Monday, July 25, 2016

PERINGATAN TAHUN BARU HUJRIYAH, JIKA BID’AH RATUSAN JUTA UMMAT, MENJADI RESAH

PERINGATAN TAHUN BARU HUJRIYAH, JIKA BID’AH
RATUSAN   JUTA  UMMAT,   MENJADI   RESAH
PADAHAL HANYA, MENGULANG-ULANG SEJARAH
MELALUI KUMPUL BERSAMA,  DENGARKAN  CERAMAH.

Renungan Sejenak  : By Mr.M.Rakib Jamari, Ph.D. Pekanbaru Riau Indonesia.



Berbagai kasus ketidaknyamanan DI ZAMAN dahulu, sudah agak melegakan,  yang disampaikan masyarakat di berbagai wilayah akibat fatwa-fatwa dan pernyataan kaum  larangan perayaan tahun Islam,  inilah yang menjadi motivasi kuat  untuk membuat  menulis  kandungan dakwah ini. Propaganda paham mereka yang lumayan gencar melalui terbitan buku-buku terjemahan dan siaran Radio seperti Radio  (AM/756 Mhz)dan Radio Fajri  (FM/91,4 Mhz) telah semakin meresahkan. Menganggap sesat amalan orang lain dengan tuduhan  tak baik menganggap hanya diri merekalah yang sejalan dengan al-Qur'an . serta Sunnah para Shahabat beliau, menjadi tema utama . Bahkan dengan alasan itu  berani mengeluarkan fatwa-fatwa atau pernyataan terhadap amalan masyarakat yang  memperingati tahun hijriyah yang "berbau agama" di mana fatwa-fatwa tersebut tanpa  disadari penuh tipu daya dan fitnah,

 dan dari sinilah masalahnya dimulai.   
Keawaman masyarakat tentang agama telah memberi tempat yang cukup besar  untuk menyebarkan paham  anti peringatan tersebut, sehingga semakin banyak pengikutnya, semakin kuat ekslusivisme mereka. Saat seorang muslim sudah tidak menganggap muslim yang lain sama dengan dirinya, dan saat ia sudah tidak merasa nyaman berkumpul bersama muslim, ustat sesama ustadz  yang tidak sepaham, maka mengasingkan diri dan mencari kumpulan orang-orang yang sepaham dengannya adalah jalan keluarnya. Itulah ekslusivisme; itulah kesombongan; dan itulah sumber perpecahan.


        Di masa lalu, zaman Tuanku Nan Renceh, Haji Miskin, Haji Piobang, Lebih ekstrimnya lagi, ketika sudah merasa kuat, propaganda  dijalankan dengan terang-terangan, bahkan tak jarang (dan ini terbukti) sampai pada perebutan atau penguasaan lahan dakwah seperti masjid, musholla, ta'lim di kantor-kantor, atau minimal merintis kumpulan pengajian tandingan baik di tempat-tempat tersebut maupun di rumah-rumah. Akibatnya, tanpa disadari  sudah menguasai sarana kegiatan dakwah di beberapa komplek dan telah merebut anggota "jama'ah" pengajian para ustadz di wilayah setempat yang berbuntut pada terganggunya hubungan silaturrahmi antar anggota jama'ah tersebut. 
          
Buku ini dibuat bukan untuk memperbesar jurang perpecahan tersebut, melainkan untuk memperbaiki keadaan yang tidak nyaman itu dan meluruskan apa yang seharusnya diluruskan dengan cara menyingkap kekeliruan-kekeliruan pemahaman kaum Salafi dan Wahabi yang sangat tersembunyi dan hampir tidak pernah disadari oleh para pengikutnya bahkan tokoh-tokoh ulamanya.

Di satu sisi,  semua orang masih bisa berharap agar masyarakat awam yang belum terpengaruh dapat membentengi diri dari  hal  yang merusak silaturrahmi ini, di sisi lain  juga   semua orang  sangat berharap agar orang-orang yang sudah mengikuti paham radikal,  dapat menyadari kekeliruannya lalu berusaha memperbaikinya, atau bahkan meninggalkannya.

        Kaum sufi juga diharapkan mau pula terbuka menerima koreksi yang benar dari kaum radikal. Semoga Allah senantiasa memberikan taufiq kepada kita untuk dapat melihat yang benar sebagai kebenaran dan memberikan kita kekuatan untuk mengikutinya, serta memperlihatkan yang batil sebagai kebatilan dan memberikan kita kekuatan untuk menjauhkan diri darinya.

      Setiap zaman ada saja muncul paham baru,  sebutan untuk kelompok atau paham keagamaan yang dinisbatkan kepada guri Tariqat atau  yang anti, misalnya   Ibnu Taimiyah ( 661 H-728 H) atau yang sering dikenal dengan panggilan Ibnu Taimiyah yang  sering dipahami sebagai gerakan untuk kembali kepada al-Qur'an dan Sunnah Rasulullah Saw. beserta para Sahabat beliau.

Berdamai sajalah wahai kalian kelompok  paham keagamaan yang dinisbatkan kepada pelopornya   masing-masing, musuh kita adalah  Israel, penjajah ekonomi, , perangi kemalasan, pemimpin kafir yang pura-pura baik, ngasi uang banyak. 

No comments:

Post a Comment

Komentar Facebook