Tuesday, March 29, 2016

BUTUH PACUL Analisis ringan sebagai hiburan Dr.Muhammad Rakib,S.H.,M.Ag.

BUTUH PACUL
Analisis ringan sebagai hiburan
Dr.Muhammad Rakib,S.H.,M.Ag. Jl.Ciptakarya. Panam pekanbaru Riau Indonesia. HP.0823 9038 1888

“Butuh pacul” saya butuh pacul kata orang Jawa, kepada orang Melayu di Kalimantan. Tertawalah sambil sedih, yang orang Melayu ini. Hal yang ditertawakannya  “Massa’ alat kelamin bisa tanggal. “Butuh” itu artinya alat kelamin, “Pacul” terpacul atau lepas. Sedihnya mengapa alat kelamin bisa lepas.,,he ..he,,ha..

UCAPAN SAMA ARTINYA BEDA "Lawang" bisa berarti "Gila". Karena itu bacalah Kamus pertentangan arti kata
 UCAPAN SAMA  ARTI BERBEDA


   
 JAGO KARATE, dalam bahasa Minang artinya menjaga kertas, atau menjaga gudang tumpukan kertas. Tapi dalam  bahasa umum di Indonesia dan Malysia, artinya juara bela diri model Jepang. Kisah lucunya entah ya benar entah tidak, konon, ada perampok yang ingin membuka pintu gudang, tiba-tiba kepergok dengan sesorang yang ada di situ. "Apa kerjamu di sini?"  Jawabnya " Saya jago-jago Pak". " Oh anda berani mengatakan jago, gue tes elu ye". Jago apaan kamu? tanya perampok. "Jago karateh" .Ternyata dia memang bisa sedikit silat pangean. Akibatnya perampok meresa ngerim juga. Tak lama kemudian sang perampok menayakan kepada orang lain dari suku lain. Apa dia jagoan, apasih sbenarnya kehebatannya, memang dia jago karate? "Bukan". Jago karate artinya "menjaga gudang kertas".  Oh lalala. Kapunduang paja tu.(Lucu ya?). Anggap aja lucu, jangan dipikir dalam-dalam.

BERKELAHI DISEBABKAN SALAH PENGERTIAN SATU KATA BEDA ARTI



KAMUS PERTENTANGAN BAHASA
ANTAR SUKU DI INDONESIA

KATA PENGANTAR

         Penulis sebagai widyaiswara LPMP Riau, menatar guru-guru di berbagai kabupaten di Riau Indonesia, banyak menemukan bahasa daerah yang makna katanya bertentangan dengan dengan bahasa daerah lain, karena itu hal ini penting untuk diketahui, agar tidak terjadi konflik, akibat salah paham. Misalnya di Kerinci Pelalawan Riau , mereka merasa sangat berpantang menyebut kata “CUEK”, karena artinya kemaluan laki-laki, tapi dalam bahasa Betawi, artinya mengabaikan, tidak peduli. Kemudian dalam logat Jawa, “Pantek” artinya kemaluan prempuan, dalam bahasa Minang, tapi dalam bahasa Jawa, artya “pasak”, sejenis paku yang terbuat dari kayu, untuk menguatkan kayu juga. Kemudian kata “BANCI”, DALAM BAHASA Jawa artinya orang laki-laki yang berpenampilan perempuan, sebaliknya. Tapi dalam logat Minang artinya sangat memuakkan.

BAB       I

PERTENTANGAN ARTI KATA

A

BABIAK  (basah .Minang)   (harimau.  Batak)
BANCI  = ( benci. Minang)   (laki-laki berjiwa prempuan. Jawa)
BAKAJANG (beratap. Minang)   (berbunuhan. Bugis)
CERDIK   (licik.   Minang )    (pintar  . Betawi)
DICIRIKI ( diberakkan .Minang  (ditandai. Banjar)
DIKANCING (dikencingi. Minang)   (dikunci . Jawa)
GALAK     (tertawa. Minang)  (bengis. Betawi)
KEPALA JAGA   (Kepala kemaluan laki-laki.Minang)  (Ketua  Ronda. Jakarta)  
KATIK   (orang terhormat. Minang)   (Tidak ada orang.Palembang)
KOCOK  (onani, bersetubuh. Melayu)     (diaduk. Jawa)
LAWANG (Pintu.Jawa      )    (tandingan.Bugis) (Gila. Palembang)
Kejadiannya. Ada dua orang pegawai RAPP baru pndah ke Perumnas Kerinci Pelalawan. Si A asal Jawa memakai pintu biasa tanpa dicat. Tapi karyawan asal Palembang, mengecatnya sampai cantik dan rapi. Lalu temannya asal Jawa mengatakan "Hebat betul lawangnya Mas". Temannya yang asal Palembang, mengamuk, "Masa' saya dituduh punya lawang yang hebat.(Gila yang dahsyat.) Keduanya cekcok dan didamaikan oleh RT setempat, dengan menanyakan apa masalahnya? "Dikatakannya saya gila berat" dengan ucapan hebat betul lawangnya". Barulah RT tahu bahwa pada suku tertentu "Lawang" bisa berarti "Gila". Karena itu bacalah Kamus pertentangan arti kata antar suku dan daerah, karya Dr. Haji Muhammad Rakib,S.H.,M.Ag
PUSING     (putar.Melayu)     (Sakit kepala. Jawa)
PANTE’      (Vagina. Minang)  (Pantai. Jawa)



      Suku Jawa merupakan suku bangsa terbesar di Indonesia yang berasal dari Jawa Tengah,Jawa Timur, dan Yogyakarta. Setidaknya 41,7% penduduk Indonesia merupakan etnis Jawa. Selain di ketiga propinsi tersebut, suku Jawa banyak bermukim di Lampung, Banten, Jakarta, dan Sumatera Utara. Di Jawa Barat mereka banyak ditemukan di Kabupaten Indramayu dan Cirebon. Suku Jawa juga memiliki sub-suku, seperti Osing dan Tengger.


        Suku bangsa Jawa sebagian besar menggunakan Bahasa Jawa dalam bertutur sehari-hari. Dalam sebuah survei yang diadakan Majalah Tempo pada awal dasawarsa 1990-an, kurang lebih hanya 12% orang Jawa yang menggunakan bahasa indonesia sebagai bahasa mereka sehari-hari, sekitar 18% menggunakan bahasa Jawa dan Indonesia secara campur, dan selebihnya hanya menggunakan bahasa Jawa saja.Bahasa Jawa memiliki aturan perbedaan kosa kata dan intonasi berdasarkan hubungan antara pembicara dan lawan bicara, yang dikenal denganunggah-ungguh. Aspek kebahasaan ini memiliki pengaruh sosial yang kuat dalam budaya Jawa, dan membuat orang Jawa biasanya sangat sadar akan status sosialnya di masyarakat.

1 comment:

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Sri Rahayu asal Surakarta, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Muh Tauhid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalanan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL, alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya tahun ini sudah keluar, bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI, siapa tau beliau bisa membantu anda

    ReplyDelete

Komentar Facebook