Sunday, March 26, 2017

QS YASIN 80 Artinya: "Yaitu Tuhan yang menjadikan untukmu api dari kayu yang hijau, Maka tiba-tiba kamu nyalakan (api) dari kayu itu”

الَّذِي جَعَلَ لَكُمْ مِنَ الشَّجَرِ الأَخْضَرِ نَاراً فَإِذَا أَنْتُمْ مِنْهُ تُوقِدُونَ
 QS YASIN   80
Artinya: "Yaitu Tuhan yang menjadikan untukmu api dari kayu yang hijau, Maka tiba-tiba kamu nyalakan (api) dari kayu itu”
Ada suatu hasil penelitian yang menarik, dari UIN Suska yang menyatakan bahwa, peristiwa pembakaran atau yang lebih dikenal dengan istilah oksidasi tidak akan pernah terlepas dari peranan senyawa oksigen (O2) sebagai bagian terpenting dalam reaksi.
Sehingga setiap terjadi pembakaran pasti akan melibatkan oksigen (O2) dan membentuk karbon dioksida (CO¬2) serta air (H2O). Oksigen terbesar di dunia diproduksi oleh tumbuh-tumbuhan, dalam ilmu sains dikenal dengan proses fotosintesis, dimana proses ini menghasilkan karbohidrat,O2, H2O dan pati sebagai hasil reaksi dari mineral-mineral yang diserap dari tanah oleh akar dan CO2 yang didapat dari udara dengan bantuan sinar matahari dengan klorofil (zat hijau daun).
Al-quran surat yasin ayat 80 menjelaskan kayu yang hijau, dimana zat hijau daun berada dan tempat terjadinya reaksi fotosintesis yang menghasilkan O2 sebagai subtansi terpenting dalam proses pembakaran. Zat hijau daun (klorofil) yang berperanan dalam mengubah tenaga radiasi matahari menjadi tenaga kimia melalui proses fotosintesis sehingga menghasilkan energi. Bahkan, istilah Al-Quran, al-syajar al-akhdhar (pohon yang hijau) justru lebih tepat dari istilah klorofil (hijau daun), karena zat-zat tersebut bukan hanya terdapat dalam daun saja tapi di semua bagian pohon, dahan dan ranting yang warnanya hijau. Hasil samping dari proses fotosintesis yang berupa oksigen (O2) sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup lainnya untuk proses respirasi.
Sebaliknya, dari hasil samping proses respirasi yang berupa karbon dioksida (CO2) kembali dibutuhkan oleh tumbuhan untuk proses fotosintesis. Hal ini dapat diketahui bahwa antara makhluk satu dan yang lainnya saling membutuhkan dan keseimbangan alam yang diciptakan oleh Allah SWT sangat sempurna. Kayu uang hijau bisa berarti tanaman tebu di mana tanaman tebu dapat di olah menjadi gula.Batang tebu (Sacharum officinarum) mengandung air gula yang berkadar sampai 20%. jika air tebu di ubah menjadi gula dan ampas dari tebu tadi tidaklah di buang begitu saja. Ampas tebu dapat pula di olah.

Tuhan menjadikanmu api dari kayu yang hijau bermakna bahwa Allah telah menyediakan bahan bakar kepada kita. Misalnya pengolahan menjadi biosolar. Biosolar tersebut di gunakan untuk bahan bakar.
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari

No comments:

Post a Comment

Komentar Facebook