Tuesday, April 15, 2014

KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN



3.JAWABAN  KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN  


LKKS. 3.A3.SMP
 
Model Lembar Kerja Pelatihan:
 
KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN  
DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013
Penyelesaian tugas ini umum untuk membekali peserta medapat pengalaman dan keterampilan dalam meningkatkan peran  kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran dalam mengerahkan sumber daya  secara efektif sehingga dapat menjamin terwujudnya kualitas pembelajaran yang diharapkan pada pelaksanaan kurikulum 2013.

Deskripsi indikator kompetensi, materi yang perlu kepala sekolah kuasai, dan deskripsi aktivitas belajar dapat dilihat pada gambar berikut:

kepemimpinan pembelajaran

Kepemimpinan pembelajaran adalah tindakan yang dilakukan Kepala sekolah untuk  mengembangkan lingkungan kerja yang produktif dan memuaskan bagi guru, serta pada akhirya mampu menciptakan kondisi belajar siswa meningkat. Dalam fungsinya sebagai pengarah yang inspiratif kepala sekolah hendaknya dapat mendorong terjadinya peningkatan mutu pengelolaan internal sekolah sehingga memungkinkan terselenggaranya proses pembelajaran yang merangsang para siswa untuk mencapai prestasi belajar yang tinggi.
Untuk mendukung berkembangnya kondisi sekolah seperti yang diharapkan sekurang-kurangnya kepala sekolah mampu menetukan arah perubahan, menyeleraskan hubungan kerja orang-orang di sekolah, dan meningkatkan motivasi berprestasi. Harapan demikian dipetakan pada gambar di bawah ini.

Kepemimpinan
Definisi dan ruang lingkup kegiatan kepala sekolah dalam melaksanakan peran sebagai pemimpin pembelajaran yang telah dikuasai, diharapkan dapat mengungkit inspirasi Saudara sehingga mendapatkan pikiran baru untuk memperbaharui model-model tindakan kepemempinan di sekolah. Untuk mengeksplorasi gagasan baru, ada baiknya Saudara langsung mencoba mengerjakan lembar kerja di  bawah ini.

Perumusan Masalah
A.    Amati gambar ruang lingkup kepemimpinan pembelajaran. Selajutnya rumuskan pertanyaan untuk mendalami fakta dan konsep dengan menggunakan model berikut:


Apa...?
Kepemimpinan pembelajaran.


Mengapa....?
Karena menciptakan kondisi belajar siswa meningkat. Dalam fungsinya sebagai pengarah yang inspiratif kepala sekolah hendaknya dapat mendorong terjadinya peningkatan mutu pengelolaan internal sekolah sehingga memungkinkan terselenggaranya proses pembelajaran yang merangsang para siswa untuk mencapai prestasi belajar yang tinggi.







Bagaimana....?
Caranya,  Kepala Sekolah menetukan arah perubahan, menyeleraskan hubungan kerja orang-orang di sekolah, dan meningkatkan motivasi berprestasi.



B.    Berdasarkan pertanyaan yang telah Saudara rumuskan, coba rumuskan masalah yang paling strategis pada peran kepempimpinan pembelajaran yang perlu Saudara pecahkan
Contoh pertanyaan:
·         Apakah kepala sekolah telah berperan efektif sebagai pemimpin pembelajaran?

Rumusan pertanyaan tersebut dapat diubah ke dalam bentuk pernyataan masalah seperti berikut:
·         Kepala sekolah belum efektif berperan sebagai pemimpin pembelajaran.

Berdasarkan contoh itu, coba rumuskan satu masalah yang Saudara paling penting untuk mengembangkan peran kepemimpinan di sekolah.

Kondisi Nyata
Kondisi Yang diharapkan
Guru-guru tidak bergairah dalam pembelajaran.

Warga sekolah, berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.
Masalah pada peran kempimpinan:
Kepala Sekolah kurang memberikan motivasi terhadap guru dan peserta didik dalam pembelajaran. Dibutuhkan pikiran baru untuk memperbaharui model-model tindakan kepemempinan di sekolah.



C.    Mengembangkan Solusi:
Berdiskusilah dalam kelompok untuk pengetahuan, fakta, data, informasi dari pengalaman Saudara sebagai kepala sekolah. Selanjutnya tentukan solusi untuk menyelesaikan masalah. Tidakan apa yang akan Saudara lakukan agar pelaksanaan kurikulum berhasil mencapai tujuan?
Contoh Rencana Tindakan: Kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran akan  mengadakan rapat tiap akhir bulan dengan guru-guru secara bekala, membahas data yang terhimpun dari kegiatan supervisi, dan menggunakan data untuk bahan perbaikan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa.
Berikut rumuskan program kepemimpinan yang akan Saudara lakukan.

Program:
Mengadakan studi banding ke luar daerah, terutama ke sekolah yang lebih maju.




Tujuan:
Mencontoh dan keberhasilan sekolah lain yang lebih maju, yang kondisinya hampir sama.



Indikator Keberhasilan:
Banyak guru dan siswa menggunakan istilah-istilah di sekolah pembanding yang menjadi kata kunci dalam memajukan pembelajaran.







D.   Faktor penunjang dan penghambat:

Penunjang :
Warga sekolah sangat besar minatnya untuk mengadakan studi banding..................................................................................................................................................................................................................................................

Penghambat
Waktunya terbatas dan memerlukan biaya yang agak besar.
..................................................................................................................................................................................................................................................


E.    Strategi Kepemimpinan
1.    Melaksanakan pertemuan berkala untuk memantau perkembangan keterlaksanaan dan keberhasil menerapkan kurikulum 2013.
Strategi:
a.    Mengarahkan guru dalam menyusun RPP
b.    Menelaah RPP
c.    Melaksanakan pelaksanaan supervisi akademik meliputi;
1)     Pertemuan pra-supervisi
2)    Pelaksanaan supervisi
·          Monitoring input, proses, dan output
·          Wawancara
·         Studi dokumen
·         Penilaian
·         Penyusunan Rekomendasi
3)     Evaluasi–Refleksi terhadap seluruh kegiatan supervisi
d.    Membahas data hasil telaah RPP dan Supervisi dalam rapat rutin bulanan. Hasil pembahasan digunakan kepala sekolah untuk mengarahkan dan membangun motivasi guru dalam memperbaiki hasil belajar siswa.

Berdasarkan contoh di atas, coba rumuskan strategi kepemimpinan pembelajaran yang akan Saudara lakukan untuk mendukung pelaksanaan kurikulum 2013:

Rencana Strategi
Tujuan
Indikator Keberhasilan
Studi banding dalam waktu libur.
Pengembangan wawasan guru dan siswa.

Banyak guru dan siswa yang membuat catatan studi banding dan mendokumentasikan kegiatan yang menarik pada pemelajaran di sekolah pembanding.













F.    Tentukan instrumen untuk mengukur keberhasilan Saudara pada format berikut:
No.
Tindakan Kepemimpan
Tujuan dan Indikator Keberhasilan
Deskripsi ketercapain tujuan
Pencapaian Tujuan
Belum mencapai target
Mencapai target
Melebihi Target
1
Memberi motivasi melalui studi banding.

Banyaknya guru dan siswa yang menyiapkan biaya transportasi dan dokumentasi.
Setelah studi banding, guru dan siswa memiliki kelompok belajar dan memakai peralatan yang selama ini belum digunakan.
10%
90%
0 %
2
Membuat karya tulis tentang manfaat studi banding.
Banyak guru dan siswa yang membuat sendiri alat pemebelajaran.
Ditemukan beberapa peralatan pembelajaran yang selama ini tidak ada di sekolah asal.
15%
85%
0 %

Kelompok..........
Ketua            Muhammad Rakib
Sekretaris      Mardalena
Anggota  :
                      Rais
                      Fatimah
                      Mugiyana


No comments:

Post a Comment

Komentar Facebook