Sunday, February 7, 2016

PERUMPAMAAN UNTA DAN LUBANG JARUM By Dr.Muhammad Rakib



PERUMPAMAAN UNTA DAN LUBANG JARUM

By  Dr.Muhammad Rakib Jamari Riau indonesia

Sebenarnya, tidak diketahui pasti apakah ada tempat di Israel bernama "lubang jarum" di era  Nabi Isa alaihissalam,  karena kota Yerusalem tempo doeloe sudah hancur. 


Dewasa ini memang ada dua gerbang, yang besar dan yang kecil, dan yang kecil disebut "mata jarum" namun gerbang itu baru ada belakangan, tidak dapat dibuktikan bahwa gerbang atau pintu itu sudah ada di zaman  Nabi Isa As..utusan Allah sebelum mUMAMMAD SAW..





Ungkapan-ungkapan "lubang-jarum" di atas adalah ungkapan kiasan yang umum di kalangan Semitik


Kalangan Semitik (Ibrani, Aram, maupun Arab) biasa menggunakan tamsil (ibarat) seperti unta atau gajah melewati lubang jarum untuk melukiskan suatu kemustahilan :

"Anda tahu bahwa mereka tidak dapat memperlihatkan kepada seseorang pohon emas, tidak pula seekor gajah melewati mata jarum." (T. Bab. Beracot, vol. 55. 2.)

"Barangkali Anda adalah salah satu dari Pombedita (sekolah Yahudi di Babilonia) yang membuat seekor gajah melewati mata jarum." (T. Bab, Bava Metzia, vol. 38. 2.)

"Demi Allah, kami sudah melihat dengan mata kepala sendiri, membawa seekor gajah melewati mata jarum." (Prefat. ad Zohar, Editor Sultzbach}.


Bahkan Al~Qur'an pun menggunakan ungkapan serupa :

* Q.S. 7:40

"Sesungguhnya orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami dan menyombongkan diri terhadapnya, sekali-kali tidak akan dibukakan bagi mereka pintu-pintu langit dan tidak (pula) mereka masuk surga, hingga unta masuk ke lubang jarum. Demikianlah Kami memberi pembalasan kepada orang-orang yang berbuat kejahatan."

Maka jelas bahwa ungkapan "lubang jarum" merupakan kiasan (proverb).



Sumber :
- Yohannes/ Biblika
- FF Bruce, Ucapan Yesus yang Sulit, SAAT Malang, p 202-206


Artikel terkait :
Unta: hewan-hewan-di-alkitab-vt6676.html#p29457
Mendengar & Mengerti & Memandang & Menanggap Ucapan Yesus Yang Sulit, 48 : Unta dan Lubang Jarum, di 48-unta-dan-lubang-jarum-vt1129.html#p3528
moe

Disini ada beberapa penjelasan alternatif.

Apapun itu, menurut saya :
1. Setiap usaha yang mencoba menjelaskan ucapan yang sulit ini agar dapat diterima dengan logika adalah kesia-siaan.
2. Setiap usaha tersebut akan menjadikan kita sebagai 'tuhan'

Ucapan tersebut memang sulit dan suatu hal yang tidak mungkin, dan memang demikianlah maksdu Yesus :


Mat 19:26 Yesus memandang mereka dan berkata: "Bagi manusia hal ini tidak mungkin, tetapi bagi Allah segala sesuatu mungkin."


Bila pesan yang hendak disampaikan oleh  Nabi Isa  AS (Yesus)  adalah : 'mungkin bagi manusia', maka Dia tidak akan pernah menggunakan perumpamaan ini.

Unta Masuk Lubang Jarum


Image


       Pada pertemuannya umat  beragama apapun, pasti merenungkan pentingnya mengambil sikap dalam mengatasi godaan terutama dalam hal ingin menjadi kaya. Yesus menyatakan bahwa kekayaan bisa menjadi penghalang dalam keselamatan dan juga dalam pemuridan. Kisah ini terjadi saat Yesus dalam perjalanan ke Yerusalem , yaitu menjelang minggu palma. Ia dicari-cari seorang kaya yang sebenarnya ingin meminta konfirmasi bahwa ia layak masuk sorga karena sudah menjalankan seluruh aturan agama. Yesus menjelang akhir pelayananNya justru mengajarkan hal yang kontroversial yang membuat murid-muridnya tercengang.

No comments:

Post a Comment

Komentar Facebook