Thursday, August 25, 2016

WAJIB TAHU APA ITU SEMIOLOGI

PARA USTADZ WAJIB TAHU 
APA ITU  SEMIOLOGI

Bacaan terbaru Dr.M.Rakib 
Jamari,S.H.,M.Ag.   Muballigh IKMI Riau
 Indonesia. 2016
Dalam tradisi Saussuran, ilmu tentang tanda dinamai semiologi, sementara dalam tradisi Peircean disebut semiotika. Namun yang terkandung dalam kedua istilah itu adalah sama: TANDA. Kata tanda itu sendiri termasuk dalam penggunaan biasa dan, tanpa pandang bulu, menunjuk kepada pelbagai entitas yang secara ketat mendapatkan beberapa definisi spesifik yang beraneka. Mounin dan Barthes membatasi medan riset semiologi dengan menetapkan: medan semiologi berisi “sistem-sistem tanda”. Tetapi mereka melihat sistem-sistem tersebut dengan cara yang sangat berbeda.
Bagi Mounin, sistem-sistem tanda terdefinisikan oleh fungsinya, yaitu sistem itu digunakan untuk komunikasi manusia. Sementara bagi Barthes, sistem itu dicirikan oleh fakta bahwa sistem tersebut memiliki siginifikasi atau beberapa signifikasi. Antara semiologi komunikasi dan semiologi signifikasi, manakah yang lebih legitimated?
Haruskah kita memilih salah satu dari keduanya? Dengan mengeksplorasi pertanyaan tersebut, buku ini menyajikan pembahasan tentang komunikasi, tanda dan sistem tanda, dinamika sistem tanda dan riset semiologis. Buku ini diperkaya dengan banyak contoh dan pelbagai pertanyaan yang merangsang kemampuan kritis pembaca untuk meninjau ulang batasan-batasan yang ada dalam disiplin semiologi. Inilah buku yang menyajikan secara lengkap dan komprehensif seluk-beluk ilmu tanda yang didasarkan pada tradisi Saussuran (less)
212 pages
Published 2010 by Jalasutra


No comments:

Post a Comment

Komentar Facebook