Monday, February 29, 2016

BINATANG APAKAH YANG BERNAMA SINOPSIS KULITNYA TEBAL, ATAU TIPIS

BINATANG APAKAH YANG BERNAMA SINOPSIS
KULITNYA TEBAL, ATAU TIPIS
MUNGKIN PULA, SEBUAH ISTLAH POLITIS
BISA SAJA, MERUPAKAN RINGKASAN KRITIS

  Sinopsis adalah ringkasan cerita dari sebuah novel. jika kalian ingin membuat sinopsis, jangan lupa tentukan dulu Tema, Latar, Alur, dan Penokohannya..
Tema : gagasan pokok, pokok cerita
Latar : tempat dan waktu terjadinya peristiwa    
Alur : jalan cerita
penokohan : pelaku cerita

Contoh Novel Fiksi  : CINTA PERTAMAKU DITILANG NENEK SIHIR
                           (Misteri Di Lembah Bukit Ranah Singkuang)

Karya              : Dr.H.Muhammad Rakib,S.H.,M.Ag

1.      Gagasan pokok, bahwa mencintai lawan jenis merupakan bagian dari perjuangan seseorang dalam mencapai cita-citanya.(Pelaku utamanya Sang Penyair kecil)
2.      Latar tempat dan waktu terjadi peristiwa:  Latar belakangnya ialah, ketika sang penyair diwisuda sebagai tamatan s3 di program Doktor UIN Suska Riau, bertemulah Sang penyair dengan ASRL yang terpisah 36 tahun sebelumnya. ASRL membisikkan bahwa Nenek Sihir dimana Sang Doktor baru itu, perneh menginap di gubuknya, kini Nenek itu dibuang oleh anaknya dari keluarganya, karena takut ketularan ilmu hitan yang dapat diwariskan. Sang penyair terkejut, karena teringat jasa nenek Sihir, tapi juga teringat gadis cantik, tetangga Nenek Sihir itu..Lalu sang penyair, doktor baru itu, dengan memkai mobil type terbaru , meluncur ke lembah Bukit Ranah Singkuang, mencari keduanya,untuk dapat bertemu kembali.

3.      Tempatnya adalah di lembah bukit Ranah Singkuang di Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar Riau daratan Indonesia. Waktunya: Dari tahun 1974 sampai tahun 2016.


4.      Alur ceritanya: Di saat mendapatkan bisikan bahwa Nenek itu ditelantarkan, dan Gadis cantik tetangg Nenek Sihir itu, sudah diceraikan oleh suaminya, Sang penyair sebagai doktor baru yang mempunyai kedudukan hebat di ibu kota provinsi, teringat kembali kisah cintanya 30 tahun yang lalu. Putri Maharani, ketika masih gadis cilik, umur 10 tahun, selalu memberikan sesuap nasi kepada sang penyair yang malang, yang menumpang tinggal di gubuk Nenek Sihir. Tapi kini kisahnya jadi berbalik, Sang penyair yang sukses di kota, ingin membantu Putri Maharani dan Nenek Dukun yang kini hidup menderita. Sang penyair akhirnya datang, bak seorang pahlawan yang siap membela orang yang teraniaya, lebih-lebih lagi orang yang dahulu pernah berjasa kepadanya.

5.      Pesan moral dari Novel ini:

Ketika orang lain dalam kesusahan, jangan terlalu dihina, apalagi disakiti, siapa tahu suatu saat nanti, orang yang anda hina dan aniya, jusgtru dialah yang akan membantu. Mungkin hidupnya jauh lebih sukses dibandingkan hayaalan banyakm orang sebelumnya.(Dr.M.Rakib Jamari, S.H.,M.Ag).



1 comment:

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Sri Rahayu asal Surakarta, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Muh Tauhid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalanan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL, alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya tahun ini sudah keluar, bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI, siapa tau beliau bisa membantu anda

    ReplyDelete

Komentar Facebook