Monday, March 14, 2016

Bagaimana pendidikan, bisa bermutu, Siswa tamat, tanpa keterampilan.(Dr.M.Rakib,S.H.,M.Ag)Pekanbaru Riau Indonesia. 2016.



Akreditasi dari assesor untuk memenuhi Standar Nasional Pendidikan

          Bagaimana bisa, menangkap kutu,
          Kalau tidak, perlahan-lahan.
          Bagaimana pendidikan, bisa bermutu,
          Siswa tamat, tanpa keterampilan.

               (Dr.M.Rakib,S.H.,M.Ag)Pekanbaru    Riau Indonesia. 2016.

         Demi mutu, perlu akreditasi. Akreditasi khususnya sekolah tingkat SD SMP dan SMA sederajat biasanya dilaksanakan dalam jangka waktu 4 tahun sekali untuk menlihat sejauhmana kondisi sekolah terutama pemenuhan 8 standar pendidikan supaya sekolah layak dalam melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar. Badan Akreditasi Nasional - Standar Pendidikan atau disingkat BAN-SP merupakan salah satu lembaga pemerintah yang diberi tugas dan wewenang dalam memeriksa bukti fisik atau berkas setiap sekolah dalam melaksanakan Akreditasi. Tentu saja dalam pemeriksaanya melibatkan orang-orang yang sudah diseleksi sedemikian rupa dan benar-benar paham dalam bidang pendidikan.
       Dalam kegiatan Akreditasi sekolah harus mengumpulkan berkas-berkas yang menjadi penilaian 8 standar Nasional Pendidikan. Berikut ini Berkas Sekolah paparkan ke 8 standar nasional pendidikan :
Standar Isi
Standar Proses
Standar Kompetensi Lulusan
Standar Tenaga Pendidik dan Kependidikan
Standar Sarana Prasarana
Standar Pembiayaan
Standar Pegelolaan
Standar Penilaian

         Itulah 8 Standar Nasional Pendikan yang harus dibuat bukti fisik atau adminisrasinya supaya nilai Akredtasi Sekolahnya lulus dan layak dalam menyelenggarakan KBM siswa. Akreditasi juga sangat penting sebagai evaluasi pihak sekolah dalam hal pembenahan untuk menjadi lebih baik. Biasanya untuk pengembangan Tenaga Pendidik dan Kependidikan dilakukanlah MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran ) atau KKG (Kelompokm Kerjas Guru).
         Di samping menyediakan Instrumen Akreditasi, Admin membagikan file mengenai Perangkat Akreditasi atau bukti fisik dalam melengkapi dokumen yang kurangnya. berikut link nya Perangkat Akreditasi SD/MI SMP/MTS SMA/SMK 2015.

        

1 comment:

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Sri Rahayu asal Surakarta, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Muh Tauhid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalanan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL, alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya tahun ini sudah keluar, bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI, siapa tau beliau bisa membantu anda

    ReplyDelete

Komentar Facebook