Sunday, February 7, 2016

MUSTAHIL SI KAYA BISA MASUK SURGA KECUALI...



TIDAK SEORANG PUN ORANG KAYA MASUK SURGA
Ajaran Islam dan Kristen serta Yahudi, sama-sama memotivasi orang kaya agar membantu orang miskin. Ratusan ayat Quran menekankan hal ini.(Seri Perbandingan Agama oleh M.Rakib Jamari LPMP Riau)


‘Lebih mudah unta masuk melalui lubang jarum dari pada orang kaya masuk ke dalam Kerajaan Allah’ (Matius pasal.19: ayat 23-30)


           Jika ajaran Tuhan dama Injil Matius tsb hanya ditangkap secara sekilas, mungkin akan membuat tersinggung oleh orang-orang dari kelas menengah keatas. Sebab seolah-olah imannya tidak menjadi jaminan keselamatan. Seolah-olah sia-sia menjadi orang katolik, mengimani Yesus Kristus. Sebenarnya Kerajaan Allah tidak pernah tertutup bagi orang-orang dari klas menengah ke atas. Hanya pada waktu Yesus mewartakan Injil-Nya sebagian besar yang percaya kepada ajaran Yesus adalah orang-orang miskin, nyaris tidak ada dari golongan menengah keatas yang percaya pada ajaran Yesus.
Seperti para orang Farisi, para ahli Taurat, para imam, nyaris tak ada yang percaya pada ajaran Yesus, justru malah melawan Yesus, sebab Yesus dianggap ajaranNya tidak ortodoxi, tidak asli sesuai yang mereka ajarkan. Maka Yesus mengkritik para golongan menengah tsb, sebab tidak percaya pada Injil-Nya. Selain itu mereka sangat fanatik dengan agama Yahudinya, maka sikap menutup diri tokoh agama yahudi tsb memang klop dengan pengajaran Yesus tentang ‘lubang jarum’. Siapapun orangnya yang arogan hidupnya dan merasa benar hidupnya, akan selalu disamakan dengan pengajaran Yesus tsb.
Arti sebenarnya atas pengajaran Yesus bahwa ‘lebih mudah unta masuk lubang jarum dari pada orang kaya masuk Kerajaan Surga’, hendak dinyatakan bahwa pada jaman Yesus biasanya sebuah kampung selalu dibenteng kelilingnya untuk menghindari musuh, perampok atau binatang buas, maka kampung tsb hanya ada satu pintu gerbang, pada siang hari pintu gerbang tsb dibuka, tetapi malam hari ditutup dan dijaga. Namun di samping pintu gerbang tsb ada satu pintu kecil, hanya pas untuk lewat saja.

Pintu kecil tsb yang disebut LUBANG JARUM. Jika orang tengah malam pulang dari bepergian atau beniaga dengan membawa unta yang penuh bagasi di punggungnya. Tidak bisa masuk lubang kecil tsb.  Maka semua bagasi harus diturunkan, dan unta kalau jalan selalu mendongak, tetapi unta adalah hewan yang super taat pada tuannya. Maka ketika masuk pintu sempit tsb, kepala unta ditarik kebawah supaya tidak menyentuh gawang pintu di atasnya, dan unta akan taat tanpa syarat ketika disuruh menundukkan kepalanya, karena ditarik tali kekang kepalanya oleh tuannya, maka unta binatang yang besar tsb bisa lolos dari lubang jarum atau pintu sempit tsb. Baru kemudian bagasi dipasang lagi.

No comments:

Post a Comment

Komentar Facebook