Saturday, June 28, 2014

PERTAMA RAMADHAN DALAM CATATAN...M.Rakib Pekanabru Riau Indonesia.Mantan Ketua I IKMI Riau



HARI PERTAMA RAMADHAN
DALAM CATATAN
M.Rakib Pekanabru Riau Indonesia.Mantan Ketua I IKMI Riau, bersama Prof.Dr.Helmi Karim , tahun 1990-an.

1.Pada tahun ke berapa masehi umat Islam pertama kali puasa.
Menurut Syekh Abdurrahman, hari Ahad, 1 Ramadhan tahun ke-2 H, bertepatan dengan 26 Februari 624 M, adalah Ramadhan pertama kaum Muslimin berpuasa. Ada yang berpendapat kewajiban puasa Ramadhan diumumkan oleh Nabi pada hari Senin, 1 Sya'ban 2 H.
 Awal mula turunnya rangkaian wahyu dari langit kepada Rasulullah SAW. Hal itu terjadi pada malam hari di dalam Gua Hira yang terletak di atas Gunung An-Nur, beberapa kilometer dari kota Makkah.
Tanggal 17 Ramadhan 2 H / 13 Maret 623 M
Kemenangan umat Islam dalam Perang Badar Raya. Peristiwa ini merupakan tonggak eksistensi bagi bagi dakwah Islam dan bukti kekuatan umatnya setelah lebih dari 13 tahun lamanya selalu ditindas oleh musyrikin Quraisy. Kemenangan ini selanjutnya menjadi dorongan tersendiri bagi kamu muslimin waktu itu untuk kemenangan-kemenangan berikutnya.
Tanggal 10 Ramadhan 8 H / 1 Januari  630 M
Rasulullah SAW dan para sahabat mulai ber-gerak dari Madinah menuju Makah untuk melakukan pembebasan kota Makah (Fathu Makkah). Fathu makkah adalah tonggak se-jarah yang menentukan tegaknya Islam di Jazirah Arabia dan bukti eksistensinya. Hal ini juga menjadi bukti keberpihakan Allah SWT kepada ahlul haq yang terus bersabar dan tak kenal lelah dalam berjuang.
Tanggal 26 Ramadhan 9 H / 5 Januari 631 M
Rasulullah SAW kembali dari Perang Tabuk, dimana ada beberapa sahabat yang tidak ikut berperang dengan masing-masing alasan mereka. Pada saat itu terjadi peristiwa diboikotnya Kaab Bin Malik dan 2 sahabat lainnya.
Tanggal 18 Ramadhan 21 H / 20 Agustus 642 M
Wafatnya pahlawan Islam yang gagah berani, Khalid Bin Walid. Beliau adalah pahlawan di banyak peperangan dan pembebas dua imperium besar saat itu, Romawi dan Persia untuk tunduk di bawah kekuasaan Islam. Beliau bergelar “Pedang Allah yang terhunus”. Beliau menghabiskan hampir seluruh usianya dalam peperangan yang gagah berani dan jihad di jalan Allah SWT.
Tanggal 17 Ramadhan 40 H / 12 Agutus 660 M
Syahidnya khalifah terakhir dari 4 khulafaur rasyidin, Ali bin Abi Thalib, yang termasuk orang yang pertama masuk Islam (as sabi-qunal awwalun). Beliau sangat dikenal seba-gai pemuda yang sangat gagah dan pembe-rani, fasih berbahasanya dan luas ilmunya. Disamping sebagai keponakan Nabi beliau juga salah satu menantu kesayangan Nabi.
Tanggal 28 Ramadhan 92 H / 18 Juli 711M
Panglima Thariq bin Ziad berhasil mengalahkan lawannya dalam Perang Sya-zunah. Kemenangan ini menjadi babak baru masuknya Islam ke Spanyol (Eropa Timur) dan mendirikan peradaban besar beratus tahun lamanya di sana. Sisa peninggalan peradaban di Spanyol sampai hari ini masih berdiri tegak, diantaranya adalah Istana Merah yang dikenal dengan Al Hambra.
Tanggal 21 Ramadhan 95 H / 9 Juni 714M
Wafatnya Al Hajjaj bin Yusuf Ats Tsaqafi, salah seorang petinggi Daulah Umawiyah dan tokoh dalam sejarah Islam. Terkenal dengan kekejamannya terhadap lawan politiknya dan musuh negara. Namun disisi lain telah memberikan kepada negaranya pelayanan yang terbaik, mengembalikan keamanan dan mempertahankan futuhat Islamiyah.
Tanggal 17 Ramadhan 218 H / 12 Agustus 838 M
Umat islam menetapkan kemenangan atas Bynzantium dalam Perang Amoria dibawah kepemimpinan Khalifah Al Mu’tashim Billah, salah seorang khalifah dari khilafah Abbasiyah. Perang Amoria disulut atas permohonan umat islam di negeri itu kepada khalifah yang terkenal dengan ungkapan “wa mu’tashimah”. Beliau mengirim pasukan yang besar dan dahsyat untuk memberi pelajaran kepada penguasa Bynzantium saat itu untuk tidak meremehkan umat Islam yang ada di negerinya.
Tanggal 30 Ramadhan 256 H / 31 Agustus 869 M
Imam Bukhori, salah seorang tokoh terbesar dalam ilmu hadist meninggal dunia. Beliau yang sering disebut sebagai “Amirul Mukminin” dan Imamul Muhaddisin dalam ilmu hadist ini telah menyusun kitabnya yang bernama Ash Shahih, sebuah kitab tershahih kedua setelah Al Qur’an Al Karim. Kitab ini berisi hadist-hadist Rasulullah SAW yang paling shahih.
Tanggal 22 Ramadhan 273 H/20 Februari 886 M
Wafatnya seorang Muhaddist terkenal, Ibnu Majah. Beliau adalah penyusun Kitab Sunan Ibnu Majah, salah satu kitab yang penting dalam rangkaian 6 kitab hadist (kutubus sittah). Keenam kitab hadist ini merupakan kitab utama dalam rujukan hadist-hadist nabawi.
Tanggal 9 Ramadhan 297 H / 22 Mei 910M
Wafatnya tokoh ulama dari kalangan Mazhab Zhahiri, Muhammad bin Daud bin Ali Az Zhahiri. Beliau termasuk tokoh fiqih abad ketiga hijriyah. Salah satu karyanya adalah Kitab Az Zhahrah.
Tanggal 7 Ramadhan 362 H / 22 Juni 971M
Masjid Al Azhar di Mesir dibuka kembali oleh Jauhar Ash Shaqli setelah ditutp beberapa tahun lamanya. Dibukanya kembali masjid ini menjadi tonggak bergantinya rezim Fathimiyah yang sebelumnya beraliran syiah menjadi ahlusunnah wal jamaah. Dan semenjak itu Al Azhar menjadi tonggak penyebaran ilmu-ilmu keislaman di dunia Islam sampai hari ini.
Tanggal 30 Ramadhan 384 H / 7 Nopember 994 M
Lahirnya Ibnu Hazm, seorang imam besar dan tokoh ulama di abad kelima hijriyah. Beliau adalah seorang faqih dalam banyak cabang ilmu fiqih, tarikh, perbandingan agama. Salah satu kitabnya yang terkenal adalah Al Muhalla.
Tanggal 25 Ramadhan 544 H / 26 Januari 1150 M
Lahirnya tokoh mufassir kenamaan, Fakhrudin Ar Razi. Beliau menyusun kitab tafsir berjudul “ Mafatihul Ghaib”, sebuah kitab tafsir yag agung dan amat terkenal. Selain itu beliau juga mengarang tidak kurang dari 100 kitab lainnya.
Ibnu Jarir dalam kitab Jami’ul Bayan (vol 3, hal 312) berkata, "Pada tahun ini puasa bulan Ramadhan diwajibkan. Ada yang berpendapat: Puasa Ramadhan disampaikan kewajibannya pada bulan Sya'ban tahun yang sama. Kemudian dikisahkan bahwa ketika Rasulullah saw tiba di kota Madinah beliau menjumpai kaum Yahudi berpuasa pada bulan Asyura. Beliau menanyakan hal itu kepada mereka, mereka menjawab, "Ini adalah hari di mana Allah menyelamatkan Musa dan meneggelamkan bala tentara Fir'aun." Lalu beliau bersabda, "Kami lebih berhak atas Musa daripada kalian." Maka beliau berpuasa pada hari itu dan memerintahkan orang-orang untuk berpuasa. Hadits ini disebutkan di dalam kedua kitab shahih, dari Ibnu Abbas.
 "Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, (Yaitu) beberapa hari tertentu. Maka barangsiapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Tetapi barangsiapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itu lebih baik baginya, dan puasamu itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur." (QS. Al-Baqarah: 183-185).

Ibnu Jarir berkata, "Di tahun ini orang-orang diperintahkan untuk menunaikan zakat fitrah. Ada yang berpendapat: Bahwasanya Rasulullah saw berkhutbah di hadapan orang-orang satu hari -atau dua hari- sebelum hari raya Idul Fitri, dan memerintahkan mereka untuk menunaikan zakat fitrah itu." Ibnu Jarir menambahkan, "Pada tahun ini Nabi saw melaksanakan shalat 'id, beliau keluar bersama orang-orang menuju tempat shalat. Itulah shalat 'id pertama yang beliau laksanakan. Orang-orang keluar di hadapan beliau yang membawa bayonet. Bayonet itu milik Zubair yang dihadiahkan Raja Najasyi kepadanya. Dan selanjutnya bayonet itu biasa dibawa di hadapan Rasulullah saw pada pelaksanaan shalat 'id." (Jami’ul Bayan, vol 3, hal 314).

Pada hari pertama bulan Ramadhan ini terjadi pula peristiwa penting: Turunnya Shuhuf Ibrahim as, Kebakaran Menakutkan di Masjid Nabawi, Pernikahan Rasulullah saw dengan Zainab binti Khuzaiman, Shalat Istisqa’ bersama Kaum Muslimin, Penaklukan Islam Merambah Mesir dan Dimulainya Penaklukan Andalusia.

Dalam peristiwa kebakaran di Masjid Nabawi, Ustadz Abdurrahman menggambarkan: ”Ibnu Imad, di dalam kitab Syadzarat Adz-Dzahab (3/263), berkata, "Pada tahun 654 H terjadi kebakaran di Masjid Nabawi-shalawat dan salam termulia semoga tetap terlimpah kepada pemilik masjid-. Tepatnya pada malam pertama bulan Ramadhan setelah shalat tarawih, disebabkan oleh terbakarnya kasur milik Abu Bakar Al-Maraghi, salah seorang pelayan masjid. Kebakaran itu bermula dari jatuhnya sampah dari tangan Abu Bakar –yakni, jatuhnya sumbu pelita yang sedang menyala- sehingga menyebabkan ledakan kebakaran besar di masjid mulia. Api membakar seluruh atap masjid. Beberapa tiang roboh dan timah meleleh. Ini terjadi sebelum orang-orang tidur.

Orang-orang tidak bisa berbuat apapun menghadapi lidah api yang membakar, hingga atap kamar Nabi yang mulia, padahal di dalamnya ada makam Nabi saw dan makam dua sahabat beliau; Abu Bakar ra dan Umar ra. Kebakaran juga membakar sebagian isi kamar . . .

Sangat wajar bila peristiwa semacam ini menyebabkan rasa takut dan gentar di hati kaum Muslimin, melihat masjid mulia dan tempat suci tertimpa bencana dan musibah.

Berkat karunia Allah, sejumlah khalifah dan pemimpin kaum Muslimin tergerak untuk memakmurkan Masjid Nabawi. Sebut saja Khalifah Al-Mu'tashim Billah dari Baghdad yang mengirimkan bantuan dan para pekerja. Proyek perbaikan Masjid Nabawi dimulai tahun 755H. Kemudian (sangat disayangkan) Tartar menguasai kota Baghdad. Maka, para khalifah kaum Muslimin ketika itu berlomba-lomba membangun Masjid Nabawi, mereka adalah: Penguasa Mesir, Al-Manshur Nuruddin Ali bin Al-Mu'izz Ibik Ash-Shalihi, penguasa Yaman, Muzhaffar Syamsuddin Yusuf bin Al-Manshur, penguasa Mesir Azh-Zhahir Beibras, Zhahir Jamqamiq, dan Sulthan Qayit Bei. Ini terjadi sekitar tahun 879H, dan proyek pembangunan Masjid selesai pada akhir abad sembilan Hijriah.”

Pada hari ketiga Ramdahan misalnya, ada kejadian: Persiapan Perang Badar, Meninggalnya Sayyidah Fatimah az Zahra dan Peristiwa Tahkim. Pada hari keempat Ramadhan terjadi peristiwa: Penyerahan Bendera Pertama dalam Islam, Penaklukan Qisariah, Lahirnya Muhadits Abu Qasim as Samarqandi, Penaklukan kota Belgrad, Pengumuman Perang Melawan Jerman dan Meninggalnya Khalifah Abdul Hamid II. Pada hari keduabelas Ramadhan terjadi peristiwa penting: Persaudaraan Kaum Muhajirin dan Anshar, Penaklukan Pulau Cyprus, Serangan Romawi ke kota Dimyath Mesir, Pembangunan Masjid Jami’ Ibnu Tholon di Kairo, Meninggalnya sang Pemberi Nasihat dan Muhadits Imam Ibnul Jauzi, Dilengserkannya Haji bin Muhammad bin Qalawun (Raja al Muzhaffar), Meninggalnya Ahli Nahwu Ibnu Malik, Zabur Turun kepada Daud as, Kelahiran Rasulullah saw, Terbakarnya Masjid Nabawi untuk Kedua Kalinya dan Pasukan Thailand Menyerang Kaum Muslimin,

Banyak peristiwa-peristiwa yang dipaparkan cukup rinci dan menarik di buku itu. Diantaranya: Peristiwa Umar bin Khatab Menerima Kunci Baitul Maqdis, Selesainya Penyusunan Kitab Riyadhus Shalihin, Meninggalnya Khalid bin Walid, Meninggalnya Sahabat Ternama Khalid bin Walid, Meninggalnya Ulama Besar dan Ahli Sejarah Ibnu Khaldun, Lahirnya Seorang Ahli Fikih Besar Fakhrudin ar Razi, Meninggalnya Imam al Haitsami Penulis Kitab Majma’ az Zawaid, Meninggalnya Amr bin Ash dan Orasi Thariq bin Ziyad di Hadapan Pasukannya Sebelum Menaklukkan Andalusia.

Syekh Abdurrahman al Baghdady, ulama dengan puluhan karyanya yang bemutu ini menulis: ”Pada tanggal 28 Ramadhan tahun 92H, bertepatan dengan tanggal 19 Juli 711M, panglima Muslim yang agung, Thariq bin Ziyad, berdiri menyemangati para pasukan agar tegar di medan perang. Kemudian sang panglima menyampaikan orasi yang menggugah dan sangat terkenal. Orasi ia awali dengan ucapannya,
"Wahai sekalian manusia, ke manakah kalian akan lari? Laut di belakang kalian dan musuh ada di hadapan kalian. Demi Allah, tidak ada yang kalian miliki kecuali kebulatan tekad dan kesabaran. Ketahuilah bahwa kalian di pulau ini lebih mirip anak-anak yatim di tengah jamuan makan orang-orang hina yang busuk hatinya. Musuh telah menyambut kalian dengan bala tentara, persenjataan dan bahan makanan mereka. Jumlahnya begitu melimpah. Sedangkan kalian di sini, tidak ada kekuatan kecuali pedang kalian, tidak ada makanan kecuali apa yang kalian rebut dari tangan musuh-musuh kalian. Jika hari-hari terus berlalu dalam kondisi papa seperti ini dan kalian tidak segera menyelesaikan urusan, tentu kekuatan kalian akan sirna, keberanian yang tersimpan di hati kalian akan berganti menjadi sikap pengecut. Maka, bela-lah diri kalian demi mencegah akibat yang akan kalian tanggung, dengan mengalahkan raja diktator itu. Apa yang aku lakukan maka lakukanlah. Jika aku maju menghadap musuh maka majulah. Jika aku berhenti maka berhentilah. Kemudian jadilah kalian seperti satu orang dalam pertempuran ini. Dan lihatlah sekarang, aku angkat senjata, maka angkatlah senjata kalian. Cukupkanlah bagi mereka untuk membebaskan pulau ini dengan membunuh si raja yang diktator itu, sebab mereka adalah rakyat yang terzhalimi."

Berkat keberanian panglima dan pahlawan ini kaum Muslimin berhasil membebaskan wilayah selatan Spanyol yang dikenal dengan Andalusia, pada masa Khalifah bani Umayyah Al-Walid bin Abdul Malik. Kemudian tidak sampai tujuh tahun berselang mereka mampu menguasai kurang lebih seluruh wilayah Spanyol, mereka lalu menggeneralisir seluruh wilayah Spanyol dengan sebutan Andalus, yaitu versi Arab untuk kata Andalusia.”


No comments:

Post a Comment

Komentar Facebook