakat dan ummat , dengan dasar iman dan Islam. Tokoh Super Student Dalam Islam

PowerPoint Presentation: 
3. Dengan organisasinya , Muhammadiyah telah mempelopori amal usaha sosial dan pendidikan yang amat diperlukan bagi kebangkitan dan kemajuan bangsa , dengan jiwa ajaran Islam. 4. Dengan organisasinya , Muhammadiyah bagian wanita ( Aisyiyah ) telah mempelopori kebangkitan wanita Indonesia untuk mengecap pendidikan . Tokoh Super Student Dalam Islam

PowerPoint Presentation: 
Antara Pendidikan Islam dan Barat jelas terlihat adanya kesenjangan pola berfikir yang digunakan para ilmuwan sehingga menghasilkan karakter yang berbeda . Jika sumber dan metodologi ilmu di Barat bergantung sepenuhnya kepada kaedah empiris , rasional dan cenderung materialistik serta mengabaikan dan memandang rendah cara memperoleh ilmu melalui wahyu dan kitab suci , maka metodologi dalam ilmu pengetahuan Islam bersumber dari kitab suci al-Qur’an yang diperoleh dari wahyu , Sunnah Rasulullah saw, serta ijtihad para ulama . Kesimpulan

PowerPoint Presentation: 
Jika Westernisasi ilmu hanya menghasilkan ilmu-ilmu sekular yang cenderung menjauhkan manusia dengan agamanya sehingga terjadi kekalutan di dalamnya , maka Islamisasi ilmu justru mampu membangunkan pemikiran dan keseimbangan antara aspek rohani dan jasmani pribadi muslim yang akan menambahkan lagi keimanannya kepada Allah SWT. Kesimpulan

PowerPoint Presentation: 
Dilihat dari karakteristiknya pendidikan Islam dengan jelas unggul dibanding dengan pendidikan lainnya . Karena pendidikan dalam Islam mempunyai ikatan langsung dengan nilai-nilai dan ajaran Islam yang mengatur seluruh aspek kehidupan . Maka jelas bahwa pendidikan Islam tidak menutup mata terhadap perkembangan yang ada ditengah masyarakat , termasuk perkembangan sains dan tekhnologi . Kesimpulan

PowerPoint Presentation: 
Oleh karena itu menjadi super student dalam Islam yaitu mendalami ilmu-ilmu pengetahuan secara menyeluruh akan tetapi tidak melupakan keislamisasian dari ilmu tersebut . Hal tersebut dilakukan agar kita tidak menjauh dari akidah Islam yang sesungguhnya . Akan tetapi , Islam mempunyai sifat eksklusif sekaligus inklusif . Ketika berhadapan dengan masalah teologi , hakikat sifat-Nya , seorang muslim tidak boleh berkompromi dengan persepsi agama lain, kecuali yang berhubungan dengan masalah rubbûbiyyah . Sebaliknya ketika membicarakan masalah nilai-nilai moral dan etika , maka pintu komunikasi , dialog dan kerjasama dapat dibuka seluas-luasnya . Kesimpulan

PowerPoint Presentation: 
Agar pendidikan itu sesuai dengan tujuannya semula yakni sesuai dengan UU sistem pendidikan no. 20 tahun 2003, maka diperlukan sebuah kerja sama antara orang tua , masyarakat , sekolah , dan pemerintah . Mereka hendaknya bersama-sama memperhatikan sistem pendidikan para generasi muda . Agar generasi muda tersebut dapat menjadi super student yang dapat mengharumkan nama bangsa di kancah internasional . Saran

PowerPoint Presentation: 
That's All Wassalamu'alaikum Wr.Wb. aguspurnomosite.blogspot.com .

3 comments:

  1. Terima Kasih.. Post Anda Membantu Saya Jangan Lupa Ya.. Kunjungi Blogku
    http://aikawafaith.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. saya senang dengan tulisan tentang tesis, antitesis, dan sintesis terutama yang diuraikan dalam power point...maaf saya mengopinya yaa....kunjungi juga blogku http://www.metonomia.blogspot.com

    ReplyDelete

Komentar Facebook